• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rekomendasi Menu Sarapan Pagi untuk Diet Sehat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rekomendasi Menu Sarapan Pagi untuk Diet Sehat

Rekomendasi Menu Sarapan Pagi untuk Diet Sehat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 01 Juli 2022

“Sarapan pagi untuk diet bisa memberi asupan nutrisi yang diperlukan tubuh sekaligus mencegah makan berlebihan. Beberapa makanan sehat, seperti telur, oatmeal, dan lain-lain, tidak hanya lezat tapi juga bisa membantu menurunkan berat badan.”

Rekomendasi Menu Sarapan Pagi untuk Diet Sehat

Halodoc, Jakarta – Sarapan merupakan salah satu waktu makan yang tidak boleh dilewatkan, meskipun sedang menjalani diet.  Selain bisa memberimu energi dan nutrisi yang kamu butuhkan untuk beraktivitas sepanjang hari, sarapan pagi untuk diet juga bisa mencegah kelaparan, sehingga terhindar dari keinginan makan berlebihan di siang harinya.

Namun, untuk menurunkan berat badan, tentu saja kamu perlu memilih makanan yang rendah kalori untuk sarapan. Selain itu, pilihlah makanan yang sehat yang bisa membantu kamu memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi tubuh.

Menu Sarapan Pagi untuk Diet

Berikut adalah rekomendasi menu sarapan pagi yang baik untuk diet:

1. Telur Rebus

Kaya akan protein dan mengandung banyak vitamin dan mineral penting, seperti selenium dan riboflavin, membuat telur menjadi menu sarapan pagi untuk diet yang bernutrisi tinggi. Berkat kandungan proteinnya yang tinggi, telur juga bisa mengurangi nafsu makan saat dikonsumsi sebagai sarapan, sehingga bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Ada berbagai cara untuk mengolah telur, tapi yang paling sehat adalah telur rebus.

2. Oatmeal

Oatmeal merupakan pilihan sarapan pagi untuk diet yang tidak hanya lezat, tapi juga baik untuk menurunkan berat badan. Hal itu karena oatmeal mengandung kalori yang rendah tapi tinggi serat dan protein, dua nutrisi yang memengaruhi nafsu makan dan pengendalian berat badan. Kamu bisa membuat oatmeal dengan susu rendah lemak, tambahan madu untuk mempermanis rasa, serta buah-buahan, kacang-kacangan dan chia seeds sebagai topping.

3. Toast Roti Gandum

Rekomendasi menu sarapan pagi untuk diet lainnya yang juga tidak kalah enak dan sehat adalah roti gandum panggang. Menu ini bisa dikombinasikan dengan isian telur rebus setengah matang atau telur orak-arik dan alpukat. Roti gandum yang kaya akan serat, telur yang tinggi protein, serta alpukat yang mengandung lemak sehat, bisa membuat kamu kenyang lebih lama.

4. Greek Yoghurt dan Beri

Greek yoghurt juga merupakan pilihan yang baik untuk menu sarapan pagi untuk diet. Kandungan proteinnya yang tinggi bisa memberimu rasa kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan. Sebaiknya pilihlah Greek yoghurt yang tanpa rasa atau plain. Untuk rasa manis, kamu bisa menambahkan buah beri yang juga baik untuk diet karena kaya akan serat.

Bila kamu sakit atau mengalami gejala kesehatan tertentu, jangan dibiarkan saja ya. Segera periksakan diri kamu ke dokter dengan buat janji di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. 14 Healthy Breakfast Foods That Help You Lose Weight.
Today. Diakses pada 2022. 10 healthy breakfast recipes that will help you lose weight