• Home
  • /
  • Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Aterosklerosis

Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Aterosklerosis

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Aterosklerosis

Halodoc, Jakarta - Aterosklerosis adalah salah satu gangguan yang dapat terjadi pada jantung. Hal ini terjadi karena penyempitan pada pembuluh darah pengidapnya. Pengidap gangguan ini mengalami gangguan yang berbahaya hingga kematian jika sumbatan tersebut sudah terbilang parah. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara untuk mengatasinya.

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat agar gangguan aterosklerosis dapat menjadi lebih baik. Dengan begitu, tubuh kamu akan menjadi lebih sehat sehingga dampak-dampak buruk dapat dihindari. Berikut beberapa pola hidup sehat yang dapat kamu terapkan agar penyakit jantung dapat segera diatasi!

Baca juga: Bisa Jadi Pemicu Stroke, Waspada Gejala Aterosklerosis

Aterosklerosis Menjadi Lebih Baik dengan Pola Hidup Sehat

Aterosklerosis adalah terjadinya penumpukan plak di arteri yang menyebabkan pengerasan dan penyempitan. Hal tersebut umumnya berkembang secara perlahan selama beberapa tahun. Seseorang memiliki faktor risiko tersendiri terhadap gangguan ini. Beberapa hal terkadang tidak dapat diubah, seperti usia dan riwayat kesehatan.

Walau begitu, faktor-faktor lainnya yang dapat menyebabkan seseorang mengidap aterosklerosis dapat dihindari. Hal yang paling utama seseorang mengidap gangguan pada jantung tersebut adalah kebiasaan makan, rutinitas dalam berolahraga, hingga merokok. Maka dari itu, penting untuk menghindari beberapa kebiasaan buruk tersebut.

Selain menghentikan kebiasaan buruk tersebut, kamu juga dapat memulai pola hidup yang sehat agar aterosklerosis yang terjadi dapat diminimalisir hingga disembuhkan. Dengan begitu, komplikasi berbahaya yang mungkin terjadi dapat dihindari. Berikut beberapa pola hidup sehat yang dapat kamu terapkan:

  1. Berhenti Merokok

Hal utama yang dapat kamu lakukan agar aterosklerosis dapat diatasi adalah dengan berhenti dari kebiasaan merokok. Faktanya, semua risiko yang berhubungan dengan penyakit jantung dapat menurun dengan berhenti melakukan kebiasaan buruk ini. Zat kimia yang terdapat dalam rokok dapat masuk ke aliran darah, sehingga menyebabkan peradangan yang akhirnya berkembang menjadi aterosklerosis hingga memperparahnya. Dengan itu, berhentilah dari kebiasaan menghisap tembakau tersebut.

Baca juga: Hati-Hati Kolesterol Jahat Penyebab Aterosklerosis

  1. Menjalankan Diet Sehat

Diet adalah kebiasaan yang wajib dilakukan jika kamu mengidap aterosklerosis atau penyakit jantung lainnya. Kamu dapat menjalankan pola hidup sehat ini dengan mulai mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, ikan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, hingga biji-bijian. Selain itu, membatasi konsumsi natrium, makanan berlemak, hingga alkohol sangat penting dilakukan.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait pola hidup sehat untuk menghindari kekambuhan aterosklerosis, dokter dari Halodoc sangat siap untuk menjawabnya. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan untuk mendapat kemudahan akses kesehatan.

  1. Berolahraga Secara Rutin

Olahraga juga dapat membuat jantung lebih sehat sebagai pola hidup sehat untuk membuat aterosklerosis lebih baik. Dengan melakukan aktivitas fisik, otot tubuh dapat menggunakan oksigen menjadi lebih efektif, serta meningkatkan sirkulasi darah yang membuat pembuluh darah lebih sehat. Hal ini juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang merupakan faktor utama terjadinya penyakit pada pembuluh darah tersebut.

  1. Rajin Memeriksa Kesehatan

Sebagai pola hidup sehat yang terakhir, kamu dapat lebih rajin untuk memeriksakan kesehatan yang terkait dengan jantung. Dengan mengukur risiko tubuh terhadap aterosklerosis, kamu dapat meminimalisir kemungkinan gangguan untuk kambuh. Beberapa hal yang harus dipastikan ukurannya tetap normal adalah tekanan darah, kadar kolesterol darah, kadar glukosa, berat badan, hingga lingkar pinggang.

Baca juga: Kenapa Aterosklerosis Bisa Terjadi di Usia 20-an?

Pola hidup sehat tersebut dapat meredam aterosklerosis dan menjaga tubuh agar lebih sehat. Penerapan cara tersebut harus benar-benar rutin agar risiko tubuh mengalami kekambuhan dapat dihindari. Selain itu, kamu juga dapat menghindari penyakit-penyakit lainnya dengan rutinitas sehat tersebut.

Referensi:
NCBI. Diakses pada 2020. Anti-Inflammatory Diet for Atherosclerosis and Coronary Artery Disease: Antioxidant Foods
Everyday Health. Diakses pada 2020. What You Can Do to Prevent Atherosclerosis