Segala Hal Tentang Profesi Dokter THT yang Perlu Diketahui

Segala Hal Tentang Profesi Dokter THT yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta - Jika suatu hari kamu memiliki gangguan pada area telinga, maka dokter biasanya menyarankan agar menemui dokter spesialis otolaringologi atau dikenal dengan dokter THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan). Ia merupakan dokter profesional yang menangani masalah di sekitar area telinga, hidung, atau tenggorokan serta area terkait di kepala dan leher. 

Pada abad ke-19, dokter menemukan bahwa telinga, hidung, dan tenggorokan berhubungan erat dengan sistem saluran tubuh. Mereka membuat alat khusus untuk melihat lebih dekat area-area itu dan menemukan cara untuk mengatasi masalah yang terjadi di sana sehingga spesialisasi medis baru pun lahir.

Baca Juga: Mulai Susah Mendengar, Ini Waktu yang Tepat Datangi THT

Kondisi Apa Saja yang Bisa Ditangani Dokter THT?

Dokter spesialis THT dapat melakukan operasi dan mengobati berbagai kondisi medis yang berbeda. Kamu mungkin dirujuk menemui dokter THT jika memiliki masalah kesehatan berikut ini: 

  • Kondisi telinga, seperti infeksi, gangguan pendengaran, atau masalah keseimbangan.

  • Masalah hidung seperti alergi, dan sinusitis.

  • Masalah tenggorokan seperti radang amandel, kesulitan menelan, dan masalah suara.

  • Gangguan tidur seperti mendengkur atau sleep apnea, yaitu ketika saluran napas menjadi sempit atau tersumbat dan mengganggu pernapasan saat tidur.

  • Infeksi atau tumor (kanker atau tidak) di kepala atau leher.

Baca Juga: Apakah Sinusitis Harus Selalu Dioperasi? 

Bagaimana Dokter THT Terlatih?

Dokter spesialis THT adalah wajib menempuh 4 tahun pendidikan untuk mendapat pendidikan dokter umum. Lalu, mereka diwajibkan untuk setidaknya menempuh 5 tahun pelatihan khusus. Akhirnya, mereka lulus ujian untuk disertifikasi oleh Ikatan Dokter Indonesia.

Beberapa dokter spesialis THT juga mendapatkan 1 atau 2 tahun pelatihan dalam sub-spesialisasi, seperti:

  • Alergi. Dokter-dokter ini mengobati alergi lingkungan (seperti serbuk sari atau bulu binatang peliharaan) dengan obat-obatan atau serangkaian suntikan yang disebut imunologi. Mereka dapat membantu seseorang untuk mengetahui apakah ia memiliki alergi makanan atau tidak.

  • Operasi Wajah dan Rekonstruksi. Dokter-dokter ini bisa melakukan operasi kosmetik seperti bedah pengangkatan wajah dan hidung. Mereka membantu orang-orang yang penampilannya berubah akibat kecelakaan atau karena cacat lahir yang perlu diperbaiki.

  • Kepala dan Leher. Jika kamu memiliki tumor di hidung, sinus, mulut, tenggorokan, kotak suara, atau kerongkongan atas, dokter spesialis ini dapat mengatasi masalah tersebut. 

  • Laringologi: Dokter-dokter ini akan mengobati penyakit dan cedera yang memengaruhi kotak suara (laring) dan pita suara. Mereka juga membantu mendiagnosis dan mengobati masalah kesulitan menelan.

  • Otologi dan Neurotologi: Jika kamu memiliki masalah dengan telinga, spesialis ini dapat membantu. Mereka mengobati kondisi seperti infeksi, gangguan pendengaran, pusing, dan dering atau berdengung di telinga (tinnitus).

  • THT Anak: Anak mungkin tidak dapat memberi tahu dokternya apa yang mengganggunya. Dokter spesialis THT Anak dilatih khusus untuk merawat anak-anak, dan mereka memiliki alat dan ruang ujian yang dirancang untuk membuat anak-anak nyaman menjalani pemeriksaan dan pengobatan. Masalah umum termasuk infeksi telinga, radang amandel, asma, dan alergi. Dokter spesialis THT Anak juga merawat anak-anak dengan cacat lahir pada kepala dan leher. Mereka dapat membantu mencari tahu apakah anak memiliki masalah bicara atau bahasa.

  • Rinologi: Dokter-dokter ini fokus pada hidung dan sinus. Mereka mengobati sinusitis, hidung berdarah, kehilangan bau, hidung tersumbat, dan pertumbuhan yang tidak biasa.

  • Masalah Tidur. Beberapa dokter THT mengobati gangguan tidur yang melibatkan pernapasan, misalnya masalah mendengkur atau sleep apnea. Dokter mungkin meneliti kondisi saat kamu tidur untuk melihat gangguan napas yang terjadi saat tidur.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Saat Gendang Telinga Pecah?

Punya masalah gangguan pada area telinga, hidung, atau tenggorokan yang tak kunjung membaik? Sudah saatnya kamu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pertolongan. Kini kamu bisa membuat janji dengan dokter THT melalui Halodoc. Praktis bukan? Kamu juga bisa download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!