• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makanan Wajib Agar ASI Berlimpah

Makanan Wajib Agar ASI Berlimpah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Sebagai seorang ibu menyusui, merupakan hal yang normal untuk khawatir tentang pasokan ASI. Kira-kira cukup enggak ya untuk Si Kecil? Kabar baiknya adalah sebagian besar ibu hamil dapat menghasilkan cukup ASI untuk memenuhi kebutuhan ASI bayi. Hal ini dapat dibuktikan dengan kenaikan berat badan dan popok yang basah secara teratur. 

Hanya saja ada saat-saat ibu mungkin ingin tahu cara memproduksi lebih banyak ASI, apakah ibu memiliki produksi ASI rendah atau hanya ingin meningkatkan pasokan ASI dalam persiapan kembali bekerja. Mungkin ibu juga tahu bahwa dengan mengubah pola makan dan asupannya dapat membantu pasokan produksi ASI yang berlimpah. Perlu ibu ketahui, inilah sumber makanan yang dapat menambah dan memperlancar pasokan produksi ASI.

Baca juga: Agar ASI Lancar, Coba Hypnobreastfeeding

1. Daun Katuk

Di urutan pertama, jenis sayuran ini sudah sangat terkenal akan manfaatnya untuk meningkatkan produksi ASI, yaitu daun katuk. Kandungan zat latagogum yang terdapat dalam daun katuk dipercaya mendorong produksi ASI. Selain itu, daun katuk juga kaya akan steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin.

Jika kadar prolaktin dalam tubuh tinggi, ASI pun dapat diproduksi dengan cepat dan lancar. Ibu dapat mengonsumsi daun katuk dengan cara direbus atau dijadikan lalapan. Pastikan daun katuk diolah dengan cara yang tepat agar zat yang ada di dalamnya tidak rusak. 

2. Gandum 

Gandum telah lama disebut-sebut bermanfaat untuk produksi ASI. Ada sedikit bukti ilmiah yang menunjukkan efek sebenarnya. Meski begitu, pro laktasi berhipotesis bahwa peningkatan susu setelah mengonsumsi gandum dapat dihububungkan dengan tingginya tingkat zat besi. 

3. Pare

Di luar rasanya yang pahit, ternyata pare juga sangat bermanfaat untuk membuat produksi ASI menjadi lancar dan berlimpah. Selain itu, sayuran hijau tersebut juga mengandung vitamin K, antioksidan dan fitokimia lutein yang dapat membuat ASI menjadi kental, sehingga bayi akan cepat merasa kenyang. 

Baca juga: Meningkatkan Produksi ASI dengan 6 Cara Ini

4. Wortel

Kandungan vitamin A yang tinggi pada wortel tidak hanya baik untuk kesehatan mata, tapi juga dapat meningkatkan kualitas ASI dan baik untuk Si Kecil. Wortel dapat dikonsumsi dengan cara direbus atau dibuat menjadi jus wortel. Dengan mengonsumsi wortel satu kali setiap hari, maka produksi ASI ibu akan semakin lancar dan berkualitas. 

5. Bayam

Sayuran kaya zat besi seperti bayam dapat efektif mengisi kembali kadar zat besi dalam tubuh ibu. Sebab, kadar zat besi yang rendah berkaitan dengan suplai susu yang rendah. 

Secara umum, ibu menyusui penting untuk makan makanan yang sehat saat menyusui. Bukan hanya agar bayi mendapatkan nutrisi yang baik, tetapi untuk memastikan tubuh ibu sendiri dapat beroperasi pada tingkat yang sehat juga. Ini termasuk makan berbagai makanan utuh, seperti buah-buahan, sayuran, lemak sehat, biji-bijian, dan makanan lainnya. 

Menyusui Sesering Mungkin 

Hal yang paling penting yang dapat ibu lakukan untuk meningkatkan persedian ASI adalah menyusui bayi sesering mungkin. Menyusui yang berhasil didasarkan pada penawaran dan permintaan. Ketika payudara sering dikosongkan, maka akan lebih banyak susu akan diproduksi. Pastikan ibu menyusui sesering yang diinginkan Si Kecil. Tawarkan kedua sisi payudara pada setiap waktu menyusui. 

Baca juga: Inilah Nutrisi yang Terkandung dalam ASI

Jika ibu sudah makan-makanan bernutrisi penunjang agar produksi ASI lebih optimal tapi ibu tetap khawatir, maka bicarakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Karena pengalaman menyusui setiap orang bisa berbeda, jadi pastikan setiap solusi yang diberikan dokter juga disesuaikan dengan ibu dan gaya hidup ibu sangat penting untuk menjaga hubungan menyusui yang sehat dan bahagia. 

 

Referensi:
Parents. Diakses pada 2020. 5 Foods That Could Help Increase Your Breast Milk Supply
WebMD. Diakses pada 2020. Breastfeeding: How to Increase Your Milk Supply