22 June 2018

Saat Mudik, Jangan Lewatkan 5 Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Ibu Hamil

vitamin untuk ibu hamil

Halodoc, Jakarta – Walaupun masih dalam suasana lebaran, bukan berarti ibu boleh makan apa saja sepuasnya dan secara sembarangan. Ibu hamil disarankan untuk tetap memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi agar nutrisi yang diperlukan janin dapat tetap terpenuhi. Nah, saat sedang mudik pun, ibu hamil wajib mengonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari, karena kedua jenis makanan sehat ini memiliki berbagai macam vitamin penting yang enggak hanya baik untuk kesehatan ibu tapi juga janin. Berikut beberapa jenis vitamin yang tetap perlu ibu penuhi walaupun sedang mudik:

1. Vitamin A

Perjalanan mudik yang jauh bisa membuat ibu kecapekan dan daya tahan tubuh menurun. Karena itu, ibu perlu mengonsumsi vitamin A yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu, sehingga ibu tidak gampang jatuh sakit. Selain itu, vitamin A juga memiliki peran penting terhadap perkembangan penglihatan janin.

Nah, ibu bisa mendapat asupan vitamin A dengan menyantap berbagai macam sayur dan buah seperti wortel, bayam, brokoli, kale, mangga, paprika merah dan ubi. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2018, ibu hamil perlu mengonsumsi vitamin A sebanyak 800-850 mcg setiap harinya.

Namun ingat, jangan sampai kelebihan vitamin A ya. Asupan maksimal vitamin A ibu hamil dalam sehari adalah 1000 mcg. Itulah sebabnya WHO tidak menyarankan ibu hamil untuk minum suplemen vitamin A.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

2. Vitamin C

Selain vitamin A, vitamin C juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Vitamin C juga diperlukan agar tubuh bisa menyerap zat besi dengan optimal, sehingga ibu hamil dapat terhindar dari anemia yang merupakan salah satu penyakit yang sering dialami ibu hamil. Enggak hanya itu, vitamin C juga dapat melindungi sel dan jaringan tubuh ibu hamil dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Jadi, jangan lupa ya untuk memenuhi asupan vitamin C sebanyak 85 mg setiap harinya. Ibu bisa mendapatkan vitamin penting ini dengan memakan buah-buahan seperti jeruk, stroberi, mangga, pepaya, serta sayur-sayuran seperti brokoli, tomat, kol brussel, paprika merah dan paprika hijau.

Baca juga: Paling Baik Wanita Hamil Konsumsi Jenis Buah Ini

3. Vitamin D

Ibu yang sedang hamil dan menyusui disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian minimal sebanyak 15 mg. Vitamin ini sangat diperlukan untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin yang masih dalam kandungan. Tugasnya adalah mengatur jumlah kalsium dan fosfat yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga tulang dan gigi tetap sehat dan kuat. Kekurangan vitamin D bisa memberikan dampak buruk pada tulang bayi sehingga tidak tumbuh secara maksimal. Jadi, pastikan ibu memenuhi kebutuhan vitamin D dengan mengonsumsi ikan-ikanan seperti salmon dan sarden, telur, dan daging. Selain itu, berjemur di bawah sinar matahari juga bisa menambah asupan vitamin D yang dibutuhkan tubuh, lho.

Baca juga: Jangan Takut Matahari Ini Manfaatnya Berjemur

4. Vitamin E

Selama masa kehamilan, ibu membutuhkan asupan vitamin E untuk membantu pembentukan dan penggunaan sel darah merah dan otot. Ibu hamil memerlukan setidaknya 15 mg vitamin E per hari yang bisa didapatkan dari minyak sayur, kacang-kacangan, bayam, dan sereal.

5. Vitamin B Kompleks

Ibu hamil juga perlu memenuhi berbagai macam vitamin B, mulai dari vitamin B1, B2, B3, B6, sampai B12. Masing-masing jenis vitamin B ini mempunyai manfaat yang berbeda:

  • Vitamin B1 berfungsi untuk meningkatkan energi dan mengatur sistem saraf
  • Vitamin B2 bermanfaat untuk menjaga stamina, serta baik untuk kesehatan mata dan kulit
  • Vitamin B3 baik untuk kesehatan kulit, saraf dan pencernaan
  • Vitamin B6 diperlukan untuk membantu pembentukan sel darah merah dan mengurangi morning sickness.
  • Vitamin B12 bermanfaat untuk mencegah bayi terlahir cacat

Ibu hamil bisa mendapatkan vitamin B kompleks ini dari telur, ikan, seafood, daging, gandum, dan lainnya.

Selain dari makanan, ibu bisa memenuhi kebutuhan vitamin dengan mengonsumsi suplemen. Sekarang beli suplemen yang dibutuhkan sudah semakin mudah dengan adanya aplikasi Halodoc. Ibu enggak perlu keluar rumah, tinggal order saja lewat aplikasi dan pesanan ibu akan diantar dalam waktu satu jam. Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.