• Home
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Kurap

Kurap

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Kurap - Halodoc

Pengertian Kurap

Kurap merupakan salah satu jenis infeksi jamur pada kulit yang menyebabkan munculnya ruam berbentuk melingkar dan berwarna kemerahan. Gangguan kesehatan kulit ini bisa terjadi pada beberapa bagian tubuh, seperti pada wajah, kepala, atau area selangkangan. Bentuknya yang menyerupai cincin atau cacing yang sedang melingkar membuat kurap juga disebut dengan ringworm.

Kurap akan sangat mudah menular melalui kontak langsung dengan pengidap atau hewan yang telah terinfeksi. Tidak hanya itu, kontak yang terjadi secara tidak langsung dengan benda-benda yang telah terkontaminasi jamur pun dapat memicu penularan.


Gejala Kurap

Kurap ditandai dengan gejala berupa munculnya area dengan sisik berwarna kemerahan pada permukaan kulit. Ruam ini bisa meluas dengan bentuk melingkar yang mirip seperti cincin. Meski begitu, gejala kurap bisa juga berbeda pada setiap orang bergantung pada lokasinya. Jika kurap muncul di kaki, salah satu gejala khasnya adalah aroma tak sedap pada kaki.

Baca juga: Minyak Kelapa Bisa Atasi Kurap, Ini Penjelasannya


Penyebab dan Faktor Risiko Kurap

Infeksi jamur yang menyerang kulit menjadi penyebab utama terjadinya kurap. Jamur kemudian akan mudah menyebar pada bagian tubuh lainnya, bahkan menular baik melalui kontak langsung maupun tidak langsung dari benda yang telah terkontaminasi. 

Sementara itu, beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terserang kurap obesitas, pengidap diabetes tipe 1, orang yang mengalami aterosklerosis, pernah mengidap infeksi jamur sebelumnya, orang dengan sirkulasi darah yang buruk, dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti pengidap HIV atau pengguna tablet steroid.


Diagnosis Kurap

Guna mendapatkan diagnosis yang akurat, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan wawancara. Selain itu, mungkin akan dilakukan pemeriksaan penunjang, seperti:

  • Cek sampel kulit: konfirmasi di bawah mikroskop
  • Wood lamp: untuk mengidentifikasi kelainan kulit dengan menggunakan sinar
  • Pemeriksaan dengan KOH: sampel kulit diteteskan KOH lalu diamati di bawah mikroskop

Baca juga: Jangan Tertukar, Ini Bedanya Kurap dengan Kudis pada Kulit


Pengobatan Kurap

Dokter dapat meresepkan obat antijamur untuk mengatasi infeksi dengan cara menghambat pertumbuhan sel jamur. Selain itu, untuk meredakan gejala, dokter juga dapat meresepkan bedak guna meringankan gatal. Pengidap juga harus menghindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat, juga harus rajin membersihkan daerah yang terinfeksi dan menjaganya agar tetap kering.


Pencegahan Kurap

Kurap dapat dicegah dengan menjaga kebersihan tubuh, seperti mandi dan mencuci rambut secara teratur, menjaga tubuh agar tidak lembap terutama pada daerah lipatan, sering mencuci tangan dan merawat kebersihan kuku, serta membersihkan rumah dan barang-barang yang sering dipakai, seperti mainan, pakaian, sprei, handuk, sisir. Hindari berbagi barang pribadi dengan orang lain.

Baca juga: Jenis-Jenis Infeksi Jamur Kulit Ringworm


Kapan Harus ke Dokter?

Segera hubungi dokter apabila merasakan gejala-gejala seperti yang disebutkan di atas. Penanganan yang tepat dapat meminimalisir akibat sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Download aplikasi Halodoc agar lebih mudah tanya jawab dengan dokter, membeli obat tanpa perlu keluar rumah, atau membuat janji berobat di rumah sakit terdekat.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. What You Should Know About Ringworm.
Healthline. Diakses pada 2021. Ringworm.
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2021. Ringworm.


Diperbarui pada 9 April 2021