• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengobatan Mandiri untuk Mengatasi Cacar Air

Pengobatan Mandiri untuk Mengatasi Cacar Air

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Cacar air yang terjadi pada seseorang tentu dapat sangat menyiksa karena tubuh akan merasakan gatal di sekujur tubuh bahkan sakit. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini sangat rentan untuk terjadi pada anak-anak, terutama yang belum pernah mengalaminya. Maka dari itu, jika anak ibu mengidap gangguan ini, ada baiknya untuk menjaganya tetap di rumah agar tidak menjangkiti anak lainnya. Agar anak dapat diatasi tanpa keluar dari rumah, ibu harus tahu beberapa cara yang efektif untuk mengobati cacar air. Berikut ulasan lengkapnya!

Baca juga: Sudah Tahu Fakta Mengenai Cacar Air Ini?

Pengobatan Rumahan untuk Atasi Cacar Air

Cacar air, atau disebut juga varicella, adalah gangguan yang disebabkan oleh virus Varicella zoster. Gangguan ini memang umum untuk terjadi dan terbilang sangat menular, terutama pada anak-anak. Meski begitu, orang dewasa yang belum pernah mengalaminya juga berisiko tinggi untuk terserang. Infeksi dari cacar air dapat sembuh pada beberapa minggu dan tubuh akan kebal terhadap virus tersebut.

Anak yang mengidap gangguan ini dapat mengalami beberapa gejala utama, seperti ruam merah atau mengalami lepuhan yang menyebar ke seluruh kulit. Ruam yang timbul dapat menyebabkan rasa gatal dan terkadang rasa sakit yang dapat bertambah parah saat digaruk. Maka dari itu, pastikan untuk tidak menggaruk ruam yang timbul agar gangguan yang terjadi tidak berkembang.

Meski begitu, cacar air yang menyerang dapat diobati dengan beberapa perawatan rumahan. Hal tersebut dapat meredakan gejala dari cacar air dan mencegah pengidapnya untuk menggaruk luka yang terbentuk. Maka dari itu, setiap orang harus tahu beberapa cara pengobatan cacar air yang efektif untuk dilakukan meski hanya di rumah. Berikut ini caranya:

1. Menjaga Tubuh Terhidrasi

Salah satu cara yang dapat dilakukan sebagai pengobatan rumahan terhadap cacar air adalah dengan menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi. Cara yang ampuh dilakukan adalah dengan mengonsumsi lebih banyak cairan agar virus dapat lebih cepat keluar dari tubuh. Pastikan untuk mengonsumsi air putih dibandingkan cairan lainnya. Selain itu, cobalah untuk menghindari makanan keras atau pedas yang membuat hidrasi tubuh menurun.

Baca juga: Mengapa Cacar Air Lebih Buruk Jika Terjadi pada Orang Dewasa?

2. Mandi Air Dingin

Dipercaya juga jika mandi menggunakan air dingin dapat menjadi salah satu solusi untuk obati cacar air. Memang, melakukan mandi dengan air dingin terbilang paling efektif untuk mengatasi gatal akibat cacar air.

3. Oleskan Losion Calamine

Ibu juga dapat mengoleskan losion calamine pada area yang ruam dan kerap menimbulkan perasaan gatal pada anak. Kandungan dari losion tersebut dapat menenangkan kulit sehingga peradangan yang terjadi dapat diredam dan membuat rasa gatal menghilang. Oleskan losion tersebut menggunakan tangan atau kapas ke area yang gatal dan hindari area wajah terutama mata. Hal ini dilakukan untuk menghentikan kebiasaan menggaruk.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan jika seseorang mengidap cacar air dan dilakukan perawatan di rumah. Dengan mengetahui beberapa cara yang efektif untuk dilakukan, diharapkan gangguan yang timbul dapat segera teratasi. Dengan begitu, aktivitas harian yang harus dilakukan setiap hari kembali normal.

Baca juga: Bagaimana Cara Pengobatan di Rumah Guna Mengatasi Cacar Air?

Selain itu, jika ibu memiliki pertanyaan tentang cara untuk mengobati cacar air di rumah, dokter dari Halodoc siap memberikan saran yang tepat. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan terkait akses kesehatan. Segala masalah yang terjadi selesai tanpa perlu ke luar rumah!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 7 Home Remedies for Chickenpox.
Everyday Health. Diakses pada 2020. Chickenpox Treatment and Home Remedies.