• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penjelasan Jenis-Jenis Herpes yang Rentan Dialami Wanita

Penjelasan Jenis-Jenis Herpes yang Rentan Dialami Wanita

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Penjelasan Jenis-Jenis Herpes yang Rentan Dialami Wanita

Halodoc, Jakarta - Kamu tentu pernah dengar tentang penyakit herpes, bukan? Secara umum, jenis-jenis herpes terbagi menjadi dua, yaitu herpes zoster (atau dikenal dengan cacar api) dan herpes simplex. Namun, jenis herpes yang paling rentan dialami wanita dan akan dibahas lebih lanjut kali ini adalah herpes simplex. 

Meski bisa dialami oleh siapa saja, herpes simplex rentan terjadi pada wanita. Terutama yang sering bergonta-ganti pasangan seksual, atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Berdasarkan virus penyebabnya, herpes simplex terbagi lagi menjadi dua tipe. Mau tahu lebih lanjut? Simak hingga tuntas, ya!

Baca juga: Kenali Jenis Herpes yang Bisa Menyerang Mulut dan Bibir

Ini Jenis-Jenis Herpes yang Rentan Dialami Wanita

Jenis-jenis herpes yang rentan dialami wanita pada dasarnya disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV). Hanya saja, HSV terbagi menjadi 2 jenis, meski keduanya saling berhubungan, yaitu HSV tipe 1 dan 2. HSV tipe 1 dikaitkan dengan infeksi pada area bibir dan rongga mulut, sedangkan HSV tipe 2 menyerang area genital. 

Berikut ini dijelaskan satu persatu jenis-jenis herpes yang rentan dialami wanita tersebut:

1.HSV Tipe 1

HSV tipe 1 dapat menular melalui interaksi umum, seperti makan dari peralatan yang sama, berbagi kosmetik bibir, dan berciuman. Virus menyebar lebih cepat saat orang yang terinfeksi mengalami luka terbuka. Herpes genital juga mungkin tertular dari HSV tipe 1 jika seseorang yang melakukan seks oral mengalami infeksi herpes di bibir atau mulut selama waktu tersebut.

2.HSV Tipe 2

HSV tipe 2 disebut juga herpes genital, ditularkan melalui kontak seksual dengan pengidapnya, atau kontak dengan luka herpes. Selain itu, HSV tipe 2 juga dapat ditularkan dari ibu kepada bayinya pada saat persalinan. 

Itulah jenis-jenis herpes yang rentan menyerang wanita. Sebenarnya, siapapun bisa terinfeksi penyakit ini, pada usia berapa pun. Pada HSV yang ditularkan secara seksual, seseorang lebih berisiko jika melakukan hubungan intim yang tidak dilindungi oleh kondom.

Baca juga: 4 Bahaya Herpes Simpleks yang Masih Jarang Orang Tahu

Apa saja Gejala Herpes pada Wanita?

Penting untuk dipahami bahwa orang yang mengidap herpes juga bisa tidak memiliki luka atau gejala yang terlihat. Namun, mereka masih bisa menularkan virus ke orang lain. 

Gejala herpes juga bisa berbeda-beda, berdasarkan jenis kelamin. Berikut ini gejala herpes yang bisa dialami wanita:

1.Seperti Terkena Flu

Ketika terinfeksi virus herpes, gejala yang muncul bisa mirip seperti gejala flu berat. Meliputi kelelahan ekstrem hingga adanya kelenjar getah bening yang lunak di pangkal paha. Ini merupakan fase awal infeksi, tetapi seiring berjalannya waktu, gejala akan mereda.

2.Terdapat Luka Lepuh pada Area Genital

Salah satu gejala klasik herpes genital adalah blister, atau luka lepuh yang sangat menyakitkan di sekitar area genital. Berbeda dengan benjolan atau luka lain, luka lepuh akibat herpes bisa terasa amat mengganggu.

Kondisi ini terjadi karena area genital rentan menjadi tempat penularan, baik ketika melakukan seks vaginal ataupun oral. Jaringan dan kulit di sekitar vagina juga lebih mudah untuk luka dan terkena virus.

Baca juga: Waspada, Virus Herpes Mampu Sebabkan Sarkoma Kaposi

Vvirus herpes bisa bersemayam di tubuh pengidapnya selamanya, sehingga blister ini dapat hilang dan muncul tiba-tiba. Berbagai faktor bisa mengaktifkan virus ini kembali di kemudian hari, misalnya stres berat. Jika tidak ada blister yang muncul, rasa gatal pada vagina juga dapat dicurigai sebagai virus terkait herpes.

3.Mati Rasa atau Kesemutan

Pada wanita, herpes dapat menyebabkan sensasi mati rasa atau kesemutan di mulut serta daerah genital, lalu menjalar ke kaki, pinggul, hingga daerah bokong, bahkan sebelum luka muncul. Namun, gejala ini cenderung jarang terjadi. 

Itulah sedikit penjelasan mengenai jenis-jenis herpes yang rentan menyerang wanita dan berbagai gejalanya. Jika kamu atau orang terdekat ada yang mengalami gejala tersebut, segera gunakan aplikasi Halodoc untuk membicarakannya pada dokter, ya.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. What Are The Symptoms Of Herpes In Females?
Healthline. Diakses pada 2021. Herpes Simplex.