• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyakit Apa yang Ditandai dengan Benjolan di Ketiak?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyakit Apa yang Ditandai dengan Benjolan di Ketiak?

Penyakit Apa yang Ditandai dengan Benjolan di Ketiak?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 Februari 2022

“Terdapat beberapa penyakit yang dapat ditandai dengan kehadiran benjolan pada ketiak. Mulai dari infeksi, gejala akan kanker yang sudah menyebar ke kelenjar getah bening, hingga penyakit lain seperti kista sebasea. Berdasarkan beberapa penyakit tersebut, penting untuk memeriksakan benjolan ketiak pada dokter, terutama jika tak kunjung membaik. Hal ini bertujuan agar penyebab dari benjolan tersebut dapat diketahui secara pasti.”

Penyakit Apa yang Ditandai dengan Benjolan di Ketiak?

Halodoc, Jakarta – Benjolan di ketiak merupakan kondisi yang sangat umum dan biasanya disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening atau kelenjar di bawah ketiak. Di samping itu, reaksi alergi hingga efek samping dari vaksinasi tertentu, juga dapat menjadi penyebab munculnya benjolan di ketiak.

Kendati demikian, faktor lain seperti penyakit yang serius juga dapat memicu benjolan ketiak sebagai gejalanya. Bahkan, beberapa di antaranya mungkin perlu segera mendapatkan perawatan medis. Maka dari itu, penting untuk mengetahui penyakit apa saja yang dapat menimbulkan benjolan ketiak. Penasaran apa saja? Yuk, simak informasinya di sini! 

Ini Penyakit yang Ditandai dengan Benjolan di Ketiak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, benjolan pada ketiak juga dapat menjadi tanda dari penyakit yang serius. Berikut adalah beberapa penyakit yang ditandai dengan kemunculan kondisi tersebut sebagai gejalanya, antara lain:

1. Adanya Infeksi

Infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, hingga jamur juga dapat menjadi pemicu munculnya benjolan ketiak, seperti:

  • Infeksi bakteri Staphylococcus. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri ini biasanya terjadi pada area kulit seperti impetigo, bisul, dan selulitis. Gejala awal dari penyakit ini ditandai dengan bengkak, nyeri, kemerahan, hingga nanah pada luka.
  • Demam cakaran kucing. Faktanya, air liur kucing mengandung berbagai macam bakteri yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Misalnya seperti bakteri Staphylococcus, Streptococcus, Pasteurella, dan Bartonella henselae. Maka dari itu, tergigit atau tercakar kucing dapat menyebabkan terjadinya demam cakaran kucing dan menimbulkan benjolan di ketiak sebagai reaksi tubuh dalam melawan peradangan.
  • HIV/AIDS. Penyakit tersebut ditandai dengan demam hingga menggigil, muntah, diare kronis, nyeri otot dan sendi, hingga kemunculan ruam kulit.
  • Cacar air. Merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus Varicella-zoster. Penyakit tersebut dapat menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Namun, ketika dialami oleh orang dewasa, umumnya gejala dari cacar air akan lebih parah. 

2.Gejala Akan Kanker  

Benjolan pada ketiak juga dapat disebabkan oleh kanker tertentu yang telah menyebar ke kelenjar getah bening. Berikut adalah beberapa jenis kanker yang dapat menjadi penyebabnya, yaitu:

  • Leukemia.  Merupakan kanker darah akibat tubuh terlalu banyak memproduksi sel darah putih secara abnormal. Leukemia dapat terjadi pada orang dewasa dan anak-anak.
  • Kanker payudara. Merupakan suatu jenis tumor ganas yang berkembang pada sel-sel payudara. Kanker ini dapat tumbuh jika terjadi pertumbuhan yang abnormal dari sel-sel pada payudara.
  • Kanker kelenjar getah bening atau limfoma.  Penyakit kanker yang satu ini dapat mengakibatkan pembengkakan kelenjar getah bening (limfadenopati) sehingga dapat menimbulkan benjolan pada ketiak. Perlu diketahui bahwa limfoma berawal ketika sel kanker menyerang salah satu sel darah putih atau limfosit. Perlu diingat bahwa limfosit sendiri berperan penting pada tubuh dalam melawan infeksi. 

3. Penyakit Lainnya  

Terdapat beberapa penyakit lain yang juga dapat menimbulkan benjolan pada ketiak. Salah satunya seperti kista sebasea. Penyakit ini ditandai dengan munculnya benjolan di bawah kulit, adanya nanah pada area yang terkena, kemerahan, pembengkakan, hingga munculnya tekstur kulit lembut di area yang terinfeksi.

Perlukah Memeriksakan Diri ke Dokter?

Meski pada umumnya tidak berbahaya, tetapi sebaiknya kamu tetap memeriksakan diri ke dokter. Terutama jika benjolan ketiak tak kunjung membaik dan malah berubah ukuran secara bertahap. Sebab, kondisi tersebut dapat mengindikasikan bahwa benjolan pada ketiak merupakan gejala dari penyakit kanker, termasuk kanker payudara, dan leukemia. 

Nah, itulah penjelasan mengenai penyakit apa saja yang dapat ditandai dengan benjolan di ketiak. Meski sebagian besar benjolan yang muncul tidaklah berbahaya, tetapi kondisi tersebut juga dapat mengindikasikan gejala akan penyakit serius. Misalnya seperti infeksi akibat virus seperti HIV/AIDS hingga gejala kanker tertentu seperti leukemia atau kanker payudara.

Segeralah memeriksakan diri ke dokter bila benjolan ketiak tak kunjung membaik atau malah berubah ukuran. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji rumah sakit untuk memeriksakan kondisimu dengan dokter pilihan. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2022. Armpit Lump.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Armpit lumps: What you need to know.
MedlinePlus. Diakses pada 2022. Armpit lump.
Halodoc. Diakses pada 2022. Ini 4 Jawaban Munculnya Benjolan di Ketiak.