05 July 2018

Resep MPASI untuk Bayi Usia 6-8 Bulan

resep mpasi usia 6 bulan, pencernaan bayi usia 6 bulan, makanan bayi usia 6 bulan, mpasi

Halodoc, Jakarta - Para ibu sangat dianjurkan untuk memberikan ASI untuk Si Kecil hingga usia dua tahun. Pemberian ASI eksklusif sangatlah penting bagi sistem imun dan perkembangan tubuh Si Kecil, terutama pada usia 0-6 bulan. Sehingga ibu harus mengusahakan untuk memberi ASI eksklusif untuk sang buah hati di usia tersebut.

Setelah memasuki usia 6 bulan, ibu perlu memberi nutrisi tambahan selain ASI untuk Si Kecil, karena gizi dari ASI saja tak lagi mencukupi kebutuhan Si Kecil yang perkembangannya makin pesat. Oleh sebab itu, ibu perlu mengenalkan makanan pengganti ASI atau MPASI untuk sang buah hati. Meskipun dinamakan “pengganti ASI”, pemberian MPASI bukanlah untuk mengganti ASI sama sekali, melainkan untuk melengkapi gizi yang tidak terkandung dalam ASI.

Usia 6 bulan juga merupakan waktu yang tepat untuk mengenalkan berbagai jenis makanan sehat pada bayi. Karena itu, penting agar ibu menyajikan MPASI dengan gizi seimbang. Artinya, dalam satu porsi, ibu perlu mengombinasikan makanan dengan kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Variasi jenis makanan dan cara pengolahannya juga penting untuk ibu ketahui. Ini karena organ-organ Si Kecil masih dalam tahap perkembangan.

Perkembangan Pencernaan Bayi Usia 6-8 Bulan

Di usia 6-8 bulan, bayi sudah mulai bisa mencerna makanan yang lebih padat dari ASI. Berkat nutrisi dari ASI selama 6 bulan pertama, organ pencernaan bayi sudah berkembang dan bisa memproduksi enzim dan bakteri baik yang membantu proses pencernaan. Selain itu, organ-organ pencernaan juga sudah memiliki antibodi dan bisa melawan virus dan bakteri jahat yang terkandung dalam makanan.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Bayi

Meski begitu, sistem pencernaan bayi belum berfungsi penuh seperti pencernaan orang dewasa. Karena itu, penting bagi ibu untuk menjaga kebersihan bahan makanan dan alat masak, serta mengolah MPASI dengan tepat.

Resep MPASI Bayi 6-8 Bulan

Secara general, makanan yang tepat untuk bayi usia 6-8 bulan adalah makanan bertekstur lunak, seperti pisang, alpukat, bubur, kentang tumbuk, dan makanan lainnya. Cara memasak MPASI yang paling baik adalah dengan direbus atau dikukus. Hindari mencampur bahan makanan yang digoreng karena ini bisa menyebabkan batuk dan radang tenggorokan. Ibu juga disarankan untuk menghindari penambahan gula, garam, dan zat aditif lainnya.

Baca juga: Kapan Bayi Boleh Diberi Makanan Asin dan Manis?

Nah, di tahap awal, ibu disarankan untuk mengenalkan makanan satu per satu pada Si Kecil. Selama masa perkenalan ini, ibu harus memperhatikan dengan cermat apakah Si Kecil memiliki reaksi alergi terhadap makanan tertentu.

Baca juga: Tips Menyiapkan MPASI Pertama untuk Si Kecil

Jika Si Kecil sudah mencoba berbagai jenis makanan satu per satu, ibu bisa memberinya satu resep MPASI yang sangat sederhana ini, yaitu bubur pisang campur apel dan pir. Bahan-bahan dasarnya adalah:

  • 3-4 sdm air atau ASI.
  • ½ buah pisang, potong-potong.
  • 1 buah apel, kupas, buang bijinya, dan potong dadu.
  • ½ buah pir, kupas, buang bijinya, potong dadu.

Cara membuatnya mudah, ibu hanya perlu mengukus apel dan pir selama 15-20 menit sampai lunak. Lalu masukkan campurkan apel dan pir yang telah direbus tadi ke dalam blender bersama dengan pisang dan ASI. Proses hingga lembut, dan MPASI siap disajikan.

MPASI ini bisa ibu simpan selama dua hari di lemari es (bukan freezer) selama 2 hari. Tapi, sebaiknya ibu menyajikan MPASI yang baru dibuat supaya lebih sehat. Ibu bisa mengganti pisang dengan alpukat atau buah lunak lainnya sesuai selera dan kebutuhan gizi Si Kecil.

Untuk memahami tentang perkembangan sistem pencernaan Si Kecil dan nutrisi yang tepat lebih jauh, ibu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tentang menu MPASI terbaik untuk Si Kecil, tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!