• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pola Makan Vegan Bisa Mengurangi Nyeri Neuropati Diabetik 

Pola Makan Vegan Bisa Mengurangi Nyeri Neuropati Diabetik 

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Penyakit saraf sebenarnya bukan cuma menyoal stroke, Parkinson, atau meningitis saja. Masih banyak penyakit saraf yang bisa menyerang tubuh, salah satunya neuropati diabetik. Neuropati diabetik merupakan gangguan saraf akibat penyakit diabetes. 

Penyakit ini disebabkan ketika naiknya kadar gula darah pada pengidap diabetes. Nah, kondisi ini nantinya bisa melemahkan dinding pembuluh darah yang memberikan asupan oksigen dan nutrisi untuk sel saraf. Lalu apa dampaknya? Jelas, akan terjadi kerusakan dan gangguan pada fungsi saraf.

Penyakit ini ditandai dengan nyeri, kesemutan, atau mati rasa. Neuropati diabetik memang bisa terjadi pada saraf di bagian tubuh manapun, tetapi umumnya lebih sering menyerang saraf di kaki. 

Nah, bagaimana sih cara mengatasi keluhan seperti nyeri yang neuropati diabetik? Benarkah pola makan vegan bisa membantu mengatasinya? 

Baca juga: Sama Merusak Saraf, Ini Bedanya Neuropati Diabetik dan Stroke

Bukan Cuma Nyeri dan Kesemutan

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, tak ada salahnya untuk membicarakan keluhan atau gejala yang bisa ditimbulkan oleh penyakit. Seperti penjelasan di atas, penyakit ini lebih sering menyerang saraf kaki. 

Namun, sebenarnya tak hanya saraf kaki saja yang bisa terdampak, tetapi juga bisa pada saraf di sistem pencernaan, jantung, pembuluh darah, dan saluran kemih. Tuh, seram kan? 

Lalu, seperti apa saja gejala penyakit ini? Sebenarnya gejalanya sungguh beragam yang tergantung letak saraf yang terserang. Dalam kebanyakan kasus, gejalanya bisa berkembang secara bertahap. Nah, hal inilah yang membuat pengidapnya baru menyadari ketika sudah terjadi kerusakan saraf. 

Awalnya, pengidap neuropati diabetik akan merasakan nyeri, kesemutan, atau kram di bagian tungkai dan kaki. Lama-kelamaan bagian tersebut bisa mati rasa, baik terhadap nyeri maupun suhu.

Nah, berikut ini beberapa gejala lain neuropati diabetik yang bisa dialami oleh pengidapnya:

  • Penurunan libido.

  • Gangguan keseimbangan.

  • Disfungsi ereksi.

  • Jantung berdebar. 

  • Keringat yang berlebih atau malah berkurang.

  • Penglihatan buram atau penglihatan ganda.

  • Vagina kering.

  • Sulit menelan.

  • Gangguan berkemih, seperti sulit buang air kecil atau mengompol. 

Kembali ke tajuk utama, benarkah pola makan vegan bisa membantu mengatasi gejala nyeri pada pengidap neuropati diabetik?

Baca jugaPerlu Tahu, Ini Cara Diagnosis Neuropati Diabetik

Akibat Penurunan Berat Badan 

Pada dasarnya, terdapat beberapa cara untuk mengatasi keluhan atau gejala yang ditimbulkan neuropati diabetik. Selain melalui obat-obatan, pola makan vegan ternyata juga bisa membantu mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan neuropati diabetik. Lho, kok bisa? 

Menurut sebuah studi, pola makan vegan diduga dapat membantu orang-orang dengan kerusakan saraf yang berhubungan dengan diabetes untuk menurunkan berat badannya dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.

Diet vegan bebas dari semua produk hewani, termasuk telur dan susu. Mereka yang menjalani diet ini mendapatkan protein, lemak, dan semua nutrisi lain dari makanan, seperti kacang, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan minyak nabati.

Dalam studi tersebut, para peneliti menguji apakah diet vegan dapat membantu pengidap diabetes tipe 2 dengan kerusakan saraf, untuk mengurangi rasa sakit di bagian kaki dan tangan mereka. Lalu, bagaimana hasilnya?

Setelah lebih dari 20 minggu, 17 orang yang menjalani diet vegan kehilangan 15 pound (6,8 kilogram). Tak hanya itu saja yang terjadi pada tubuh mereka. Setelah diamati, ternyata aliran darah ke kaki mereka pun lebih meningkat dan rasa sakit akibat masalah saraf pun mereda. Kok bisa?

Ada dugaan bahwa penurunan berat badan dengan sendirinya dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit. Kehilangan lemak ekstra dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan meningkatkan mobilitas seseorang. Nah, kedua hal inilah yang dapat membantu meringankan rasa sakit saraf akibat diabetes. Selain itu, gula darah yang terkontrol merupakan kunci untuk mengurangi rasa sakit akibat neuropati diabetik. Nah, diet vegan ini juga diduga dapat mengendalikan kadar gula pengidap diabetes.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Diseases and Conditions. Diabetic Neuropathy. 
Healthline. Diakses pada 2020. Everything You Should Know About Diabetic Neuropathy.
Web MD. Diakses pada 2020.Vegan Diet Might Ease Diabetic Nerve Pain.