• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyakit De Quervain Dapat Sebabkan Nyeri Pergelangan Tangan

Penyakit De Quervain Dapat Sebabkan Nyeri Pergelangan Tangan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Nyeri pergelangan tangan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya adalah penyakit de Quervain. Penyakit ini ditandai dengan rasa sakit dan pembengkakan di pangkal ibu jari dan pergelangan tangan. Bila kamu mengalami penyakit de Quervain, kamu akan merasakan nyeri saat memutar pergelangan tangan, menggenggam apa pun, atau mengepalkan sesuatu.

Penyakit de Quervain terjadi ketika selubung tendon yang terletak di pangkal ibu jari mengalami peradangan. Tendon adalah jaringan ikat yang menghubungkan otot dan tulang, sehingga kamu dapat menggerakkan tulang dengan mudah. Bila mengalami peradangan, tendon akan membengkak dan terasa sakit saat digerakkan.


Penyebab Penyakit De Quervain

Penyebab pasti dari penyakit de Quervain tidak diketahui. Namun, aktivitas apa pun yang melibatkan gerakan tangan atau pergelangan tangan berulang, seperti bermain golf atau olahraga raket, dan berkebun, dapat memicu atau memperburuk penyakit tersebut.

Selain itu, cedera langsung pada pergelangan tangan atau tendon juga dapat menyebabkan penyakit de Quervain. Penyakit ini sering kali juga disebabkan oleh peradangan lainnya, seperti rheumatoid arthritis.

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bisa Bikin Pergelangan Tangan Sakit


Waspada pada Gejalanya

Bila kamu mengalami penyakit de Quervain, kamu akan mengalami gejala-gejala berikut:

  • Nyeri di pangkal ibu jari, tepat di atas kedua tendon.
  • Bengkak dan nyeri di pangkal ibu jari.
  • Bengkak dan nyeri di sisi pergelangan tangan.
  • Kesulitan menggerakkan ibu jari dan pergelangan tangan saat ingin mencubit atau menggenggam sesuatu.

Gejala-gejala di atas bisa terjadi secara bertahap atau muncul secara tiba-tiba. Bila kondisinya dibiarkan berlangsung lama tanpa diobati, rasa sakit dapat menjalar ke ibu jari atau lengan bawah. Karena itu, segera kunjungi dokter dengan buat janji di rumah sakit pilihan kamu dengan menggunakan aplikasi Halodoc.


Cara Mengatasi Penyakit de Quervain

Pengobatan penyakit de Quervain bertujuan untuk meredakan peradangan dan nyeri pergelangan tangan, serta mencegahnya kambuh kembali. Bila kamu memulai pengobatan lebih awal, gejala penyakit tersebut biasanya dapat membaik dalam 4-6 minggu. Berikut pilihan pengobatan untuk mengatasi penyakit de Quervain:

  • Pemberian obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau naproxen untuk meredakan pembengkakan.
  • Pemberian suntikan steroid ke selubung yang mengelilingi tendon. Bila pengobatan ini dilakukan dalam 6 bulan setelah gejala awal muncul, maka kamu mungkin dapat pulih sepenuhnya tanpa perlu pengobatan lagi.
  • Pemasangan belat atau bidai, serta terapi fisik. Dokter mungkin akan memasangkan bidai untuk menahan ibu jari dan pergelangan tangan agar tidak bergerak. Kamu perlu menggunakannya sepanjang hari selama 4-6 minggu.

Kamu mungkin juga akan diberikan terapi untuk melatih kamu membangun kekuatan di pergelangan tangan, tangan, dan lengan.

Baca juga: Jenis Terapi untuk Atasi Kondisi Tendinitis

  • Operasi. Bila cara-cara di atasi tidak berhasil mengatasi keluhan, dokter mungkin akan merekomendasikan operasi. Dalam prosedur ini, dokter akan melepaskan selubung tendon, sehingga tendon dapat digerakkan dengan lancar.

Setelah menjalani operasi tendon, kamu biasanya boleh segera pulang. Namun, kamu perlu menemui ahli terapi fisik lagi untuk latihan pasca operasi untuk memperkuat ibu jari dan pergelangan tangan kamu. 

Untuk meredakan nyeri dan peradangan, serta membantu proses pemulihan, kamu bisa melakukan perawatan rumahan berikut:

  • Kompres area yang mengalami peradangan dengan kompres dingin.
  • Hindari melakukan kegiatan apa pun yang memperburuk kondisi pergelangan tangan dan ibu jari.
  • Kenakan belat atau bidai selama anjuran dokter.
  • Lakukanlah latihan pergerakkan tangan secara rutin.

Baca juga: Cegah Nyeri Pergelangan Tangan dengan 4 Cara Ini

Itulah penjelasan mengenai penyakit de Quervain yang dapat menyebabkan nyeri pergelangan tangan. Jangan lupa download Halodoc yang dapat memberi solusi kesehatan untukmu kapan saja dan di mana saja.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. De Quervain's tenosynovitis.
WebMD. Diakses pada 2020. What’s de Quervain's Tenosynovitis?