Benarkah Plantar Fasciitis Dapat Diatasi dengan Pijatan?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Benarkah Plantar Fasciitis Dapat Diatasi dengan Pijatan?

Halodoc, Jakarta - Plantar fasciitis adalah kondisi menyakitkan yang memengaruhi tumit dan telapak kaki. Umumnya, gangguan ini sering dapat diobati dengan istirahat dan menempelkan es. Namun, dalam beberapa kasus, kondisi ini mungkin akan lebih parah, sehingga pengobatan tersebut tidak efektif.

Jika kamu mengidap gangguan dari plantar fasciitis yang konsisten dan kamu sedang mencari cara alami untuk menghilangkannya, cobalah untuk melakukan pijatan. Gangguan plantar fasciitis disebabkan oleh peradangan selubung fibrosa yang membungkus di sekitar telapak kaki yang disebut plantar fascia.

Plantar fascia adalah bagian yang menghubungkan tulang tumit dengan bola kaki, dan membentuk lengkungan kaki yang sangat penting untuk berdiri, berjalan, dan menopang berat tubuh. Ketika bagian tersebut meradang, hal tersebut dapat menyebabkan plantar fasciitis, yang menyebabkan nyeri pada tumit dan kaki.

Meskipun hal itu dapat terjadi pada siapa saja, kamu lebih mungkin mendapatkannya jika melakukan kegiatan, seperti joging, menari, atau bermain bola. Jika kamu telah mengalami nyeri tajam pada tumit atau lengkung, terutama yang pertama di pagi hari atau selama periode tidak aktif, kemungkinan besar kamu mengidap gangguan ini.

Baca Juga : 4 Latihan untuk Mengobati Plantar Fasciitis

Gerakan Pijatan untuk Mengatasi Plantar Fasciitis

Sudah umum apabila pijatan dapat membantu untuk meredakan semua jenis rasa sakit dan nyeri yang terjadi pada tubuh, termasuk juga nyeri tumit dikarenakan plantar fasciitis.

Dengan cara pijatan, kamu dapat menstimulasi aliran darah, meningkatkan sirkulasi, memecah adhesi dan jaringan parut, mengurangi sinyal nyeri dari ujung saraf, serta meregangkan otot-otot yang kencang dan kaku yang menyebabkan plantar fasciitis.

Secara umum, pijatan yang dilakukan pada kaki tersebut memusatkan pada bagian pangkal tumit, yaitu tempat ligamen plantar fascia bertemu dengan tulang tumit. Gerakan yang umum dilakukan adalah memutar bagian tersebut dengan ibu jari. Berikut adalah beberapa langkah untuk memijat plantar fasciitis:

1. Lengkapi Perlengkapan untuk Memijat

Kamu harus memenuhi perlengkapan yang harus digunakan ketika memijat agar lebih berdampak dan tidak menyebabkan gangguan lainnya. Bawalah handuk tipis dan minyak untuk memijat, seperti baby oil. Minyak tersebut agar pijatan yang dilakukan menjadi lebih mudah walau dengan gerakan yang sederhana.

Baca Juga : Ini 4 Cara Atasi Sakit Akibat Plantar Fasciitis

2. Menggunakan Alat Pijat Sederhana

Jika kamu melakukan pijatan sendiri, cobalah untuk mempertimbangkan penggunaan alat bantu lainnya, seperti botol air beku, bola golf, atau bola pijat khusus. Alat-alat ini dapat membantu kamu menargetkan tekanan lebih efektif dan mendapatkan pijatan yang lebih merata daripada yang mungkin dilakukan dengan tangan sendiri.

3. Hentikan saat Terasa Sakit

Saat kamu dipijat oleh orang lain, pastikan selalu untuk merasa nyaman. Lalu, ketika tekanan yang dilakukan terlalu besar atau sebuah gerakan menyebabkan rasa sakit, cobalah untuk bilang agar dihentikan. Saat nyeri disebabkan oleh plantar fasciitis terjadi, pijatan yang dilakukan harus lembut agar rasa sakit tidak timbul.

4. Jangan Berlebihan

Pijat yang dilakukan untuk meredakan plantar fasciitis harus berlangsung sekitar 5 hingga 15 menit per sekali pijat. Jika kamu memijat lebih lama, mungkin saja otot dan tendon di kaki kamu terpengaruh. Lebih baik untuk memijat dalam beberapa kali sehari dibandingkan satu kali tetapi dalam waktu yang lama.

Baca Juga : 2 Olahraga Ini Bantu Meredakan Plantar Fasciitis

Itulah pembahasan tentang pijatan yang dapat mengatasi plantar fasciitis. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan pada kaki tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!