19 December 2018

Penyebab Pusing Berkepanjangan dan Cara Penanganannya

pusing berkepanjangan

Halodoc, Jakarta - Kamu pasti pernah merasakan pusing yang begitu hebat. Namun, bagaimana jika yang dirasakan adalah pusing berkepanjangan? Apakah ini merupakan suatu indikasi dari penyakit yang berbahaya? Sakit kepala yang dirasakan bisa jadi sangat mengganggu, apalagi jika kondisi ini terjadi secara berkepanjangan.

Sakit kepala berkepanjangan juga disebut dengan sakit kepala kronis. Kondisi ini ditandai dengan sakit kepala yang berlangsung minimal 15 menit dalam satu bulan, dan terjadi selama tiga bulan berturut-turut. Kondisi ini dikelompokkan berdasarkan penyebabnya. Sakit kepala berkepanjangan ini dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu:

  • Sakit kepala kronis primer, yaitu sakit kepala murni sebagai tanda adanya penyakit lain yang mendasari terjadinya sakit kepala.

  • Sakit kepala non-primer, yaitu sakit kepala kronis yang terjadi akibat dari penyakit lain yang mendasari.

Banyak kasus sakit kepala kronis primer yang tidak diketahui penyebabnya. Namun pada sakit kepala kronis non-primer, memiliki beberapa kemungkinan penyebab. Antara lain peradangan, infeksi, maupun gangguan pembuluh darah pada otak, cedera, tumor otak, dan gangguan tekanan pada otak. Berikut ini merupakan beberapa penyakit yang dapat memicu terjadinya sakit kepala kronis non-primer, antara lain:

  • Migrain Kronis

Migrain ini terjadi pada seseorang yang pernah mengalami migrain sebelumnya. Gejala dapat berupa sakit pada satu atau dua sisi kepala, kondisi ini dapat mengakibatkan sakit yang begitu luar biasa dengan sensasi berdenyut pada sisi kepala yang terkena migrain.

  • Hemicrania Continua

Kondisi ini ditandai dengan sakit kepala di salah satu sisi kepala, terjadi setiap hari dan secara terus-menerus dengan intensitas yang naik turun. Kondisi ini bisa diiringi dengan gejala mata merah atau berair pada salah satu sisi yang terasa sakit, hidung berair dan tersumbat, serta menurunnya kelopak mata atau pembesaran pupil mata.

  • Sakit Kepala yang Baru Timbul dan Terjadi Secara Terus-menerus

Sakit kepala jenis ini biasa muncul secara mendadak. Dengan gejala sakit kepala yang menekan atau kepala terasa mengencang. Rasa sakitnya mulai dari ringan hingga menengah, tanpa dipengaruhi oleh aktivitas tertentu.

  • Sakit Kepala Akibat Tekanan di Dalam Rongga Kepala

Kondisi ini dapat dipicu karena adanya tumor otak, kista, atau volume cairan otak yang meningkat, sehingga tekanan di kepala pun ikut meningkat. Gejala yang timbul dapat berupa sakit kepala yang muncul secara tiba-tiba, serta diiringi dengan gangguan saraf lain seperti muntah.

Kamu bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini untuk menangani timbulnya pusing berkepanjangan yang kamu alami. Penanganan dapat berupa:

  • Minimalisir stres.

  • Batasi aktivitas fisik yang berat dan jangan terlalu lelah.

  • Beristirahat dengan cukup, dan atur waktu tidur selama 7-9 jam setiap malam.

  • Minum cukup air putih 2-3 liter sehari untuk mencegah dehidrasi.

  • Hindari konsumsi kafein, alkohol, dan rokok.

  • Makan secara teratur, karena terlambat makan dapat memicu terjadinya pusing.

  • Berolahraga secara rutin.

  • Hindari paparan sinar matahari terik yang berlebihan.

Bila kamu telah mengikuti cara di atas untuk menangani timbulnya pusing berkepanjangan yang kamu alami, tetapi keluhan terus berulang dan tidak kunjung sembuh, kamu disarankan untuk berdiskusi dengan dokter. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana pun. Setelah berdiskusi dengan dokter, kamu bisa langsung membeli obat yang kamu butuhkan, dan pesanan kamu akan diantar ke tempat dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!

Baca juga: