04 April 2018

Sebelum Punya Anak, Bahas 4 Topik Ini Dulu Bareng Suami

Sebelum Punya Anak, Bahas 4 Topik Ini Dulu Bareng Suami

Halodoc, Jakarta – Memiliki buah hati setelah menikah menjadi impian kebanyakan pasangan. Namun, jangan terburu-buru menentukan kapan waktu yang tepat untuk hamil. Pasalnya, ada beberapa hal penting yang mesti dibahas bareng suami. Tujuannya tidak lain agar proses kehamilan serta mendidik anak kelak menjadi proses yang bisa dinikmati bersama.

Nah, agar tak salah coba cari tahu tips sebelum mempunyai anak. Inilah empat topik yang sebaiknya dibahas bersama suami sebelum memiliki anak.  (Baca juga: Benarkah Kecerdasan Anak Diwarisi dari Ibu?)

1. Pola Asuh

Pola asuh termasuk dalam tips sebelum mempunyai anak. Ini karena membesarkan anak bukan sekadar memberi makan, tapi juga memikirkan cara membesarkan anak agar tumbuh kembangnya optimal. Apapun yang dilakukan pada anak di masa kecil bisa memberikan dampak pada tumbuh kembangnya hingga dewasa. Jangan ragu untuk membaca buku atau mencari informasi tentang parenting di internet. Diskusikan juga dengan pasangan, pola asuh apa yang akan diterapkan? Apakah kamu akan merawat anak sendiri atau dibantu orang lain? Nilai-nilai apa yang ingin kamu tanamkan pada anak? Dan pertanyaan lain yang harus didiskusikan bersama sebelum memiliki anak.

2. Kesiapan Finansial

Membesarkan anak tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena, semakin bertambah usia anak, maka semakin bertambah pula kebutuhannya. Mulai dari kebutuhan sandang, pangan, hingga papan. Itu sebabnya sebelum memiliki anak, kamu dan pasangan perlu memikirkan kebutuhan dan sumber finansial untuk membesarkan anak. Memang sih, uang bisa dicari, tetapi kepastian finansial akan membuat pemasukan menjadi lebih pasti. Agar kebutuhan finansial lebih terencana, kamu bisa mulai mencicil kebutuhan di masa mendatang dengan menabung, lho.

3. Bagi Peran

Jika dulu kamu dan pasangan bisa menghabiskan waktu berdua, setelah punya anak kamu dan pasangan perlu membagi waktu dan peran untuk mengasuh anak. Tanpa pembagian peran yang jelas, perdebatan mungkin saja terjadi antar pasangan. Jadi sebelum memiliki anak, kamu dan pasangan perlu membagi peran dalam mengasuh dan merawat anak. Karena, selain bisa meringankan pekerjaan rumah, kerjasama yang baik antar pasangan bisa meningkatkan rasa cinta, lho.

4. Hubungan Intim

Hal lain yang perlu kamu tahu adalah saat kamu memiliki bayi hubungan intim cenderung berkurang. Ini karena kamu dan pasangan akan memberikan perhatian secara penuh untuk merawat dan mengasuh anak. Karena itu, sebelum memiliki anak, kamu perlu mendiskusikan dan memastikan bahwa kamu dan pasangan siap menerima konsekuensi berkurangnya hubungan intim setelah memiliki anak nantinya.

Meskipun sering dianggap sepele, mendiskusikan empat hal di atas sebelum memiliki anak bisa membantu kamu dan pasangan menghadapi kehidupan baru sebagai orang tua, lho. Kamu dan pasangan juga akan lebih siap jika nantinya memiliki anak. Jadi, jangan ragu untuk mendikusikan keempat hal tersebut dengan pasangan, ya.

Agar kamu dan pasangan selalu sehat dan bahagia, jangan ragu untuk membicarakan keluhan kesehatan yang dirasakan dengan dokter. Kamu juga bisa meminta tips sebelum mempunyai anak pada dokter dan memanfaatkan fitur Contact Doctor pada aplikasi Halodoc. Kamu bisa bicara dengan dokter melalui Chat, Voice Call, atau Video Call. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play. (Baca juga: Cara Benar Bilang "No" Pada Anak)