20 December 2018

Program Diet Paleo Bisa Sembuhkan Psoriasis, Benarkah?

Program Diet Paleo Bisa Sembuhkan Psoriasis, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Selama ini, diet atau mengatur pola makan identik dengan usaha untuk menurunkan berat badan. Namun belakangan ini, banyak yang menyebut bahwa menjalani pola diet tertentu bisa membantu mengatasi masalah kesehatan. Benarkah?

Ada anggapan yang beredar bahwa menjalani pola diet paleo bisa membantu mengatasi penyakit psoriasis. Penyakit jangka panjang yang masuk dalam jenis penyakit autoimun dan menyerang kulit ini bisa terjadi pada siapa saja. Psoriasis sering memicu gejala yang beragam, mulai dari bagian kulit yang memerah, terasa tebal, kering, dan bersisik, kulit pecah-pecah, kuku menebal dan memiliki tekstur yang tidak rata, serta sendi terasa bengkak dan kaku.

Untuk menyembuhkan penyakit ini, biasanya dilakukan dengan beberapa cara, seperti mengoleskan krim, salep, obat-obatan, dan terapi cahaya. Namun belakangan, masalah kulit yang satu ini juga disebut bisa diatasi dengan menerapkan diet paleo. Apa itu?

Kenali Program Diet Paleo

Diet paleo adalah satu dari sekian banyak jenis diet yang dipercaya bisa membawa dampak baik untuk tubuh. Cara diet ini juga dikenal dengan istilah “diet gua” yang artinya diet dengan menyerupai cara makan manusia yang hidup di dalam gua. Prinsip utama dan jenis makanan yang dianjurkan dalam metode diet ini adalah makanan yang didapatkan manusia gua dengan cara berburu, memancing, ataupun makanan yang sudah disediakan oleh alam.

Jenis makanan manusia gua yang dimaksud adalah daging, ikan, sayuran, buah-buahan, dan umbi-umbian. Kendati demikian, diet paleo bukan berarti meniru seratus persen menu dan cara makan manusia gua. Secara praktis, diet ini berarti cara makan yang menghindari konsumsi makanan olahan.

Meski hingga kini belum ada bukti ilmiah yang kuat terkait diet paleo untuk menyembuhkan psoriasis, tapi banyak yang mengaku mengalami penurunan gejala penyakit ini. Psoriasis merupakan jenis penyakit peradangan, karena  itu menerapkan cara makan yang “bersih” dan menjauhi makanan olahan diyakini dapat membantu. Sebab, jenis makanan sehat mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari terjadinya radang. Dengan kata lain, menjalani diet paleo atau pola makan yang sehat bisa membantu mengurangi munculnya gejala penyakit psoriasis.

Asupan Makanan untuk Pengidap Psoriasis

Nyatanya, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari agar lebih sehat. Makanan yang mengandung banyak lemak jenuh atau gula olahan diyakini dapat meningkatkan peradangan, serta memperparah gejala penyakit, termasuk psoriasis.

Maka dari itu, pengidap penyakit ini disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi jenis makanan sehat yang salah satunya bisa didapat dari pola diet paleo. Cara terbaik menjalaninya bagi pengidap penyakit psoriasis adalah meningkatkan asupan sayuran berdaun hijau gelap, makanan yang banyak mengandung minyak alami, sepeti alpukat, daging tanpa lemak dan ikan, mengurangi produksi susu, serta menjauhi biji-bijian.

Meski begitu, pastikanlah untuk selalu berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan menjalani diet paleo untuk mengatasi psoriasis. Hal itu penting untuk menghindari risiko terjadinya malnutrisi atau gangguan kesehatan lain akibat “pembatasan” jenis asupan yang dilakukan selama menjalani program diet.

Kamu bisa coba untuk membicarakan hal ini dengan dokter di aplikasi Halodoc. Diskusikan seputar masalah psoriasis dan pola diet paleo yang akan dijalani kepada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: