Ini 7 Cara Mudah Memutihkan Kuku yang Menguning

cara memutihkan kuku,kuku menguning
KECANTIKAN 27 July 2018

Halodoc, Jakarta - Untuk menunjang penampilan, banyak kalangan wanita yang rela mengeluarkan uang dan merelakan waktu mereka untuk melakukan perawatan tubuhnya. Semua seluk tubuhnya pasti tidak luput dari perawatan tersebut agar penampilannya mendekati sempurna.

Nah, salah satu hal yang biasanya dianggap sepele adalah perawatan kuku. Kuku yang sehat biasanya berwarna cerah, sehingga akan dengan mudah diwarnai menggunakan cat kuku. Namun, apa jadinya jika kukumu berwarna kuning, pasti sangat menyebalkan karena mengganggu penampilanmu. Jangan panik, berikut ini terdapat cara memutihkan kuku yang mudah dan patut kamu coba!

  1. Kulit Jeruk

Jika kamu gemar mengonsumsi buah jeruk, setelah membaca artikel ini sebaiknya kamu tidak membuang kulit jeruk. Cara memutihkan kuku dengan kulit jeruk sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menggosokkan kulit jeruk tersebut ke kuku-kuku tangan dan kakimu. Lakukan dengan rajin agar hasilnya maksimal.

Baca juga: Enggak Hanya Segar, Ini Manfaat Lemon untuk Kecantikan

  1. Kulit Lemon

Sama seperti kulit jeruk, kamu juga bisa memutihkan kuku dengan kulit lemon. Cara dengan memeras kulit lemon hingga keluar seperti spray air dan arahkan langsung ke kuku satu per satu. Lakukan dengan rutin agar proses pemutihan ini berjalan cepat.

  1. Baking Soda

Cara memutihkan kuku selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda akan mampu mengangkat noda kuning pada kuku, dan cara ini pun dinilai cukup efektif serta aman dilakukan. Gunakanlah 3 sendok teh baking soda dan tambahkan sedikit air hingga teksturnya menjadi pasta. Oleskan pada bagian kuku satu persatu dan diamkan hingga mengering dengan sendirinya.

  1. Pasta Gigi

Bahan yang biasa kamu gunakan setiap hari juga ternyata mampu memutihkan  kukumu. Bahan tersebut adalah pasta gigi. Sebelum mengoleskan pasta gigi tersebut ke kukumu, pastikan agar kukumu dalam keadaan bersih. Oleskan pasta gigi tersebut dan gosok perlahan menggunakan sikat khusus untuk kukumu. Kamu dapat melakukan hal ini setiap hari agar hasilnya maksimal.

  1. Cuka Apel

Punya cuka apel yang masih tersisa banyak di rumah? Nah, gunakanlah air cuka apel tersebut untuk dioleskan ke kukumu setiap hari. Namun, tetap pastikan kalau kukumu sudah dalam keadaan bersih untuk sebelumnya dioleskan satu persatu hingga merata. Diamkan kukumu hingga mengering dan bilaslah dengan air bersih.

  1. Air Garam

Ini merupakan cara memutihkan kuku yang paling mudah. Kamu hanya memerlukan semangkuk besar air hangat dan garam sebanyak 4 hingga 5 sendok makan. Rendamlah kuku ke dalam mangkuk sambil di gosok perlahan menggunakan sikat gigi.

Baca juga: 6 Manfaat Garam untuk Kecantikan

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga ampuh untuk mengembalikan warna kuku menjadi lebih cerah.  Siapkan terlebih dahulu 3 hingga 4 sendok minyak zaitun dan bersihkan dahulu kukumu. Setelah itu, olesi kuku dengan minyak zaitun dan pijatlah perlahan. Kamu dapat melakukan hal ini setiap hari hingga hasilnya maksimal.

Selain dengan menggunakan bahan-bahan di atas untuk memutihkan kuku, kamu juga dapat melakukan beberapa cara untuk menghindari kuku yang menguning. Nah, berikut ini hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kuku menguning:

  • Konsumsi Vitamin B dari kacang-kacangan dan sayuran seperti kedelai, gandum, bayam, selada, dan kubis.
  • Hindari konsumsi minuman berkafein dan alkohol berlebihan.
  • Perbanyaklah minum air putih.

Nah, itulah beberapa tips untuk membuat kuku kembali putih, bersih, dan sehat. Kalau kamu punya pertanyaan seputar kecantikan dan kesehatan kulit, pakai saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa berdiskusi dengan dokter lewat Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

 


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

16 August 2018

Xerostomia merupakan kondisi yang bisa dialami sesekali oleh siapapun. Khususnya dalam kondisi gugup atau cema...

Selengkapnya

OLAHRAGA

16 August 2018

Roller sport itu olahraga yang menyenangkan, apalagi kalau dilakukan bareng anak. Cari tahu manfaat roller spo...

Selengkapnya

IBU & ANAK

16 August 2018

Cacat lahir yang sering dijumpai di Indonesia adalah bibir sumbing atau cleft lip. Simak penjelasan dari Halod...

Selengkapnya