Perkembangan Janin Usia 12 Minggu

Perkembangan Janin Usia 12 Minggu

Halodoc, Jakarta – Selamat datang di minggu terakhir pada trimester pertama. Ibu pasti senang mengetahui bahwa setelah trimester pertama ini, risiko keguguran menurun secara signifikan. Janin juga sudah bisa melakukan lebih banyak hal di usia 12 minggu ini, salah satunya adalah menekuk jari jemari tangan dan kakinya yang mungil.

Sedangkan perubahan yang terjadi pada diri ibu adalah perutnya kini sudah mulai terlihat membesar, apalagi bila mengandung bayi kembar. Yuk, simak perkembangan janin di usia 12 minggu di sini.

Janin ibu sudah bertambah semakin besar lagi di minggu keduabelas ini. Kini, ukuran tubuh Si Kecil sudah sebesar buah jeruk dengan berat sekitar 15 gram dan panjang badan dari kepala sampai kaki sekitar 5 sentimeter. Wajah janin pun sudah lebih mirip manusia. Matanya yang semula muncul di bagian sisi kepala, kini sudah bergeser menjadi lebih rapat. Kuku tangan dan kakinya pun mulai terbentuk.

Pada perkembangan janin di usia 12 minggu, ia akan mulai mengembangkan refleks. Bila ibu menjalani pemeriksaan USG, bisa melihat Si Kecil menggerakan tangan dan kaki mungilnya. Bahkan, Si Kecil sekarang bisa menekuk jari-jari tangan dan kakinya serta membuka dan menutup genggaman tangan mungilnya. Meskipun janin sudah bisa bergerak-gerak di dalam rahim, namun ibu mungkin belum terlalu bisa merasakannya.

Selain itu, janin akan mengalami pertumbuhan pesat yang  akan berfokus pada organ dan jaringan. Otak Si Kecil dalam kandungan akan terus berkembang. Begitu juga dengan pita suara dan usus juga akan mulai terbentuk pada usia 12 minggu kehamilan.

Ginjal janin pun sudah mulai bekerja di minggu ini. Setelah menyerap nutrisi dari cairan ketuban, tubuh janin bisa menyaring dan mengeluarkan kotoran dalam bentuk urine. Tidak ketinggalan juga, indra pengecap Si Kecil sedang bertumbuh dengan cepat.

Perubahan dalam Tubuh Ibu pada Usia 12 Minggu Kehamilan

Di minggu keduabelas usia kehamilan, ibu hamil mungkin akan lebih percaya diri karena kulitnya berubah menjadi lebih halus dan bercahaya. Penyebab perubahan pada penampilan ini adalah karena aliran darah dan aktivitas hormon meningkat selama masa kehamilan. Peningkatan hormon dan aliran darah ke pembuluh darah ini akan menyebabkan aktivitas kelenjar minyak juga meningkat. Kondisi ini bisa membuat wajah ibu hamil lebih merona dan kulit lebih kencang dan halus, namun kadang-kadang juga bisa menyebabkan jerawat.

Baca juga: 8 Tips Bagi Ibu Hamil untuk Merawat Kecantikan

Selain itu, di penghujung trimester pertama ini, ibu mungkin perlu mengenakan baju hamil atau pakaian yang lebih longgar. Ini karena perut ibu akan semakin besar seiring janin yang semakin berkembang, sehingga baju yang biasa dikenakan mungkin sudah tidak akan muat lagi.

Gejala Kehamilan di Usia 12 Minggu

Berikut beberapa gejala kehamilan yang mungkin akan ibu alami di usia 12 minggu:

  • Tanda kehamilan, seperti perubahan warna kulit atau yang biasa disebut dengan kloasma atau melasma mungkin akan muncul di minggu keduabelas ini.

  • Perubahan hormon membuat otot perut ibu menjadi kurang aktif, sehingga akan sulit buang air besar dan semakin sering mengeluarkan gas. Untuk mengatasi hal ini, minumlah air yang banyak dan konsumsi buah-buahan agar pencernaan tetap lancar dan ibu terhindar dari konstipasi.

Baca juga: Cara Atasi Susah BAB Pada Ibu Hamil

Perawatan Kehamilan di Usia 12 Minggu

Pada saat ini, janin belum membutuhkan banyak nutrisi, sehingga berat badan ibu mungkin tidak mengalami penambahan yang signifikan. Tapi, setelah melewati masa tiga bulan kehamilan, kebutuhan bayi akan air, energi, dan nutrisi menjadi lebih besar. Jadi, ibu sebaiknya mempersiapkan pola makan dan gaya hidup tertentu untuk menaikkan berat badan secara stabil. Ibu juga bisa minta saran dari dokter kandungan untuk mengatur peningkatan berat badan.

Baca juga: Cara Agar Bumil Dapat Tingkatkan Berat Badan

Untuk mengatasi kulit yang berjerawat atau gatal, ibu bisa menggunakan losion calamine yang bisa membantu meringankan. Tapi, bila masalah kulit semakin parah, ibu bisa minta perawatan khusus dari dokter.

Nah, itulah perkembangan janin di usia 12 minggu. Ibu juga bisa bertanya-tanya tentang masalah apa saja selama kehamilan maupun minta saran kesehatan dari dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc, lho. Ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.