• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Masalah Otot Jantung

Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Masalah Otot Jantung

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Masalah Otot Jantung

“Masalah otot jantung dikenal juga sebagai kardiomiopati. Pengobatan dilakukan untuk meringankan gejala, mencegah kondisi semakin memburuk, dan menurunkan risiko komplikasi. Ada beberapa pilihan pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah otot jantung, seperti terapi, penggunaan obat-obatan, gaya hidup sehat, dan tindakan operasi.”

Halodoc, Jakarta – Jantung adalah organ tubuh yang sangat vital dan rentan mengalami gangguan jika tidak dijaga dengan baik. Otot jantung menjadi salah satu bagian jantung yang kerap mengalami gangguan kesehatan.

Masalah otot jantung dikenal sebagai kardiomiopati. Kondisi ini terbilang berbahaya karena tidak menyebabkan gejala apapun di awal masalah otot jantung. Gejala muncul setelah masalah otot jantung masuk pada tingkat yang cukup parah. 

Pemeriksaan lebih dini tentunya membuat pengobatan lebih mudah dilakukan hingga kondisi kesehatan benar-benar pulih. Yuk, cari tahu berbagai pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah otot jantung berikut ini.

Baca juga: Otot Jantung Bermasalah, Ini yang Disebut Kardiomiopati

Pilihan Pengobatan untuk Masalah Otot Jantung

Kondisi ini tidak menimbulkan gejala di awal masalah otot jantung terjadi. Namun, kondisi yang memasuki tingkat lebih parah menyebabkan gejala pada pengidapnya.

Di antaranya, seperti napas yang menjadi lebih pendek pada saat tidak melakukan aktivitas apa pun, pembengkakan pada area pergelangan kaki dan tangan, kesulitan saat posisi berbaring, kelelahan terus-menerus, dan pusing yang sering muncul.

Sebaiknya jangan abaikan jika kamu mengalami keluhan kesehatan yang terkait dengan masalah otot jantung. Segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebab keluhan kesehatan yang kamu alami.

CT Scan, MRI, elektrokardiogram, ekokardiogram, dan exercise stress test adalah pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mendiagnosis masalah otot jantung.

Lalu, apa pengobatan yang bisa dilakukan saat terdiagnosis mengalami masalah otot jantung? Pengobatan akan dilakukan untuk meringankan gejala, mencegah kondisi semakin memburuk, dan menurunkan risiko komplikasi.

Baca juga: Jenis-Jenis Gangguan pada Otot Jantung yang Perlu Diawasi

Berikut ini pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah otot jantung, yaitu:

  1. Penggunaan Obat-obatan

Pengobatan ini akan disesuaikan dengan kondisi kesehatan pengidap masalah otot jantung. Namun, pengobatan dengan obat-obatan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan jantung memompa darah, meningkatkan aliran darah, dan mencegah pembekuan darah.

  1. Terapi

Terapi menjadi salah satu pengobatan non bedah yang dilakukan untuk mengatasi masalah otot jantung. Septal ablation dan radiofrequency ablation menjadi teknik terapi yang digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan ini.

  1. Tindakan Operasi

Jika kondisi terbilang parah, tindakan operasi menjadi salah satu pengobatan yang bisa menjadi pilihan untuk mengatasi masalah otot jantung. Pengobatan ini menjadi pilihan saat semua pengobatan yang telah dilakukan tidak menunjukkan hasil yang efektif.

  1. Gaya Hidup Sehat

Pengidap masalah otot jantung juga perlu menjalankan gaya hidup sehat selama perawatan. Pilihan gaya hidup yang dilakukan memengaruhi perkembangan dari gangguan kesehatan yang dialami. Lakukan gaya hidup sehat ini untuk pencegahan penyakit yang lebih buruk, seperti:

  • Mengontrol berat badan.
  • Rutin berolahraga.
  • Mengonsumsi makanan sehat untuk jantung.
  • Membatasi asupan alkohol.
  • Mengelola tingkat stres.
  • Berhenti merokok.

Baca juga: Inilah Komplikasi Akibat Kardiomiopati

Itulah pengobatan dan perawatan yang bisa menjadi pilihan untuk mengatasi masalah otot jantung. Kamu bisa bertanya terlebih dahulu pada dokter sebelum melakukan berbagai jenis olahraga saat mengalami masalah otot jantung.

Selain itu, lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan konsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter agar kondisi kesehatan berangsur membaik. Kamu bisa gunakan Halodoc dan buat janji dengan rumah sakit terdekat agar pemeriksaan yang akan dilakukan berjalan dengan lancar. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Cardiomyopathy.

American Heart Association. Diakses pada 2021. Prevention and Treatment of Cardiomyopathy.

Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Cardiomyopathy.