• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Seberapa Penting Pertolongan Pertama pada Kecelakaan?

Seberapa Penting Pertolongan Pertama pada Kecelakaan?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) adalah upaya penting yang harus dilakukan untuk menyelamatkan nyawa seseorang yang mengalami kecelakaan. Dalam hal ini, orang yang menjadi korban kecelakaan harus tetap segera dirujuk ke Unit Gawat Darurat (UGD rumah sakit terdekat. 

Namun, sebelum petugas medis datang ke lokasi kecelakaan, upaya pertolongan perlu dilakukan untuk meringankan kondisi atau mencegah keparahan berlanjut hingga bisa mengancam nyawa korban. Dengan begitu, ketika petugas medis datang untuk memberikan penanganan intensif, peluang korban kecelakaan untuk sembuh dan selamat bisa cukup tinggi. 

Baca juga: Pertolongan Pertama pada Orang yang Mengalami Penurunan Kesadaran

Prosedur Pertolongan Pertama pada Kecelakaan

Prosedur pertolongan pertama pada kecelakaan adalah panduan umum yang perlu dipahami semua orang saat mengalami atau menyaksikan kecelakaan. Pertolongan ini diperlukan untuk penanganan cepat sementara, setidaknya sampai petugas medis yang dibutuhkan tiba, sehingga kamu atau korban kecelakaan mendapatkan perawatan medis. 

Langkah-langkah pertolongan pertama pada kecelakaan ini didasarkan pada prosedur pertolongan pertama yang direkomendasikan oleh American Heart Association dan American Red Cross, yaitu:

1. Pertolongan Pertama untuk Perdarahan

Hampir semua bentuk perdarahan dapat dikendalikan. Pada kasus yang ringan, perdarahan biasanya berhenti dengan sendirinya. Namun, jika perdarahan berlangsung hebat dan tidak terkontrol, bisa terjadi syok yang berujung pada kematian. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan sebagai pertolongan pertama pada perdarahan.

Pertama, tutuplah luka dengan kain kasa atau kain bersih apapun yang ada di sekitar kamu, berikan sedikit tekanan pada sumber luka untuk menghentikan aliran darah. Jangan lepaskan balutan kain sampai petugas medis tiba. Bila perlu, perlu tambahkan lapisannya, sehingga bisa membantu pembentukan gumpalan untuk menghentikan aliran.

Baca juga: Pertolongan Pertama pada Kecelakaan Sepeda Motor

2. Pertolongan Pertama untuk Luka Bakar

Langkah pertolongan awal yang dapat dilakukan untuk merawat luka bakar adalah menghentikan proses pembakaran pada kulit. Pertama, bersihkanlah terlebih dulu bahan kimia yang ada dan jauhkan sumber listrik. Dinginkan bagian tubuh yang terkena luka bakar dan terasa panas dengan air mengalir. Jika korban terjemur, tutupi atau bawalah ke dalam ruangan. 

Semua hal yang menyebabkan luka bakar dan seberapapun buruknya, sebaiknya dihentikan. Tingkat keparahan luka bakar biasanya didasarkan pada kedalaman dan ukuran. Untuk luka bakar yang serius, kamu mungkin membutuhkan tenaga dokter. Agar lebih mudah, kamu bisa segera menghubungi dokter atau mencari informasi rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc.

3. Pertolongan Pertama untuk Kulit Melepuh

Jika kamu atau korban kecelakaan mengalami lecet kecil, tidak pecah, dan tidak terlalu sakit, mungkin masih bisa dibiarkan saja dan pulih dengan sendirinya. Namun, kamu tetap perlu menutup luka untuk mencegah gesekan dan tekanan yang dapat menyebabkan pembengkakan dan luka pecah dengan sendirinya. 

Jika kulit lepuhan cukup besar dan menyakitkan, kamu perlu mengeringkan dan menutupinya supaya tidak lecet. Gunakan jarum yang telah disterilkan dan buat tusukan kecil pada bagian tepi lepuhan untuk mengeluarkan cairan. Kemudian, oleskan salep antibiotik dan tutupi bekas luka untuk melindunginya dari gosokan dan tekanan. 

4. Pertolongan Pertama untuk Patah Tulang

Hampir semua cedera ekstrem seperti patah tulang memerlukan pertolongan pertama, bahkan jika perlu sampai mendapatkan perawatan sinar-X. Baik itu patah ringan ataupun berat, membutuhkan pertolongan yang sama. Sebab, dampaknya akan membuat korban tidak bisa berjalan atau beraktivitas dengan baik. Sebagai pertolongan pertama, lakukan langkah-langkah berikut jika ada dugaan patah tulang:

  • Jangan mencoba untuk meluruskan area tulang yang patah.
  • Stabilkan ekstremitas dengan menggunakan bantalan supaya tidak bergerak.
  • Letakan kompres dingin pada area luka, tetapi jangan menempatkan es secara langsung pada kulit.
  • Berikan obat antiinflamasi seperti ibuprofen atau naproxen untuk meredakan nyeri.

Baca juga: Pertolongan Pertama Luka Bakar Akibat Terkena Minyak Panas

5. Pertolongan Pertama untuk Keseleo

Pertolongan pertama yang dilakukan untuk kasus keseleo hampir sama dengan tulang yang putih. Jika ragu, pertolongan pertama untuk keseleo haruslah sama dengan patah tulang. Imobilisasi anggota tubuh, berikan kompres dingin, dan gunakan obat antiinflamasi.

Itulah beberapa prosedur pertolongan pertama pada kecelakaan yang perlu diketahui. Perlu diketahui bahwa pertolongan pertama tersebut bukanlah pengganti pertolongan medis, tetapi bisa menjadi pengantar yang bisa dilakukan saat terjadi kecelakaan. 

Referensi:
The American Red Cross. Diakses pada 2020. First Aid Training: Prepare For The Unexpected.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. First Aid.