Kurap

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Kurap

Kurap atau tinea adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur yang biasanya menyerang kuku, tubuh bagian atas, selangkangan, kaki, dan juga kepala.

Gejala Kurap

Gejala kurap yang paling umum adalah munculnya ruam kemerahan dengan pusat yang berwarna lebih terang. Ruam memiliki tepi yang tidak beraturan dan meninggi (aktif), bersisik dan menimbulkan gatal. Ruam berbentuk cincin ini dapat melebar dan jika berkelanjutan akan membentuk benjolan dan melepuh.

Pada kepala akan menyebabkan kerontokan, luka kecil bernanah, sisa luka yang mengeras, dan luka besar yang disebut kerion yang dapat menyebabkan demam.

Penyebab dan Faktor Risiko

Penyebab kurap adalah jamur yang dapat bertahan hidup di kulit. Jamur ini hidup dari keratin yang menjadi bahan dasar jaringan lapisan kulit, rambut, serta kuku manusia. Penyebaran spora jamur tersebut dapat melalui kontak langsung dengan manusia, hewan, benda, atau bahkan tanah. Selain itu, ada beberapa kelompok orang yang memiliki risiko yang lebih tinggi untuk tertular kurap. Di antaranya, anak-anak, manula, orang yang mengalami obesitas, pengidap diabetes tipe 1, orang yang mengalami aterosklerosis, orang yang pernah mengidap infeksi jamur sebelumnya, orang dengan sirkulasi darah yang buruk, dan orang dengan sistem kekebalan menurun, seperti pengidap HIV atau pengguna tablet steroid.

Diagnosis Kurap

Selain wawancara dan pemeriksaan fisik untuk menilai status dermatologis, dokter dapat melakukan beberapa pemeriksaan, seperti:

  • Cek sampel kulit: konfirmasi di bawah mikroskop
  • Wood lamp: untuk mengidentifikasi kelainan kulit dengan menggunakan sinar
  • Pemeriksaan dengan KOH: sampel kulit diteteskan KOH lalu diamati di bawah mikroskop

Penanganan Kurap

Obat antijamur topikal merupakan lini pertama pengobatan tinea, tetapi jika tidak membaik dalam 10 hari, dokter dapat meresepkan obat anti jamur oral seperti itraconazole. Sebagai Pereda gejala, dokter juga dapat meresepkan bedak agar tidak gatal.

Pengidap juga harus menghindari pemakaian pakaian yang ketat dan harus rajin membersihkan daerah yang terinfeksi dan menjaganya agar tetap kering.

Pencegahan Kurap

Kurap dapat dicegah dengan menjaga kebersihan seperti mandi dan keramas secara teratur, menjaga tubuh agar tidak lembap terutama pada daerah lipatan, sering mencuci tangan dan merawat kebersihan kuku, serta membersihkan rumah dan barang-barang yang sering dipakai seperti mainan, pakaian, sprei, handuk, sisir. Hindari berbagi barang pribadi dengan orang lain.

Kapan Harus ke Dokter?

Segera hubungi dokter apabila merasakan gejala - gejala di atas. Penanganan yang tepat dapat meminimalisir akibat sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu di sini.