09 April 2018

Pentingnya Pendamping saat Persalinan

Pentingnya Pendamping saat Persalinan

Halodoc, Jakarta – Salah satu momen paling mendebarkan bagi para wanita adalah menghadapi proses persalinan. Tak hanya bagi calon ibu, suami dan keluarga besar pun tak kalah dibuat panik saat memasuki waktu untuk menjalani proses kelahiran tersebut. Apalagi kalau pengalaman tersebut adalah yang pertama bagi keluarga.

Alih-alih memberi rasa tenang dan nyaman yang dibutuhkan ibu menjelang persalinan, perasaan panik dan khawatir keluarga malah bisa mengalahkan semuanya. Lantas apa yang harus dilakukan?

Sejumlah ahli menyebutkan bahwa dukungan psikologis adalah hal yang paling dibutuhkan oleh wanita yang akan melahirkan. Umumnya, para suami akan “bertugas” untuk mendampingi dan memberi dukungan tersebut. Kehadiran suami dinilai akan mampu membuat sang istri menjadi lebih percaya diri untuk segera melahirkan sang buah hati. Namun, dalam beberapa kasus, sang suami merasa tak sanggup untuk masuk ke dalam ruang bersalin seorang diri.

Hal itu yang kemudian mendorong berkembangnya tren jasa doula. Yaitu seseorang atau sekelompok wanita yang menyediakan jasa untuk menjadi sahabat pendamping bagi wanita yang akan melahirkan.

Doula adalah sebutan untuk orang (di luar keluarga) yang mendampingi selama proses persalinan berjalan. Tugasnya adalah berada di dalam kamar bersalin bersama calon ibu, suami, serta anggota keluarga dan memberikan dukungan, termasuk dukungan psikis dan emosional.

Para doula dididik dan dilatih secara profesional untuk mendampingi proses persalinan. Pada dasarnya,  mereka tidak memiliki keahlian khusus dan tidak berwenang memberi saran medis. Hal ini membuat doula hanya perlu berfokus untuk memberikan dukungan agar proses persalinan berjalan lancar.

Di Indonesia, doula memang masih belum banyak dikenal. Namun ternyata, peran dan kehadiran doula bisa sangat berarti di kamar persalinan. Mengutip American Pregnancy, kehadiran doula nyatanya memberi banyak dampak positif.

(Baca juga: 4 Persiapan untuk Menyambut Persalinan)

Pertimbangan dalam Memilih Pendamping Persalinan

Pendamping bersalin sifatnya sangat pribadi, karena ia akan bertanggung jawab untuk membuat calon ibu merasa nyaman. Ibu yang akan melahirkan benar-benar membutuhkan dukungan dari orang-orang yang dipercaya selama dia mempertaruhkan nyawa untuk melahirkan Si Kecil. Kalau memutuskan untuk menggunakan jasa pendamping persalinan, perlu dipastikan bahwa sang ibu memiliki kecocokan dengan doula. Karena, hal ini akan sangat penting dan menumbuhkan rasa percaya pada seseorang yang disukai. Agar persalinan lancar, ibu perlu memercayai pendampingnya selama di ruang bersalin.

Secara psikologis, seseorang akan lebih bisa mendengarkan dan menuruti hal yang disampaikan oleh orang yang ia percaya. Nah, artinya memilih pendamping yang cocok dan bisa dipercaya secara tidak langsung akan membantu persalinan berjalan lancar dan lebih aman.

Meski belum terlalu dikenal, tetapi perkembangan jasa doula untuk melahirkan semakin berkembang dan menarik. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan bahwa kehadiran pihak ketiga yang dipercaya saat melahirkan bisa membuat ibu merasa lebih percaya diri dan merasa ada orang lain yang mengerti perasaannya.

Meski memiliki dampak positif, perlu diingat bahwa ada hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa doula atau tidak. Pastikan untuk membicarakan hal ini dengan suami dan keluarga agar proses kelahiran menjadi lebih nyaman.

Mendekati masa persalinan, ibu harus lebih aktif memantau kondisi kesehatan tubuh dan calon janin. Kalau ada masalah kesehatan dan butuh saran dokter, pakai aplikasi Halodoc saja! Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play.