• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penjelasan Lengkap Tentang Vertigo Servikal

Penjelasan Lengkap Tentang Vertigo Servikal

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Penjelasan Lengkap Tentang Vertigo Servikal

Halodoc, Jakarta – Pernah dengar vertigo servikal? Penyakit ini juga sering disebut sebagai pusing servikal dan gejalanya mirip dengan vertigo yang umum terjadi. Pada vertigo servikal, pengidapnya mengalami sensasi berputar akibat gangguan pada area sekitar leher. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kondisi ini, mulai dari postur leher yang buruk, gangguan pada leher, atau cedera dan trauma pada tulang belakang leher. 

Kabar buruknya, vertigo servikal sama sekali tidak boleh dianggap sepele, apalagi tidak ditangani dengan tepat. Sebab, kondisi ini semakin lama bisa meningkatkan risiko terjadinya cedera pada kepala. Vertigo servikal bisa mengganggu posisi kepala dan leher. Biasanya, pusing atau sensasi berputar muncul saat pengidapnya menggerakkan leher. 

Baca juga: Penyebab Vertigo yang Perlu Diketahui

Mengenal Vertigo Servikal dan Gejalanya 

Sensasi pusing atau berputar yang muncul pada vertigo servikal bisa memengaruhi keseimbangan tubuh dan mengganggu konsentrasi. Penyebab pasti kondisi ini masih diteliti, tapi vertigo servikal sering dikaitkan dengan beberapa kondisi, seperti penyumbatan arteri di leher, robeknya arteri, gangguan aliran darah ke telinga atau ke area otak, arthritis, trauma pada leher, serta efek samping dari operasi. 

Kondisi ini muncul akibat ada gangguan pada otot dan persendian. Otot dan persendian yang ada di leher memiliki reseptor yang bertugas mengirim sinyal ke otak. Bagian tersebut mengirim sinyal tentang gerakan kepala ke otak dan alat vestibular atau bagian telinga bagian dalam yang bertanggung jawab pada keseimbangan tubuh. 

Bagian ini juga bekerja dengan jaringan yang lebih besar di dalam tubuh dan berperan dalam menjaga keseimbangan serta koordinasi otot. Pada kasus vertigo servikal, kinerja bagian ini akan terganggu. Saat hal itu terjadi, reseptor tidak dapat berkomunikasi secara baik dengan otak. Nah, hal itu yang kemudian menyebabkan pusing serta disfungsi sensorik lainnya. 

Gejala khas dari kondisi ini adalah pusing yang muncul saat leher digerakkan secara tiba-tiba. Sensasi pusing pada kondisi ini juga sering muncul saat pengidapnya memutar kepala. Selain itu, ada gejala lain yang juga sering muncul, seperti sakit kepala, mual dan muntah, nyeri telinga atau telinga berdenging, nyeri leher, kehilangan keseimbangan saat berjalan, duduk, atau berdiri. 

Baca juga: Ketahui Pemeriksaan Nistagmus untuk Diagnosis Vertigo

Vertigo servikal juga ditandai dengan gejala kelemahan tubuh serta masalah konsentrasi. Pusing yang muncul sebagai tanda penyakit ini bisa berlangsung selama beberapa menit atau beberapa jam. Seiring berjalannya waktu, nyeri pada leher akan mulai mereda dan disertai dengan meredanya pusing atau sensasi berputar yang dirasakan. 

Lantas, bagaimana cara penyakit ini didiagnosis? Hal itu mungkin akan sulit untuk dilakukan. Sebab, ada beberapa penyakit yang mungkin memiliki gejala yang sama. Maka dari itu, dokter perlu untuk mencari tahu dengan pasti apakah gejala yang muncul memang merupakan tanda vertigo servikal atau jenis vertigo lainnya. Salah satu cara mendiagnosis penyakit ini adalah pemeriksaan fisik, yaitu dengan memutar kepala atau leher kemudian memperhatikan keluhan yang dialami. 

Selain itu, pemeriksaan lanjutan mungkin perlu dilakukan untuk memastikan diagnosis. Vertigo servikal bisa dideteksi melalui pemindaian MRI leher, angiografi resonansi magnetik (MRA), USG vertebral Doppler, flexion-extension X-ray dari tulang belakang servikal, serta tes yang dilakukan untuk mengukur sumsum tulang belakang dan jalur otak dalam sistem saraf. 

Baca juga: Apakah Penyakit Vertigo Bisa Disembuhkan Secara Total?

Cari tahu lebih lanjut seputar vertigo servikal dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan atau sampaikan keluhan penyakit yang dialami dan dapatkan rekomendasi pengobatan dari ahlinya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Cervical Vertigo. 
Medical News Today. Diakses pada 2020. What to know about cervical vertigo.