Pola Makan Sehat untuk Mencegah Asam Lambung Kambuh

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
penyakit asam lambung, pola makan,

Halodoc, Jakarta - Rendahnya asam lambung pada tubuh biasanya disebabkan oleh tingginya kadar gula yang dikonsumsi. Terlalu banyak makan gula nyatanya dapat meningkatkan perkembangan bakteri jahat pada tubuh yang dapat menghalangi penyerapan vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya ke dalam tubuh. Selain itu, pola makan yang buruk hingga stres juga menjadi penyebab rendahnya asam lambung pada tubuh.

Waspadai gejala asam lambung rendah yang mungkin kamu alami. Hal ini menandakan tubuh kamu kekurangan asam. Akibatnya, makanan yang kamu konsumsi tidak akan terserap dengan baik. Tubuh yang kekurangan asam lambung juga membuat kamu kehilangan pertahanan dalam melawan bakteri jahat yang terkandung dalam makanan. Akibatnya, akan berdampak negatif pada sistem pencernaan.

Baca juga: Sembuhkan Asam Lambung dengan 5 Makanan Ini

Selain itu, ketidakmampuan lambung dalam memproses makanan juga dapat berakibat buruk pada masalah kesehatan mental. Misalnya seperti depresi, perasaan lesu, jerawat, rambut rontok pada wanita, osteoporosis, diare, sembelit, kelelahan kronis, kulit kering, dan sebagainya. Untuk itu, kamu perlu melakukan pola makan sehat agar bahaya asam lambung dapat dicegah. Berikut pola makan sehat yang sebaiknya kamu jalani:

  1. Disiplin Jam Makan

Banyaknya aktivitas yang harus dilakukan terkadang membuat kamu terlambat, bahkan lupa makan. Padahal, salah satu penyebab kambuhnya asam lambung adalah karena pola makan yang teratur. Maka itu, penting bagi kamu untuk selalu memperhatikan waktu makan kamu. Selain itu, kamu juga sebaiknya menghindari aktivitas makan dua jam sebelum tidur. Pasalnya, hal tersebut dapat memicu munculnya gejala asam lambung.

  1. Tidak Ngemil di Antara Waktu Makan

Hal ini dapat memberikan waktu yang cukup untuk tubuh kamu mencerna makanan dengan sempurna. Kebiasaan yang satu ini dapat membuat pencernaan kesulitan mencerna makanan yang terlalu banyak. Akibatnya, tubuh membutuhkan waktu yang cukup lama pula untuk mencerna makanan tersebut.

Baca juga: Pengidap Asam Lambung Harus Selalu Hindari Kopi, Benarkah?

  1. Perhatikan Porsi Makan

Cara mengatasi asam lambung lainnya adalah dengan memperhatikan porsi makan. Pasalnya, makan dalam porsi besar dapat memicu refluks. Untuk menghindari kelaparan, sebaiknya kamu makan lebih sering dan dalam porsi yang lebih kecil.

  1. Kunyah Makanan dengan Benar

Mengunyah makanan dengan baik dapat membantu enzim pencernaan mengolah dan mencerna makanan dengan lebih mudah.

  1. Hindari Minum Air Terlalu Banyak Saat Makan

Minum terlalu banyak air saat waktu makan dapat mencairkan asam lambung dan membuat makanan yang kamu makan lebih sulit untuk dicerna.

  1. Kurangi Kafein

Kandungan asam yang tinggi yang terdapat dalam kopi dapat menyebabkan kesempatan otot cincin kerongkongan (esophageal sphincter) untuk melemas menjadi berkurang. Akibatnya, kondisi tersebut memungkinkan asam lambung naik ke mulut. Hal ini menyebabkan terjadinya refluks asam lambung. Sama seperti kopi, teh (berkafein atau tidak) juga dapat memperburuk gejala maag.

Baca juga: Bukan Cuma Mag, Ini Penyebab Asam Lambung Naik

Asam pada lambung rentan naik setelah selesai makan. Selain menjadwalkan makan yang lebih teratur, kamu juga perlu lebih ketat dalam menyeleksi apa yang kamu makan setiap hari untuk mengatasi asam lambung. Salah memilih makanan justru dapat membuat asam lambung naik.

Berikut beberapa makanan untuk pengidap asam lambung yang baik dikonsumsi jika asam lambung sedang kambuh:

  • Pisang, memiliki tingkat keasaman yang rendah dengan kadar pH sekitar 4,5-5,2. Pisang mampu menetralisir asam di lambung dan membantu meringankan gejala.

  • Oatmeal, mengandung gandum utuh yang kaya akan serat, sehingga dapat membantu menyerap asam di lambung. Dengan begitu pun, isi lambung akan tercegah naik kembali.

  • Sayuran Hijau, seperti brokoli, kacang hijau, seledri, kol bayam, dan lainnya adalah pilihan makanan untuk asam lambung terbaik.

  • Jahe, memiliki sifat anti-radang alami yang baik sebagai perawatan sakit asam lambung dan masalah pencernaan lainnya.

  • Putih telur rebus juga merupakan pilihan yang baik sebagai makanan untuk pemilik asam lambung. Namun, kamu sebaiknya hindari kuning telur, karena mengandung lemak tinggi yang dapat memperparah kondisi kamu yang sedang sakit asam lambung.

  • Daging tanpa lemak, merupakan pilihan terbaik sebagai makanan untuk asam lambung. Konsumsilah dada ayam tanpa kulit dan daging merah tanpa lemak dengan cara dikukus, panggang, atau bakar.

  • Lidah buaya, dikenal sebagai penyembuh alami dan juga perawatan dari gangguan pencernaan, termasuk untuk GERD.

Itulah pola makan yang dapat kamu lakukan agar asam lambung tidak kambuh. Jika asam lambung masih saja kambuh, sebaiknya diskusikan dengan dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai tindakan terbaik. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat kamu terima dengan praktis dengan download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga!