• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini 5 Cara Mengatasi Demam Anak Di Rumah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini 5 Cara Mengatasi Demam Anak Di Rumah

Perlu Tahu, Ini 5 Cara Mengatasi Demam Anak Di Rumah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 Juli 2022

“ Ada beberapa cara mengatasi demam anak di rumah yang penting untuk ibu ketahui. Mulai dari mengompres anak, mengatur suhu ruangan, hingga memberikan cukup cairan untuk mencegah dehidrasi.”

Perlu Tahu, Ini 5 Cara Mengatasi Demam Anak Di RumahPerlu Tahu, Ini 5 Cara Mengatasi Demam Anak Di Rumah

Halodoc, Jakarta – Demam pada anak sering kali membuat orang tua khawatir, apalagi bila akses ke rumah sakit sulit didapatkan saat itu. Nah, inilah pentingnya bagi orang tua untuk mengetahui cara mengatasi demam anak di rumah. 

Lantas, bagaimana sih cara mengatasi demam anak di rumah dengan efektif?

Cara  Mengatasi Demam Anak Di Rumah

Ukuran suhu tubuh bukanlah satu-satunya faktor apakah demam perlu dikhawatirkan atau tidak. Orang tua juga perlu mengamati seberapa nyaman anak saat ia demam.

Jika anak demam dan aktif, orang tua mungkin tidak perlu terlalu khawatir atau memberikan obat. 

Namun, penting untuk memantau asupan makanan dan cairan, serta pola buang air kecil anak. Jika hal tersebut normal, maka tidak perlu panik atau terburu-buru ke dokter. Cukup amati tanda-tanda pemulihan pada dirinya.

Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi demam anak yang bisa dilakukan orang tua di rumah:

  1. Sesuaikan Suhu Ruangan

Saat suhu tubuh Si Kecil meningkat, ia akan merasakan panas dari dalam sehingga ia akan merasa tidak nyaman. Wajar jika anak menjadi rewel dan sering menangis. Nah, dalam kondisi ini orang tua perlu membuat suhu ruangan menjadi sejuk. Misalnya dengan menyalakan pendingin ruangan, kemudian atur agar suhu ruangan tidak terlalu dingin ataupun panas.

  1. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Coba perhatikan demam yang dialami Si Kecil. Pemilihan pakaian harus disesuaikan dengan kondisi demam yang ia alami. Jika anak mengalami demam dengan gejala wajah tampak merah, maka sebaiknya kenakan pakaian berbahan katun yang tipis. Jenis pakaian ini lebih mudah menyerap keringat. Namun, jika Si Kecil demam menggigil atau kedinginan, maka sebaiknya kenakan pakaian yang tebal, lengkap dengan sarung kaki dan tangan.

  1. Ukur Suhu Tubuh Secara Teratur

Memantau kondisi anak yang demam sangat penting, misalnya dengan memeriksa suhu tubuh anak dengan termometer secara teratur. Dengan begitu orang tua dapat mengetahui, apakah demam Si Kecil sudah turun atau belum setelah diberikan perawatan. Ukur suhu tubuh Si Kecil dengan meletakkan termometer pada mulut, dahi, telinga, atau ketiak Si Kecil.

  1. Berikan Makanan yang Mudah Dicerna dan Cairan yang Cukup

Sama seperti orang dewasa, nafsu makan anak pun akan menurun saat tubuhnya terasa tidak nyaman. Maka itu, ibu harus memilih jenis makanan yang mudah ditelan dan dicerna, misalnya bubur dan sup. 

Sementara itu, jika anak masih ASI, maka pastikan ibu memenuhi asupan gizi agar kebutuhan Si Kecil juga terpenuhi. Perhatikan juga asupan cairan Si Kecil ketika tubuhnya demam. Sebab, saat demam akan terjadi penguapan cairan, sehingga tubuh lebih mudah dehidrasi.

  1. Kompres Anak

Sebaiknya gunakan air hangat untuk mengompres anak. Ibu juga bisa menggunakan handuk kecil untuk mengelap tubuh Si Kecil dengan air hangat untuk membuat tubuhnya nyaman.

Itulah yang perlu orang tua ketahui mengenai cara mengatasi demam anak di rumah. Jika gejala demam anak cukup mengkhawatirkan, segeralah temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Ibu juga bisa kok bertanya pada dokter anak melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Firstory Parenting. Diakses pada 2022. 14 Best Home Remedies for Fever in Children
WebMD. Diakses pada 2022. 14 Best Home Remedies for Fever in Children
Stanford’s Children Health. Diakses pada 2022. Fever in Children