• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Me Time untuk Menjaga Kesehatan Mental

Pentingnya Me Time untuk Menjaga Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Pentingnya Me Time untuk Menjaga Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta – Manusia adalah makhluk sosial yang butuh berinteraksi dengan orang lain. Walau begitu, terkadang kamu juga perlu melakukan “me time” atau menghabiskan waktu sendiri. Setiap orang pasti butuh menghabiskan waktu sendiri setidaknya beberapa kali dalam hidupnya. Pasalnya, masalah kehidupan sehari-hari yang kian menumpuk dapat membebani kamu dan rentan menimbulkan stres. Itu sebabnya, “me time” dibutuhkan untuk menenangkan pikiran kamu sejenak. 

Ketika pikiran sudah sedikit lebih jernih, tentu kamu bisa melanjutkan aktivitas dan menyelesaikan masalah dengan lebih baik. Berikut beberapa manfaat dari me time yang bisa kamu dapatkan:

1. Meningkatkan Produktivitas dan Lebih Fokus

Ketika muncul suatu masalah, kamu pasti cenderung lebih fokus dengan masalah tersebut hingga mengabaikan hal-hal lain. Nah, ketika kamu meluangkan waktu untuk “me time, kamu mungkin bisa menghilangkan pikiran yang mengganggu itu sejenak dan bisa lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan tugas-tugas lain yang lebih penting. 

Baca juga: Begini Cara Suasana Hati Memengaruhi Kesehatan

2. Kesempatan Introspeksi Diri

Saat menyendiri, kamu dapat merenungkan banyak hal, termasuk memahami diri kamu sendiri. Dengan begitu, kamu bisa menilai diri lebih baik, mengurangi hal-hal negatif pada diri kamu dan berusaha menjadi pribadi yang lebih positif. 

3. Membuat Keputusan yang Lebih Tepat

Selama menyendiri, kamu bisa lebih santai dan lebih fokus untuk memikirkan hal-hal lain yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Jika kamu ingin memutuskan segala sesuatu, maka “me time” adalah saat yang tepat. Saat menyendiri kamu bisa mempertimbangkan lebih dalam mengenai berbagai keputusan yang kamu ambil untuk masa depan. 

4. Menjernihkan Pikiran dan Menyegarkan Tubuh

Aktivitas monoton yang kamu lakukan sehari-hari tentu bisa menimbulkan rasa jenuh yang lama kelamaan dapat memicu stres. Dengan “me time” sejenak, kamu bisa menjernihkan pikiran dan menyegarkan tubuh. Tubuh yang segar dan pikiran yang jernih akan berdampak pula pada kondisi fisik maupun mental kamu. 

Baca juga: Inilah Cara Menyenangkan untuk Meningkatkan Suasana Hati

5. Memperbaiki Hubungan

Memiliki konflik dengan pasangan, teman atau anggota keluarga pastinya dapat mengganggu pikiran kamu dan membuat kamu tidak fokus untuk mengerjakan hal lain. Lakukan “me time” sejenak untuk menenangkan diri dan introspeksi diri. Ketika sudah lebih tenang, kamu mungkin bisa lebih menerima kesalahan yang kamu atau orang lain lakukan. 

6. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Kamu pasti bingung, kenapa menyendiri justru meningkatkan kemampuan bersosialisasi. Ini benar adanya, ketika kamu melakukan “me time” kamu bisa memikirkan lebih banyak hal yang positif. Ketika kamu kembali ke rutinitas dengan pribadi yang lebih positif, otomatis kamu punya rasa percaya diri yang lebih besar dan mampu bersosialisasi dengan orang lain lebih baik. 

Sudah jelas kan kalau hal-hal positif di atas mampu memengaruhi kondisi mental kamu secara langsung. Jadi, tidak ada salahnya menyisihkan waktu untuk melakukan “me time”, karena ternyata dapat mendatangkan manfaat kesehatan fisik maupun mental. Namun, kamu juga tidak boleh terlena dengan “me time” yang justru membuat kamu menjadi orang yang penyendiri. 

Baca juga: 5 Tanda Kalau Kamu Butuh Me Time

Kalau kamu punya sedang stres berat dan kesulitan mengatasinya, kamu dapat menghubungi psikolog lewat aplikasi Halodoc. Tidak usah ke rumah sakit, hanya dengan smartphone yang kamu punya, kamu dapat menghubungi psikolog kapanpun dan dimanapun kamu butuhkan via Chat atau Voice/Video Call.

Referensi:
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2020. “Me time” sounds good, but when exactly?.
WebMD. Diakses pada 2020. How to Claim Some 'Me Time'.