• Home
  • /
  • Sakit Dada Sebelah Kanan Belum Tentu Jantung

Sakit Dada Sebelah Kanan Belum Tentu Jantung

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Sakit Dada Sebelah Kanan Belum Tentu Jantung

Halodoc, Jakarta - Pernah mengalami sakit dada sebelah kanan? Kondisi ini kerap sekali dikaitkan dengan adanya sakit jantung. Padahal, sakit dada sebelah kanan dapat mengindikasikan adanya masalah kesehatan serius lainnya yang dapat mengancam nyawa. Perhatikan, berikut penyebab sakit dada sebelah kanan yang perlu kamu ketahui!

Baca juga: Masuk Angin Sebabkan Sakit Dada Sebelah Kanan?

  • Masalah pada Pernapasan

Begitu banyak masalah pernapasan yang bisa saja terjadi, salah satunya adalah infeksi jaringan paru, pneumotoraks, emboli paru, serta radang selaput paru yang ditandai dengan sakit dada sebelah kanan dan gangguan pernapasan.

  • Masalah pada Pencernaan

Bukan hanya masalah pernapasan, masalah pada pencernaan juga akan ditandai dengan sakit dada sebelah kanan. Masalah kesehatan termasuk asam lambung yang menyebabkan nyeri dada. Hal tersebut terjadi karena jantung dan kerongkongan berbagi jaringan saraf yang sama. Bukan hanya itu, radang pankreas juga menyebabkan sakit dada sebelah kanan, terutama saat pengidapnya sedang beristirahat.

  • Stres Akut

Gangguan kecemasan atau stres yang parah akan membuat pengidapnya mengalami serangan panik, sehingga akan muncul gejala yang hampir mirip dengan serangan jantung, dan disertai dengan sakit dada sebelah kanan.

  • Mengidap Pleuritis

Pleuritis merupakan pembengkakan pada pleura, yaitu selaput tipis yang menyelimuti paru-paru dan dinding dada bagian dalam. Ketika hal tersebut dialami, pengidap akan merasakan sakit dada sebelah kanan, serta kesulitan dalam bernapas.

  • Olahraga yang Berlebihan

Apapun olahraga dan kegiatan yang dilakukan akan melibatkan kekuatan otot dada. Jika aktivitas tersebut dilakukan secara berlebihan, akan ditandai dengan sakit dada sebelah kanan, yang berawal dari nyeri otot dan akan bertambah parah saat sedang bergerak.

  • Peradangan Hati

Peradangan hati, atau yang lebih dikenal dengan hepatitis menjadi salah satu penyebab utama dari sakit dada sebelah kanan. Rasa sakit tersebut disebabkan oleh letak hati yang berdekatan dengan dinding rongga dada kanan.

Baca juga: Dada Sebelah Kanan Terasa Sakit, Apakah Berbahaya?

Sakit dada sebelah kanan akan ditandai dengan sensasi rasa perih atau tertusuk dalam rongga dada atau belakang tulang dada, dada terasa sesak, sulit bernapas terutama saat berbaring, serta terasa asam lambung naik menuju kerongkongan. Ketika kamu mengalami serangkaian gejalanya, segera temui dokter di rumah sakit terdekat untuk mengetahui apa yang sebenarnya tengah kamu alami.

Selain beberapa hal tersebut, sakit dada sebelah kanan dapat dikarenakan adanya cedera pada tulang, otot, dan saraf pada bagian dada. Ketika mengalami patah tulang iga, dada sebelah kanan akan terasa sakit, terutama saat batuk, bahkan bernapas. Saat batuk terlalu keras, otot dan tendon pada rusuk sebelah kanan juga dapat mengalami cedera dan menyebabkan sakit dada sebelah kanan.

Baca juga: Selain Serangan Jantung, Ini Penyebab Nyeri Dada?

Di dalam rongga dada terdapat berbagai macam organ vital yang sangat penting bagi tubuh, maka jangan anggap remeh ketika dada sudah mulai terasa sakit. Pasalnya, sakit dada sebelah kanan bisa jadi indikasi kondisi yang berbahaya. Ciri berbahaya yang mengharuskan kamu segera menemui dokter, yaitu susah menelan, demam, menggigil, batuk berdahak, batuk berdarah, serta sakit dada sebelah kanan yang tidak kunjung membaik.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2020. What’s Causing Pain in the Right Side of My Chest?
Medical News Today. Diakses pada 2020. What Causes Chest Pain on The Right Side?
Very Well Health. Diakses pada 2020. Pain on the Right Side of the Chest: Causes and When to Worry.