02 November 2017

Makanan Wajib Agar ASI Berlimpah

Makanan Wajib Agar ASI Berlimpah

Halodoc, Jakarta – Setiap ibu pasti berharap dapat memproduksi ASI yang melimpah untuk kebutuhan si kecil. Jika produksi ASI ibu saat ini masih sedikit, jangan khawatir, karena ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat melancarkan dan memperbanyak ASI, lho. Yuk, simak jenis-jenis makanan sehat yang direkomendasikan untuk ibu menyusui berikut.

1.  Daun Katuk
Di urutan pertama ada jenis sayuran yang sudah terkenal akan manfaatnya untuk meningkatkan produksi ASI, yaitu daun katuk. Kandungan zat laktagogum yang terdapat di dalam daun tersebut dipercaya mendorong produksi ASI. Selain itu, daun katuk juga kaya akan steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin. Jika kadar prolaktin dalam tubuh ibu tinggi, maka ASI pun dapat diproduksi dengan cepat dan lancar. Ibu dapat mengonsumsi daun katuk dengan cara direbus atau dijadikan lalapan. Pastikan daun katuk diolah dengan cara yang tepat, agar zat yang ada di dalamnya tidak rusak.

2.  Bayam
Jenis sayuran lainnya yang baik dikonsumsi ibu menyusui adalah bayam. Tidak hanya kaya akan vitamin dan zat besi, bayam juga mengandung asam folat yang bermanfaat untuk menghasilkan ASI yang berkualitas. Konsumsi bayam minimal satu sampai dua kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

3.  Pare
Di luar dari rasanya yang pahit, ternyata pare sangat berguna untuk membuat produksi ASI menjadi lancar dan berlimpah. Selain itu, sayuran hijau tersebut juga mengandung vitamin K, antioksidan dan fitokimia lutein yang dapat membuat ASI menjadi kental, sehingga bayi akan cepat merasa kenyang.

4.  Wortel
Kandungan vitamin A yang tinggi pada wortel tidak hanya baik untuk kesehatan mata, tapi juga dapat meningkatkan kualitas ASI dan baik untuk si kecil. Wortel dapat dikonsumsi dengan cara direbus atau dibuat menjadi jus wortel. Dengan mengonsumsi wortel satu kali setiap hari, maka produksi ASI ibu akan semakin lancar dan berkualitas. 

5.  Beras Merah
Ibu yang sedang menyusui akan lebih baik jika mengonsumsi beras merah sebagai sumber karbohidrat. Banyak ahli sudah membuktikan hal tersebut. Beras merah mengandung banyak serat, sehingga lebih sehat daripada beras putih. Selain itu, beras merah juga dapat meningkatkan produksi ASI ibu menjadi lebih banyak. Jadi, gantilah sumber karbohidrat ibu menjadi beras merah untuk dikonsumsi setiap hari selama menyusui.

6.  Ikan Salmon
Jenis ikan terbaik yang sangat direkomendasikan bagi ibu menyusui adalah ikan salmon. Dapat dijadikan sebagai sumber protein, ikan salmon yang mengandung asam lemak esensial dan omega 3 dapat membuat ASI ibu menjadi berkualitas. Kandungan merkuri dan kolesterolnya yang rendah juga membuat ikan salmon aman untuk dikonsumsi ibu menyusui setiap hari.


Nah, itulah keenam jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi ibu menyusui agar produksi ASI berlimpah. Dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat, ASI yang dihasilkan pun akan berkualitas sehingga baik untuk kesehatan dan kecerdasan si kecil. Jika ibu mempunyai pertanyaan seputar nutrisi untuk ibu menyusui, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Ibu dapat dengan nyaman berdiskusi dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Tidak perlu repot-repot keluar rumah lagi, ibu hanya tinggal order dan pesanan akan diantar dalam satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.