• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sakit Pinggang saat Hamil Muda, Apa Penyebabnya?

Sakit Pinggang saat Hamil Muda, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat hamil, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh wanita. Umumnya, perubahan yang terlihat ada pada bagian perut yang semakin hari semakin membesar. Selain itu, kebutuhan dan nafsu untuk makan juga terus meningkat karena sekarang harus memenuhi asupan untuk dua orang. Meski tidak terlalu tampak perubahannya, saat wanita mengalami hamil muda, sakit pinggang mungkin saja tidak dapat dihindari.

Memang, sakit pinggang adalah salah satu kondisi yang umum terjadi, tetapi saat kandungan sudah memasuki trimester akhir dari kehamilan. Lalu, bagaimana jika sakit pinggang tersebut terjadi saat hamil muda? Penting untuk mengetahui hal yang menjadi penyebabnya agar dapat dicegah sebelum terjadi. Berikut beberapa penyebabnya!

Baca juga: Sakit Pinggang saat Hamil, Ini Cara Mengatasinya

Penyebab Sakit Pinggang saat Hamil Muda

Nyeri atau sakit pinggang adalah salah satu keluhan yang umum pada ibu hamil. Banyak hal yang dapat menyebabkan gangguan ini, seperti hormonal, peredaran darah, hingga faktor psikologi. Tidak sedikit orang yang salah memilih pengobatan untuk mengatasinya karena hal yang menjadi penyebabnya belum diketahui secara pasti. Cara yang paling ampuh untuk mengatasi sakit pinggang saat hamil muda adalah dengan penyesuaian gaya hidup dan istirahat yang cukup.

Namun, berita baiknya adalah bayi ibu terus tumbuh sehingga bobot tubuh terus meningkat. Nyeri pinggang umumnya terjadi ketika panggul bertemu dengan tulang belakang, tepatnya di sendi sakroiliaka. Penting untuk mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab sakit pinggang saat hamil muda agar dapat dicegah untuk terjadi atau dihindari. Berikut beberapa penyebab dari gangguan tersebut:

  1. Berat Badan Bertambah

Salah satu hal yang menjadi penyebab sakit pinggang saat hamil muda adalah berat badan yang terus bertambah. Pada kehamilan yang sehat, pertambahan berat badan dapat mencapai 11 hingga 15 kilogram. Tulang belakang harus menopang berat tersebut yang dapat menimbulkan sakit pinggang. Selain itu, berat bayi yang tumbuh juga dapat memberikan tekanan pada pembuluh darah dan saraf pada punggung sehingga bagian belakang tubuh rentan terasa sakit.

Baca juga: Posisi Tidur Cegah Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

  1. Perubahan Postur

Ibu juga dapat mengalami perubahan postur yang menyebabkan terjadinya sakit pinggang saat hamil muda. Saat hamil, pusat gravitasi pada tubuh dapat bergeser sehingga membutuhkan penyesuain postur baru. Ketika penyesuaian tersebut dilakukan, ibu dapat merasakan sakit pada punggung dan pinggang hingga rasa tegang di beberapa bagian tubuh. Maka dari itu, penting untuk membatasi aktivitas jika dirasa bagian belakang tubuh sudah sakit.

Lalu, jika ibu mempunyai pertanyaan terkait sakit pinggang yang terjadi saat hamil muda dan cara untuk mengatasinya, dokter dari Halodoc siap menjawab semua pertanyaan tersebut. Caranya mudah, ibu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan!

  1. Perubahan Hormon

Saat kehamilan terjadi, tubuh akan memproduksi hormon relaxin yang berguna untuk membuat ligamen di daerah panggul agar lebih rileks dan sendi menjadi lebih longgar sebagai persiapan untuk proses kelahiran. Namun, efek samping yang terjadi adalah membuat ligamen yang mendukung topangan tulang belakang menjadi lebih kendur, sehingga menimbulkan ketidakstabilan dan rasa sakit pada punggung dan pinggang.

  1. Pemisahan Otot

Sakit pinggang saat hamil muda juga terjadi disebabkan oleh pemisahan pada otot. Saat rahim mengembang, dua otot paralel (otot abdominis rektal) yang berada dari tulang rusuk ke tulang kemaluan, dapat terpisah di sepanjang jahitan tengah. Saat hal tersebut terjadi, perasaan sakit pada punggung dan pinggang akan semakin intens.

Baca juga: Inilah Artinya Sakit Pinggang Belakang

Itulah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya sakit pinggang saat hamil muda. Penting untuk mengetahui hal tersebut agar dapat menentukan langkah selanjutnya saat gangguan tersebut terjadi. Agar sakit pinggang tidak mudah kambuh, ibu dapat berolahraga secara rutin supaya tubuh lebih sehat.

Referensi:
NCBI. Diakses pada 2020. Pregnancy and low back pain.
Web MD. Diakses pada 2020. Back Pain in Pregnancy.