Begini Perkembangan Bahasa Anak di Usia 1 hingga 4 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Begini Perkembangan Bahasa Anak di Usia 1 hingga 4 Tahun

Halodoc, Jakarta – Melihat tumbuh kembang Si Kecil adalah kebahagiaan bagi orangtua. Usia 1-4 tahun bisa dibilang adalah masa-masa emas karena perkembangan Si Kecil akan terlihat signifikan. Nah, kemampuan berbahasa Si Kecil nantinya berkembang seiring dengan perkembangan biologisnya. Selain perkembangan biologis, perkembangan bahasa juga tidak kalah penting. Bahasa merupakan sarana penting untuk berkomunikasi dengan orang lain sampai mengekspresikan pemikirannya.

Baca Juga: Ini Perkembangan Ideal Anak dari 1 – 3 Tahun

Bukan cuma perkembangan biologis, berikut ini tahap perkembangan bahasa pada anak usia 1-4 tahun yang perlu orangtua ketahui:

  1. Usia 1 Tahun

Normalnya, bayi yang sudah menginjak satu tahun mampu mengucapkan beberapa kata. Walaupun kosakatanya terbatas, tetapi orangtua dapat membantunya berkembang dengan mengajaknya bicara setiap hari. Pada usia ini, bayi biasanya sudah bisa mengucapkan “mama” atau  “dada” maupun kata yang berulang lainnya. Si Kecil juga mampu meniru suara-suara yang terdengar dari orang lain di sekitarnya. Bahkan di usia ini, Si Kecil mampu berkomunikasi untuk mendapatkan apa yang diinginkannya dengan menunjuk atau melihat ke arah suatu objek. 

Bayi juga harus bisa mengikuti mata orangtuanya dan melihat ke mana arah orangtua melihat. Tindakan responsif ini lebih penting daripada berapa banyak kata yang bisa diucapkan Si Kecil. Selain responsif, bayi berumur satu tahun umumnya mampu mengikuti arahan dan perintah  sederhana, seperti mengangkat tangannya ketika orangtua atau orang lain mengatakan minum susu, menyerahkan mainan, dan menghentikan apa yang sedang dilakukannya. 

  1. Usia 2 Tahun

Di usia dua tahun, anak mampu menggunakan sekitar 50 kata secara teratur, contohnya nenek, kakek, jus dan lain-lain. Orangtua tidak perlu khawatir apabila bentuk kalimat yang diucapkan Si Kecil tidak beraturan. Meski kalimatnya tidak terdiri dari SPOK, apa yang ia katakan umumnya masih bisa dimengerti sepenuhnya. Di usia ini, anak mulai memahami konsep "aku" dan "kamu", meskipun Si Kecil tidak selalu menggunakan kata-kata tersebut dengan benar. 

Misalnya, anak mungkin menyebut Ayah sebagai "dia" dan dirinya sebagai "kamu." Hal ini wajar terjadi dan akan lancar seiring berkembangnya waktu. Anak berusia dua tahun mampu menunjuk ke arah hidung, mata, mulut, dan sebagainya. Si Kecil juga dapat menunjuk ke gambar benda yang benar ketika ditanya. 

Baca Juga: 4 Gangguan Perkembangan Anak yang Harus Diwaspadai

  1. Usia 3 Tahun

Anak yang telah menginjak 3 tahun mampu berbicara dengan jelas dalam kalimat sederhana. Orantua juga sudah bisa bercakap-cakap dengan Si Kecil ketika dia juga mampu mengajukan pertanyaan atau memberitahu orang tua dengan kalimat yang lengkap. Anak juga hampir mengetahui semua yang ingin ia identifikasi dan harus bisa meminta atau menunjukkan objek secara lisan. Anak juga harus bisa bertindak sesuai yang diarahkan atau diperintahkan orangtua. 

  1. Usia 4 Tahun

Di usia 4 tahun, Si Kecil telah mampu berbicara dengan jelas dalam kalimat yang lebih kompleks. Ia mampu untuk memberi tahu seluruh cerita, contohnya hal-hal mengesankan yang dilakukannya di sekolah. Si Kecil juga bisa mengidentifikasi warna, bentuk, dan huruf. Anak berusia empat tahun mungkin belum tahu waktu, tetapi ia harus memahami konsep sederhananya, seperti sarapan di pagi hari, makan siang di siang hari dan makan malam di malam hari. 

Baca Juga: 3 Manfaat Tidur Siang bagi Perkembangan Anak

Anak juga sudah bisa diperintah untuk hal-hal yang lebih kompleks, seperti merapikan mainan, menggosok gigi, dan naik ke tempat tidur. Anak juga harus bisa mengungkapkan keinginan dan kebutuhannya sendiri, contohnya membuat permintaan seperti ingin makan permen atau menonton kartun.  Apabila di usia ini Si Kecil masih belum bisa mengikuti instruksi atau sepertinya tidak mengerti apa orangtua katakan, bicarakan dengan dokter segera. Sebelum memeriksakan Si Kecil ke dokter, ibu dapat memesan janji dengan dokter terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc. 

Referensi :
Parents. Diakses pada 2019. Language Development Milestones: Ages 1 to 4.
Raising Children. Diakses pada 2019. Language development in children: what you need to know.