• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Gangguan Immunodefisiensi

Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Gangguan Immunodefisiensi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Kalau mendengar kata imun, pasti yang langsung kamu pikirkan adalah imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Imun memang dibutuhkan untuk tubuh. Tanpa imun yang kuat, kamu pasti mudah terserang berbagai macam penyakit. Tapi, bagaimana jadinya kalau imun di dalam tubuh mengalami gangguan? 

Gangguan immunodefisiensi adalah gangguan imun primer atau defisiensi imun primer yang melemahkan sistem kekebalan tubuh pengidapnya. Kondisi ini memungkinkan seseorang mudah mengalami infeksi dan masalah kesehatan lainnya. Lantas, apakah kondisi ini bisa diobati? Bagaimana pola hidup yang harus dijalani oleh pengidapnya? Ini ulasannya.

Baca juga: 4 Tes untuk Diagnosis Gangguan Imunodefisiensi

Ikuti Pola Hidup Sehat Ini

Perawatan utama untuk menangani gangguan immunodefisiensi adalah pemberian antibiotik dan terapi imunoglobulin. Antiviral juga mungkin diperlukan, jika pengidapnya mengalami infeksi viral. Namun, menjalani pola hidup sehat adalah pengobatan utama yang harus dijalani pengidap gangguan immunodefisiensi seumur hidup.

Melansir dari National Jewish Health, berikut pola hidup sehat yang harus dijalani pengidap gangguan immunodefisiensi, yaitu:

  1. Menghindari Infeksi

Menghindari infeksi mungkin kedengarannya sulit. Tapi, mengingat gangguan immunodefisiensi menyebabkan pengidapnya rentan terserang infeksi, bakteri virus dan parasit, mereka harus melakukan langkah pencegahan ini. 

Dua tindakan utama untuk mengurangi risiko infeksi termasuk sering mencuci tangan dan menghindari kontak dekat dengan orang yang memiliki infeksi. Jika pengidap sedang minum obat untuk mencegah infeksi, penting untuk meminum semua dosis yang telah diresepkan.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Pola makan yang sehat mampu meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Tindakan yang sangat membantu memperkuat sistem kekebalan adalah mempertahankan berat badan yang sehat. Untuk mempertahankannya, pengidap sebaiknya rutin mengonsumsi biji-bijian, buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak dan produk susu.

Baca Juga: Benarkah Jarang Olahraga Picu Gangguan Imunodefisiensi?

Mengonsumsi suplemen multivitamin yang mengandung 100 persen RDA (Recommended Daily Allowance) juga membantu. RDA adalah jumlah minimum nutrisi yang dibutuhkan orang sehat setiap hari. Kalau kamu membutuhkan suplemen dan vitamin, kamu bisa membelinya lewat aplikasi Halodoc. Tidak usah repot pergi keluar rumah dan mengantre di apotek, tinggal pesan lalu obat akan diantar kurang lebih dalam satu jam.

  1. Istirahat yang Cukup

Tidur dan istirahat yang cukup memberi waktu tubuh dan sistem kekebalan untuk berkembang dan memperbaiki diri. Kegiatan yang tenang seperti membaca atau kerajinan tangan juga sangat membantu selama masa istirahat atau sakit.

  1. Rutin Berolahraga

Sudah bukan rahasia lagi kalau, olahraga teratur sangat berpengaruh pada kebugaran tubuh secara keseluruhan dengan meningkatkan fungsi jantung dan otot. Berjalan, berenang, dan bersepeda adalah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengidap gangguan immunodefisiensi.

Baca Juga: Cara Mencegah Gangguan Immunodefisiensi

Selain tips diatas, pengidap juga harus berhenti atau jangan memulai kebiasaan merokok. Selain itu, pengidap harus menghindari paparan asap rokok yang sama berbahayanya. Kurangi atau hindari minum alkohol yang bisa merusak hati. Selain itu, jangan lupa untuk memasak makanan sampai benar-benar matang untuk memastikan bakteri sudah mati.

Referensi:
National Jewish Health. Diakses pada 2020. Immune Deficiency Disorders: Lifestyle Management.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Primary immunodeficiency.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2020. How to boost your immune system.