Sebelum Terlambat, Kenali 3 Cara Mencegah Kanker Prostat

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Sebelum Terlambat, Kenali 3 Cara Mencegah Kanker Prostat

Halodoc, Jakarta - Kanker prostat adalah gangguan yang terjadi pada prostat, yaitu kelenjar kecil berbentuk kenari pada pria yang menghasilkan cairan mani. Cairan tersebut berfungsi untuk pembuahan ketika berhubungan intim dan menghasilkan kehamilan.

Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang paling umum pada pria. Biasanya, kanker prostat tumbuh lambat dan pada awalnya terbatas pada kelenjar prostat yang mungkin tidak menyebabkan kerusakan serius.

Meskipun beberapa jenis kanker prostat tumbuh lambat dan mungkin membutuhkan perawatan minimal, jenis-jenis lain terbilang agresif dan dapat menyebar dengan cepat. Kanker prostat yang terdeteksi dini atau ketika masih terbatas pada kelenjar prostat, dapat memiliki peluang lebih besar untuk pengobatan yang berhasil.

Baca Juga : 4 Kebiasaan Ini Tingkatkan Risiko Kanker Prostat

Cara Mencegah Kanker Prostat

Prostat adalah organ yang terletak di bawah kandung kemih yang berfungsi untuk menghasilkan semen. Kanker prostat adalah salah satu penyakit kanker yang paling umum terjadi pada pria. Disebutkan bahwa sekitar 1 dari 9 pria akan didiagnosis mengidap kanker prostat seumur hidupnya.

Risiko terkena kanker prostat semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Sekitar 60 persen dari semua kanker prostat didiagnosis terjadi pada pria berusia 65 tahun atau lebih. Pada kasus yang lebih jarang, kanker prostat menyerang pria yang berusia di bawah 40 tahun. Disebutkan bahwa pencegahan kanker prostat berhubungan dengan diet dan hidup sehat.

Berikut adalah beberapa cara mencegah kanker prostat yang dapat kamu lakukan:

1. Mengonsumsi Buah dan Sayur Berwarna Merah

Salah satu cara mencegah kanker prostat pada pria adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur yang berwarna merah. Contoh buah dan sayur yang dapat kamu konsumsi adalah tomat, semangka, serta buah-buahan dan sayuran lainnya yang berwarna merah. Pasalnya, buah-buahan dan sayuran tersebut mempunyai antioksidan kuat yang disebut dengan likopen.

Disebutkan bahwa pria yang mengonsumsi buah dan sayur berwarna merah berisiko lebih rendah untuk mengidap kanker prostat dibandingkan yang tidak. Selain itu, seseorang yang kerap mengonsumsi tomat dapat memberi dampak pada tubuhnya untuk lebih mudah menyerap likopen. Semakin merah tomat yang dikonsumsi, semakin baik pula kandungan likopennya.

Baca Juga : 6 Penyebab Kanker Prostat

2. Mengonsumsi Kedelai dan Teh

Cara lainnya untuk mencegah kanker prostat yang mungkin terjadi adalah dengan mengonsumsi kedelai dan teh secara rutin. Makanan tersebut mengandung nutrisi isoflavon yang berhubungan dengan penurunan risiko terhadap kanker prostat. Kandungan isoflavon juga dapat ditemukan pada:

  • Tahu.

  • Buncis.

  • Kacang-kacangan.

  • Kecambah.

  • Kacang kacangan.

Disebutkan bahwa terdapat hubungan antara kandungan teh hijau dengan penurunan risiko kanker prostat. Seseorang yang rutin minum teh hijau mempunyai risiko lebih rendah untuk terserang kanker prostat dibandingkan seseorang yang tidak.

3. Rutin Berolahraga

Seseorang yang rutin berolahraga dapat menurunkan risiko terhadap kanker prostat. Kelebihan berat badan atau obesitas berhubungan dengan peningkatan risiko kanker prostat yang agresif. Olahraga teratur dapat membantu kamu untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Manfaat olahraga dapat memberi dampak baik, seperti peningkatan massa otot dan metabolisme yang lebih baik. Olahraga yang dapat kamu lakukan adalah:

  • Jalan santai.

  • Joging atau lari.

  • Bersepeda.

  • Renang.

Cobalah untuk berolahraga secara rutin, karena bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan menurunkan risiko berbagai macam penyakit, bukan hanya kanker prostat.

Baca Juga : Rudy Wowor Meninggal Karena Kanker Prostat, Ini Faktanya

Itulah beberapa cara mencegah kanker prostat pada tubuh kamu. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!