Pengobatan yang Bisa Dilakukan untuk Atasi Kanker Lidah

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Pengobatan yang Bisa Dilakukan untuk Atasi Kanker Lidah

Halodoc, Jakarta - Meski tak “setenar” kanker payudara, usus, atau otak, kanker lidah juga amat mematikan, lho. Kanker lidah sendiri merupakan penyakit kanker yang tumbuh dan berasal di jaringan lidah. Kanker ini berkembang dari jaringan lidah yang mengalami kelainan dan tumbuh secara abnormal. Lokasinya bisa terjadi pada ujung atau lidah. 

Lantas, bagaimana sih cara mengobati kanker lidah?

Baca juga: Waspada! Kanker Lidah Bisa Menyerang Tanpa Disadari

Dari Operasi hingga Radioterapi

Untuk mengatasi kanker lidah, dokter akan menentukan tindakan yang diambil bergantung dengan lokasi dan stadium kanker. Di samping itu, bila dianggap perlu, tak menutup kemungkinan dokter akan mengombinasikan berbagai jenis pengobatan. Tujuannya jelas, agar hasilnya maksimal dan sel-sel kanker bisa menghilang. 

Lalu, bagaimana sih cara mengobati kanker lidah? 

1. Tindakan Operasi 

Prosedur operasi merupakan cara mengobati kanker lidah yang masih berukuran kecil, atau stadium awal. Dalam tindakan ini dokter akan mengangkat jaringan kanker dan jaringan di sekitarnya. Akan tetapi, bila kanker sudah memasuki stadium akhir, prosedurnya lain lagi. 

Cara mengobati kanker lidah stadium akhir lewat tindakan operasi dilakukan dengan glosektomi. Jangan kaget, tindakan operasi ini berupa tindakan memotong lidah. Lidah yang dipotong bisa sebagian, bisa pula seluruhnya. 

2. Kemoterapi

Seperti jenis-jenis kanker lainnya, cara mengobati kanker lidah juga bisa melalui kemoterapi. Prosedur ini bertujuan untuk membunuh sel-sel kanker. Untuk hasil yang maksimal, dokter biasanya akan mengombinasikan kemoterapi dengan operasi atau radioterapi. Kemoterapi yang disertai dengan operasi bertujuan untuk mengecilkan kanker sebelum diangkat.   

3. Radioterapi

Selain dua tindakan di atas, cara mengobati kanker lidah juga bisa melalui radioterapi, menggunakan sinar berenergi tinggi. Sinar ini berasal dari mesin khusus di luar tubuh pengidapnya. Bisa juga lewat alat yang dipasang di dalam tubuh pengidap, di dekat lokasi kanker. 

Lalu, kapan tindakan radioterapi diambil? Prosedur ini biasanya digunakan untuk kasus kanker yang sukar diobati, mengecilkan ukuran kanker sebelum operasi, atau membunuh sel-sel kanker yang sudah menyebar kebagian tubuh lain. 

Selanjutnya, seperti apa sih tanda-tanda seseorang yang mengidap kanker lidah? 

Baca juga: 4 Gejala Kanker Mulut yang Sering Diabaikan

Memunculkan Sederet Gejala

Dalam kebanyakan kasus, gejala utama kanker lidah adalah munculnya bercak berwarna merah atau putih pada lidah. Tak cuma itu, sariawan yang tak kunjung sembuh setelah beberapa minggu juga bisa menjadi pertanda dari kanker lidah. 

Nah, berikut ini beberapa gejala kanker lidah yang mungkin dialami pengidapnya. 

Baca juga: 5 Fungsi Lidah yang Perlu Diketahui

1. Iritasi

Iritasi di sini seperti sariawan pada gusi, lidah, atau lapisan mulut. Kata ahli, sekilas ciri kanker ini tak berbahaya. Bentuknya bisa seperti sariawan, sehingga sering dianggap remeh. Sebaiknya, temui dokter bila sariawan tak kunjung sembuh lebih dari satu minggu. 

2. Benjolan dalam Mulut

Ciri-ciri kanker ini yang paling jelas adalah munculnya benjolan atau pembengkakan pada lidah. Awalnya, benjolan ini berupa bintik kecil yang akan terasa nyeri bila tersenggol. 

3. Nyeri di bagian Rahang

Jangan sepelekan nyeri yang terjadi di bagian rahang yang dalam istilah medis dikenal sebagai temporomandibular. Segeralah temui dokter bila nyeri ini terjadi dalam waktu yang lama. Apalagi bila sakitnya menyebar ke kepala dan bagian wajah.

4. Sakit Tenggorokan

Ciri-ciri kanker ini juga bisa ditandai dengan sakit tenggorokan yang tak kunjung hilang. Beberapa orang mengira kondisi itu hanyalah berupa radang tenggorokan. Segeralah berdiskusi dengan dokter bila sakit tenggorokan berlangsung lama. 

Selain empat hal di atas, ciri-ciri kanker ini juga bisa ditandai dengan: 

  • Lidah terasa kaku.

  • Sakit saat menelan.

  • Bercak merah atau putih atau sariawan yang tak kunjung sembuh.

  • Perdarahan tanpa sebab yang jelas pada lidah.

  • Rasa kebas dalam mulut yang tak kunjung hilang. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
NHS UK. Diakses pada 2019. Health A-Z. Mouth cancer. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Diseases & Conditions. Tongue cancer.  
Healthline. Diakses pada 2019. Everything You Need to Know About Tongue Cancer.