Sakit Pinggang

Pengertian Sakit Pinggang

Sakit pinggang merupakan rasa nyeri yang muncul pada bagian panggul dan daerah perut dibawah pusar, yang sering terjadi pada kaum wanita.

Gejala Sakit Pinggang

Gejala sakit pinggang bergantung pada sumber penyebabnya, namun rasa sakit yang muncul bisa menyebar atau bahkan berkumpul di satu titik. Tingkat keparaha sakit pinggang bervariasi, mulai dari bersifat ringan, menengah atau bahkan parah. Penyebaran pun meliputi paha, bokong dan punggung bagian bawah.

Penyebab Sakit Pinggang

Terdapat 2 kondisi untuk sakit pinggang yang bisa dialami, yaitu:

1. Sakit pinggang akut

Sakit pinggang akut adalah rasa sakit yang muncul secara tiba-tiba dengan beberapa penyebab seperti:

  • Penyakit radang panggul akut. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang organ reproduksi wanita. Segera berikan antibiotik untuk menangani infeksi bakteri tersebut.
  • Penyakit usus buntu. Usus buntu merupakan kantong sebesar jari yang terhubung dengan usus besar, yang akan menghasilkan rasa sakit pada perut bagian bawah di sisi sebelah kanan.
  • Kram usus. Berbagai kondisi dapat menyebabkan kram usus, diantaranya karena pola makan yang kurang serat, penggunaan obat-obatan dan gangguan pencernaan.
  • Kista ovarium. Kista ovarium terjadi karena kantong berisi cairan terbentuk di bagian ovarium. Umumnya, kondisi ini tidak berbahaya dan bisa hilang tanpa melakukan pengobatan. Namun, saat kantong tersebut retak, membesar atau bahkan menutup darah menuju ovarium, maka bisa menyebabkan sakit pinggang sehingga memerlukan prosedur pengangkatan.

2. Sakit pinggang kronis

Saking pinggang kronis merupakan sakit pinggang yang terjadi selama 6 bulan atau lebih dan terjadi secara berkelanjutan. Sakit pinggang kronis biasanya terjadi daripada sakit saat menstruasi dan bertahan lebih lama dari sakit pinggang pada umumnya. Berikut 3 penyebab umum munculnya sakit pinggang kronis:

  • Endometriosis – kelainan pada sistem reproduksi wanita saat jaringan dari lapisan dalam dinding rahim tumbuh di luar rongga rahim.
  • Penyakit radang panggul kronis – kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang organ reproduksi wanita, sehingga antibiotik pun harus diberikan untuk menanganinya.
  • Sindrom iritasi usus – kondisi umum pada sistem pencernaan ini menyebabkan kram perut, kembung, diare dan konstipasi.

Apabila sakit pinggang menyerang dengan tingkat keparahan yang cukup tinggi dan secara tiba-tiba, kami sarankan untuk segera temui dokter ahli agar mendapatkan penanganan medis secepatnya.

Pengobatan Sakit Pinggang

Sakit pinggang dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perlu penanganan dari dokter. Beberapa cara bisa dilakukan untuk meredakan rasa sakitnya, seperti mengompres dengan air hangat, mengistirahatkan pinggang dengan bantuan bantal, atau mengonsumsi obat paracetamol dan ibuprofen untuk memulihkannya.

Pencegahan Sakit Pinggang

Cara agar terhindar dari sakit pinggang adalah:

  • Jangan terlalu lama duduk di kursi. Usahakan berdiri jika sudah duduk selama 20 atau 30 menit.
  • Coba lakukan gerakan stir the pots untuk memperkuat otot perut dan mencegah sakit pinggang.
  • Saat ingin mengambil barang yang terletak di atas lantai, jangan membungkuk tapi berjongkok. Lalu angkatlah barang dengan menggunakan otot pinggang, bukan lutut.
  • Berjalan adalah cara terbaik untuk meredakan otot pinggang. Jadi sering-seringlah berjalan kaki.

Kapan Harus ke Dokter?

Jika kamu mengalami nyeri pinggang yang tak tertahankan, segera bicara pada dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.