07 September 2016

Pentingnya Waktu Tidur Ideal Sesuai Usia

HaloDoc, Jakarta Durasi tidur yang berkualitas berbeda-beda untuk setiap usia lho, Moms. Tidur yang berkualitas adalah tidur yang nyenyak tanpa terbangun dalam durasi jam tertentu. Nah, jika Moms ingin sehat, maka Anda diwajibkan mempunyai waktu tidur yang berkualitas. Untuk itu, yuk perhatikan waktu tidur keluarga Anda.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi waktu tidur sehingga menjadi tidak berkualitas. Salah satunya adalah beban pikiran berat yang dialami. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa beban pikiran berat bisa menimbulkan dampak negatif bagi tidur yang berkualitas. Tentu saja ini akan berakibat pada tubuh yang jadi rentan terserang sakit.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation (NSF) – Amerika Serikat, anak-anak usia 4 bulan hingga 17 tahun membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dibandingkan dengan usia orang dewasa. Inilah mengapa durasi tidur masing-masing orang akan berbeda sesuai dengan usianya.

Tentukan waktu tidur ideal Anda berdasarkan usia, seperti yang tertera di bawah ini:

  1. Bayi (0 - 3 bulan): 14 - 17 jam/hari.
  2. Bayi (4 - 11 bulan): 12 - 15 jam/hari.
  3. Balita (1 - 2 tahun): 11 - 14 jam/hari
  4. Pra-sekolah (3 - 5 tahun): 10 - 13 jam/hari.
  5. Usia sekolah (6 - 13 tahun): 9 - 11 jam/hari.
  6. Remaja (14 - 17 tahun): 8 - 10 jam/hari.
  7. Pasca remaja (18 - 25 tahun): 7 - 9 jam/hari.
  8. Dewasa (26 - 64 tahun): 7 - 9 jam/hari.
  9. Lanjut usia (65 tahun ke atas): 7 - 8 jam/hari.

Lalu bagaimana agar anggota keluarga Moms bisa memiliki kualitas tidur yang baik? Senam ringan adalah jawabannya. Apabila dilakukan secara rutin, senam rutin dapat membantu meningkatkan kualitas tidur keluarga HaloDoc.

Tak perlu setiap hari, beberapa waktu dalam seminggu Anda dapat mengajak anggota keluarga untuk melakukan aktivitas fisik ringan. Bahkan apabila ada anggota keluarga yang seringkali merasakan insomnia, aktivitas fisik akan membantu tidur jadi lebih nyenyak. Selain itu, Moms juga bisa mengajak anggota keluarga untuk berjalan kaki sedikitnya selama 10-20 menit dalam sehari dan melakukan senam ringan setiap pagi atau sebelum tidur.

Dalam penelitian di Baylor College of Medicine, ditemukan bahwa kelompok yang melakukan aktivitas fisik ringan memiliki kualitas tidur malam lebih baik daripada kelompok yang tidak melakukan aktivitas fisik sama sekali.

Nah jika Moms ingin anggota keluarga tidur nyenyak setiap malam, mungkin Anda bisa mencoba senam ringan seperti melakukan sit up sebelum tidur. Lakukan bersama suami tersayang dan juga si kecil agar aktivitas ini bisa jadi kebiasaan baik yang menarik.