Ketahui Penyebab Tulang Mata Terasa Nyeri

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Penyebab Tulang Mata Terasa Nyeri

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu merasakan tulang mata nyeri dan berdenyut? Bisa jadi ini tidak hanya sekadar lelah melainkan tanda kalau kamu mengidap penyakit mata tertentu. Selain merasakan tulang mata nyeri, beberapa gejala penyakit mata lainnya adalah rasa terbakar, sensasi menusuk tajam di area mata, mata seperti ditekan benda tumpul, dan benda kasar.

Rasa sakit pada mata bisa juga diiringi dengan sakit kepala, sakit sinus, nyeri pada gigi dan migrain. Ada beberapa penyebab penyakit mata yang perlu diketahui, yaitu:

  1. Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah penyakit mata umum yang biasanya dipicu oleh alergi, paparan bakteri, bahan kimia, ataupun radang virus pada konjungtiva (selaput halus yang melapisi kelopak mata dan menutupi bola mata).

Nyeri pada konjungtivitis biasanya ringan atau bahkan tidak ada gejala sama sekali. Tanda-tanda visualnya adalah mata merah, kerap merasakan gatal, dan membuat mata lebih sensitif.

Baca juga: 7 Penyakit Tak Biasa pada Mata

  1. Luka Kornea

Biasa juga dikenal dengan ulserasi kornea, merupakan kondisi umum yang menyebabkan nyeri mata. Kornea adalah permukaan mata yang transparan. Luka kornea bisa terjadi akibat goresan pada permukaan kornea, seperti trauma, masuknya benda asing di mata, ataupun terlalu sering menggunakan lensa kontak. Ulserasi terjadi dari infeksi primer kornea atau lecet yang terinfeksi.

  1. Luka Bakar kimia dan Luka Bakar Cepat

Bisa menjadi penyebab signifikan nyeri mata. Luka bakar bahan kimia ini berasal dari paparan mata terhadap zat asam atau basa, seperti pembersih rumah tangga atau pemutih. Luka bakar flash terjadi dari sumber cahaya yang intens, misalnya pengelasan busur atau sinar ultraviolet dari tanning booth, ketika pelindung mata yang tidak tepat dipakai. Bahkan, hari yang cerah dapat menyebabkan kilatan kornea terbakar dari sinar ultraviolet yang dipantulkan.

  1. Blepharitis

Kondisi ini dapat menyebabkan sakit mata ketika peradangan pada kelopak mata disebabkan oleh kelenjar minyak yang menempel di tepi kelopak mata.

Baca juga: Jarang Disadari, Ini 5 Hal yang Bisa Bikin Mata Bintitan

  1. Tembel atau Chalazion

Situasi ini menyebabkan sakit mata karena iritasi lokal dan menjadi pemicu benjolan yang bisa kamu lihat atau rasakan di dalam kelopak mata. Benjolan tersebut merupakan hasil dari kelenjar minyak yang tersumbat di dalam kelopak mata. Benjolan ini menyebabkan iritasi pada mata, bisa sangat menyakitkan saat disentuh, dan dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa.

  1. Glaukoma

Glaukoma disebabkan oleh peningkatan tekanan intraokular, ataupun tekanan mata internal, yang pada akhirnya dapat menyebabkan cacat dalam penglihatan dan bahkan kebutaan jika dibiarkan tidak diobati. Tekanan intraokular dapat meningkat karena penyumbatan aliran keluar atau peningkatan produksi aqueous humor (cairan yang membasahi mata bagian dalam). Ini biasanya kerap dialami pada lansia.

Baca juga: Adakah Perbedaan Antara Blefaritis dan Bintitan?

  1. Peristiwa Traumatis

Peristiwa traumatis seperti luka tembus pada mata, pukulan pada mata dengan benda asing, dan tabrakan kendaraan bermotor, adalah penyebab rasa sakit dan cedera mata yang signifikan. Goresan pada kornea biasanya terkait dengan peristiwa traumatis yang sangat menyakitkan. Ini adalah masalah mata umum yang membuat seseorang merasakan nyeri intens pada mata.

Untuk informasi lebih jelas mengenai penyebab tulang mata terasa nyeri, segera periksakan langsung di rumah sakit dengan dokter pilihanmu sesuai domisili melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store.