• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengobatan dengan Bahan Alami untuk Mengatasi Kurap

Pengobatan dengan Bahan Alami untuk Mengatasi Kurap

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Pengobatan dengan Bahan Alami untuk Mengatasi Kurap

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu kerap mengalami gatal-gatal di kaki? Mungkin saja gangguan disebabkan oleh kurap. Ciri-ciri jika kamu mengalami penyakit yang disebabkan infeksi pada kulit ini adalah ruam merah, menimbulkan sisik, hingga rasa gatal yang tidak tertahankan. Agar aktivitas dapat kembali normal, kamu perlu mencari pengobatan yang ampuh. Salah satunya adalah pengobatan dengan bahan alami. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini!

Cara Mengatasi Kurap dengan Bahan Alami

Kurap adalah infeksi yang disebabkan oleh jamur saat terjadi pada kulit. Disebut juga dengan ringworm karena dapat menimbulkan ruam kulit yang berbentuk bulat menyerupai cincin. Gangguan ini dapat terjadi di seluruh bagian tubuh, seperti kaki, tangan, selangkangan, kulit kepala, dan kuku, dengan sebutan medis yang berbeda-beda. Penyakit ini dapat dengan mudah menular dari manusia ke manusia lainnya akibat kontak langsung maupun tidak langsung.

Baca juga: Bahan Alami untuk Menangani Penyakit Kurap

Jika kamu mengalami kurap, ada baiknya untuk segera mendapatkan pengobatan sehingga aktivitas dapat kembali normal. Biasanya, penyakit kulit ini diatasi dengan penggunaan krim dan salep antijamur yang dapat mengurangi peradangan serta rasa gatal. Namun, tidak semua orang cocok dengan kandungan steroid, sehingga bahan alami dapat menjadi alternatif pengobatan lainnya perlu dilakukan.

Berikut ini beberapa bahan alami yang ampuh untuk atasi kurap:

1. Bawang Putih

Bahan alami pertama yang ampuh untuk atasi kurap adalah bawang putih. Kandungan yang terdapat dalam tanaman ini dipercaya efektif untuk mengatasi infeksi. Cara menggunakannya, pertama hancurkan siung bawang putih dan campurkan dengan sedikit minyak zaitun atau kelapa. Lalu, oleskan campuran tersebut secara tipis pada area yang terserang dan tutup dengan kain kasa. Diamkan selama 2 jam sebelum dibilas dan ulangi dua kali sehari hingga gejalanya hilang. Namun, jika bawang putih menimbulkan masalah lain, segera bilas dan jangan oleskan kembali.

Ada banyak pengobatan bahan alami yang dapat digunakan untuk atasi kurap. Untuk lebih lengkapnya, kamu dapat bertanya pada dokter dari Halodoc tentang kebenarannya. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan ada dalam genggaman pada smartphone di tangan. Nikmati kemudahannya sekarang juga!

Baca juga: Bagaimana Mengatasi Kurap pada Anak?

2. Sabun dan Air

Jika kamu mengidap kurap, pastikan untuk menjaga area yang terserang infeksi sebersih mungkin. Hal ini dapat membantu untuk mencegah penyebaran ruam lebih lanjut dan menjaga agar tetap terkendali. Cuci area yang terkena dengan air dan sabun antibakteri setiap hari sebelum menerapkan metode pengobatan alami lainnya. Pastikan juga untuk mengeringkan area yang terserang kurap setelah mandi untuk mencegah kelembapan yang membuat jamur lebih mudah menyebar.

3. Kunyit

Kunyit yang merupakan jenis rempah-rempah dengan sifat anti-inflamasi juga dapat dimanfaatkan untuk atasi kurap. Kandungan kurkumin pada kunyit dipercaya mampu bertindak sebagai anti-mikroba. Kamu juga dapat mengonsumsi rempah ini secara oral maupun topikal. Untuk pengaplikasian topikal, campur sedikit air atau minyak kelapa hingga bercampur, lalu oleskan ke kulit. Biarkan hingga kering sebelum dilap bersih.

Baca juga: Bisakah Kurap Disembuhkan dengan Bahan Alami?

Itulah beberapa pengobatan rumahan yang efektif untuk atasi kurap pada kulit. Ada baiknya memang tidak terus mengonsumsi obat dengan bahan kimia karena mampu menimbulkan dampak buruk jika dilakukan terlalu sering. Sebaliknya, pengobatan alami tidak menimbulkan dampak apa pun dengan tingkat keampuhan yang mungkin tidak jauh berbeda.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Home Remedies for Ringworm.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Are there any home remedies for ringworm?