• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perawatan Ala Korea untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Perawatan Ala Korea untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Perawatan kulit ala Korea memang tengah naik daun selama beberapa tahun terakhir. Melihat rata-rata wanita Korea yang punya kulit sehat, baik wanita maupun pria di Indonesia menjadi tertarik untuk mencoba perawatan kulit ala Korea. Ternyata, tidak cukup sulit untuk mendapatkan kulit sehat dan cerah seperti orang Korea. Perawatan kulit ala Korea ini juga terkenal cukup praktis, lho!

Kalau tertarik memiliki kulit yang sehat dan mulus seperti orang korea, berikut pola hidup sehat ala Korea agar kesehatan kulit tetap terjaga:

Baca juga: Supaya Cantik Maksimal, Ikuti Urutan Skincare Korea Ini

1. Terapkan Aturan 10 Detik

Orang Korea selalu menerapkan aturan 10 detik saat melakukan perawatan kulit. Misalnya, setelah mandi dengan air panas, sebaiknya kamu harus segera mengoleskan pelembap dalam 10 detik. Ini karena, semakin lama kamu menunggu, kulit akan semakin dehidrasi. Jadi, semakin cepat menggunakan produk, kamu bisa mengunci kelembapan kulit secepatnya.

2. Rutin Menggunakan Sheet Mask

Sheet mask adalah jenis masker yang sangat populer asal Korea. Masker ini telah terbukti melembapkan, mengelupas, mencerahkan, dan mengatasi hampir semua masalah kulit yang kamu alami. Sheet mask pun kini tersedia dalam berbagai varian yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan kulit kamu. Misalnya, kalau wajah ingin terlihat cerah kamu bisa memilih sheet mask dengan varian rice. Nah, jika kamu punya kulit yang berjerawat, kamu bisa memilih sheet mask green tea karena bersifat antibakteri.

3. Pijat Wajah

Hingga saat ini, sudah banyak teknik memijat wajah yang bertujuan untuk kecantikan. Namun, dari sekian banyak teknik, teknik pijat ala Korea termasuk salah satu yang paling terkenal. Untuk melakukannya, gunakan buku-buku jari atau ujung jari untuk memijat otot dan jaringan di bawah kulit. Pijatan ini bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi darah, sehingga oksigen mengalir melalui wajah.

Alhasil, wajah pun tampak lebih bersinar dan bercahaya. Memijat setiap hari juga membantu mengencangkan otot wajah untuk membantu melawan keriput dan mencegah penuaan kulit seiring bertambahnya usia. 

4. Tepuk-Tepuk Wajah

Selain memijat wajah, tepuk-tepuk wajah juga termasuk teknik yang sangat populer di Korea. Mengikuti logika yang sama dengan pijat wajah, wanita di Korea sering menampar atau menepuk wajah mereka sekitar 50 kali setelah menyelesaikan perawatan kulit harian guna melancarkan sirkulasi darah dan menguatkan otot wajah.

Baca juga: Alasan Psikologis Kenapa Drama Korea Begitu Digemari

5. Double Cleansing

Double cleansing atau pembersihan ganda langkah pertama dari proses 10 langkah perawatan kulit ala korea. Double cleansing ini sangat penting kamu lakukan, terlebih jika kamu tipe orang yang menggunakan make up setiap hari. Pertama, pastikan kamu menghapus riasan terlebih dahulu dengan pembersih berbasis minyak atau micellar water. Setelah itu, kamu harus membersihkan wajah untuk kedua kalinya dengan sabun wajah dan air untuk memastikan wajah benar-benar bersih dari sisa make up maupun debu yang menempel. 

6. Konsumsi Ginseng

Ginseng adalah salah satu bahan yang sering digunakan untuk perawatan kulit wanita Korea sejak dahulu. Alasan kenapa ginseng sering dijadikan bahan skin care Korea adalah karena sifat anti-penuaannya. Namun, sebelum dicampur untuk bahan skin care, para wanita Korea terdahulu lebih sering mengonsumsi teh ginseng atau menggunakan ginseng sebagai makanan pokok dalam masakan Korea. 

Ginseng sangat bagus untuk membantu detoksifikasi kulit, mengandung banyak antioksidan dan menghilangkan polutan. Jadi, kalau kamu ingin mendapatkan manfaat ini, mungkin kamu bisa memilih skin care yang mengandung ginseng atau mengonsumsinya dalam bentuk teh maupun makanan.

Baca juga: 3 Drama Korea Ini Mengangkat Kisah Kepribadian Ganda

Jika kamu mengalami permasalahan kulit dan kesulitan untuk mengatasinya, kamu bisa menghubungi dokter spesialis kulit lewat aplikasi Halodoc untuk bertanya soal perawatan kulit yang aman dan cocok untuk kondisi yang kamu alami. Enggak perlu repot ke rumah sakit, lewat Halodoc kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi:
Shape. Diakses pada 2020. Korean Skin Care Habits Every Woman Should Adopt.
Self. Diakses pada 2020. I Tried a 10-Step Korean Skin-Care Regimen for a Week, and Here Are the Results.