30 July 2018

Seberapa Efektif Penggunaan Makeup Berbahan Organik untuk Kesehatan dan Kecantikan?

penggunaan bahan organik, bahan organik untuk kecantikan

Halodoc, Jakarta – Paparan bahan kimia yang ada para produk kecantikan sejatinya membuat kita harus lebih waspada dalam menggunakan produk kecantikan tertentu. Situasi ini membuat penggunaan makeup berbahan organik menjadi pilihan yang paling baik dan tepat untuk kesehatan dan kecantikan.

Paparan kimia pada produk makeup tidak hanya sekadar menimbulkan alergi, tetapi lebih jauh dari itu bisa menyebabkan kanker. Kemudian, komponen kimia dari banyak produk tidak hanya berbahaya bagi penggunanya saja, tetapi juga lingkungan di sekitar.

Penjelasan sederhananya seperti ini, ketika kita mencuci muka dengan produk yang terpapar bahan kimia berbahaya, air cucian akan keluar melalui wastafel dan turun ke saluran pembuangan air yang bisa mencemari perairan sekitar. Belum lagi dengan sisa-sisa material produk yang masih menempel di wadah, dibuang di tempat sampah dan dapat mencemari lingkungan sekitar. Baca juga: Ini 7 Cara Mudah Memutihkan Kuku yang Menguning

Ada banyak alasan kenapa menggunakan produk makeup berbahan organik baik untuk kesehatan dan kecantikan, beberapa diantaranya adalah ini:

 

  • Produk Kecantikan Organik Lebih Baik dan Sehat untuk Kulit

 

Masalah besar dalam industri produk kecantikan adalah peraturan pemerintah yang belum tegas mengenai peredaran produk kecantikan. Bahkan, beberapa produk kecantikan mainstream disinyalir tidak 100 persen aman untuk digunakan. Karenanya, memang yang paling aman adalah penggunaan produk kecantikan berbahan organik.

Dengan menggunakan produk kecantikan alami, kamu tidak perlu khawatir dengan kemungkinan-kemungkinan akan terpapar bahan kimia berbahaya tersebut. Bahan-bahan produk organik justru lebih memiliki nilai gizi yang menjaga kesehatan kulit.

 

  • Kesehatan dan Penghematan Jangka Panjang

 

Menggunakan produk perawatan kulit alami dan organik sebenarnya adalah bentuk investasi jangka panjang. Membeli kualitas yang lebih baik dengan harga sedikit mahal sebenarnya membuatmu menghemat lebih banyak dalam jangka waktu panjang. Karena kualitas produk perawatan organik memang lebih baik membuat kamu hanya perlu menggunakan sedikit bahan tersebut tapi hasilnya jauh lebih maksimal.

Walaupun ada banyak janji yang mengiringi penggunaan produk kecantikan organik, tetapi tidak selamanya bahan organik adalah pilihan yang tepat untuk produk kecantikanmu. Tren produk kecantikan organik membuat kemunculannya menjadi massal, sehingga kurang adanya kontrol. Apalagi penggunaan media sosial tidak bisa membatasi lagi produk mana yang sudah teruji dan mana yang masih diragukan penggunaannya.

Menyadari situasi seperti ini, ada baiknya kamu lebih ketat dalam menyeleksi produk organik mana yang baik untuk digunakan dan sudah teruji. Selain itu, pastikan juga kalau produk organik tersebut memang sesuai dengan kebutuhanmu, bukan hanya sekadar mengikuti tren saja. Baca juga: Biar Selalu Sehat, Ini Komposisi Lemak yang Baik untuk Tubuh

Ada beberapa kriteria yang menunjukkan kalau produk tersebut memang berbahan organik dengan penjelasan bahan-bahan sebagai berikut:

  • 100 persen organik, yaitu produk tersebut mengandung hanya bahan organik (tidak termasuk air dan garam) dan diproduksi secara organik juga.
  • Setidaknya “cukup” organik” dengan kandungan 95 persen bahan organik (tidak termasuk air dan garam).
  • Dibuat dari bahan organik, yaitu bahan tersebut setidaknya mengandung 70 persen bahan organik dan mencantumkan setidaknya tiga bahan organik atau kelompok makanan pada penjelasan bahan-bahannya.

Ingin tahu lebih banyak mengenai seberapa efektif penggunaan makeup atau pun produk kecantikan berbahan organik untuk kesehatan dan kecantikan, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.