Perlu untuk Diketahui, Inilah Stadium Kanker Hati

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Perlu untuk Diketahui, Inilah Stadium Kanker Hati

Halodoc, Jakarta – Dalam tubuh manusia, organ hati bertugas untuk membersihkan zat racun, misalnya dari konsumsi alkohol atau obat-obatan tertentu. Sebab jika dibiarkan, zat racun tersebut bisa mengontaminasi darah lalu memicu penyakit. Saat organ hati mengalami gangguan, maka proses ini pun akan terhambat dan organ hati tidak bisa bekerja secara maksimal. Salah satu jenis gangguan organ hati yang harus diwaspadai adalah kanker hati.

Kanker hati dibagi ke dalam beberapa stadium, tergantung pada kondisi tubuh, dan keparahan penyakit. Selain membedakan tingkat keparahan, stadium dalam penyakit kanker juga berguna untuk mengetahui pengobatan atau penanganan medis apa saja yang perlu didapat pengidap penyakit tersebut. Biar lebih jelas, yuk simak pembagian stadium kanker hati yang perlu diketahui! 

Baca juga: Mengenali Gejala Kanker Hati

Mengenal Stadium dalam Penyakit Kanker Hati  

Sebenarnya ada banyak sistem stadium untuk kanker hati, tetapi semua sistem stadium ini memiliki tujuan yang sama, yaitu menentukan rencana pengobatan atau perawatan medis selanjutnya. Salah satu sistem untuk menentukan stadium kanker hari berdasarkan sistem dari Barcelona Clinic Liver Cancer (BCLC). Berdasarkan sistem BCLC stadium kanker hati dibedakan menjadi 5 stadium, yaitu:

  • Stadium 0 (Tahap Sangat Awal)

Pada stadium 0 ini, kanker berukuran kurang dari 2 sentimeter, dan tidak terdapat gejala dan organ hati bekerja secara normal.

  • Stadium A (Tahap Awal)

Tumor yang ditemukan pada stadium A kanker hati ditemukan tumor tunggal berukuran berapapun atau ditemukan tidak lebih dari 3 tumor berukuran kurang dari 3 sentimeter. Kanker hati stadium A biasanya belum terlalu banyak menggerogoti organ ini, fungsi hati pun masih tergolong normal. 

Baca juga: Datang Diam-Diam, 4 Kanker ini Sulit Dideteksi

  • Stadium B (Tahap Menengah)

Tahap ini merupakan lanjutan dari kanker hati stadium A. Tidak jauh berbeda, pada stadium ini belum terjadi banyak perubahan, baik secara fungsi hati maupun jumlah sel tumor. Namun di tahap ini, biasanya sudah mulai ditemukan beberapa tumor besar di organ hati. Meski begitu, fungsi hati secara keseluruhan masih belum terganggu. 

  • Stadium C (Tahap Lanjut)

Kanker sudah mulai berkembang dan menyebar ke bagian tubuh lain pada stadium C. Kanker biasanya mulai ditemukan pada pembuluh darah, kelenjar getah bening, atau organ tubuh lainnya. Jika sudah memasuki stadium ini, biasanya kondisi tubuh pengidap akan mulai memburuk dan tampak tidak sehat. 

  • Stadium D

Stadium D merupakan tingkat paling parah kanker hati. Jika sudah memasuki stadium ini, sudah terjadi kerusakan hati yang berat, sehingga fungsi organ hati sudah sangat terganggu. Pada tahap ini, pengidap terlihat sakit berat dan memerlukan perawatan rumah sakit. Jika sudah memasuki stadium D, ukuran tumor yang ditemukan sudah tidak lagi menjadi acuan. 

Menjaga kesehatan tubuh sangat penting untuk menghindari gangguan hati seperti kanker hati, fatty liver, dan lainnya. Sebab tak dapat dimungkiri, hati masuk dalam daftar organ yang berperan penting dalam tubuh manusia. Jika mengalami masalah atau keluhan seputar organ ini, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. 

Baca juga: 10 Tanda Hepatitis yang Tidak Boleh Diabaikan

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menyampaikan keluhan awal kepada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat dan tips menjaga kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!