• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengidap Sinusitis Harus Mendapatkan Operasi, Benarkah?

Pengidap Sinusitis Harus Mendapatkan Operasi, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mengalami pilek yang tidak kunjung sembuh disertai dengan flu yang parah? Mungkin saja kamu mengalami gangguan sinusitis. Hal ini dapat juga dapat menyebabkan hidung berair, demam, hingga rasa sakit yang timbul di sekitar hidung dan mata. Seseorang yang mengalami hal ini pasti tidak fokus untuk melakukan aktivitasnya seharian. Maka dari itu, jika sinusitis menyerang, pengobatan segera harus dilakukan.

Namun, bagaimana jika gangguan tersebut kerap kambuh? Banyak orang yang beranggapan apabila seseorang yang mengidap sinusitis harus segera mendapat operasi. Hal tersebut karena penyakit pada sinus tersebut disebut sering untuk kambuh tanpa adanya waktu yang jelas. Walau begitu, apakah sinusitis yang terjadi benar-benar harus mendapat operasi? Berikut bahasan lengkap tentang hal ini!

Baca juga: Ini Perbedaan Sinusitis Kronis dan Sinusitis Akut

Sebelum Operasi, Perhatikan Hal Ini

Sinusitis adalah suatu kondisi yang terjadi disebabkan oleh peradangan pada dinding sinus. Bagian tersebut merupakan rongga kecil di belakang tulang pipi dan dahi yang berisi udara. Gangguan ini adalah hal yang umum dan bisa terjadi pada siapa saja.

Pada orang dewasa, umumnya peradangan di dinding sinus terjadi karena adanya pembengkakan bagian dalam hidung yang dipicu oleh virus. Selain virus, infeksi jamur pada gigi serta kebiasaan merokok juga bisa menjadi pemicu sinusitis. Jenis virus yang paling sering menjadi penyebab terjadinya sinusitis adalah virus flu atau pilek.

Sementara sinusitis yang terjadi pada anak-anak terbilang berbeda, biasanya dipicu oleh alergi tertentu. Hal tersebut juga dapat disebabkan oleh penularan penyakit atau lingkungan hidup yang terlalu berasap. Peradangan yang terjadi pada dinding sinus ini sebenarnya membutuhkan penanganan khusus. Hal tersebut penting untuk mencegah penyakit tersebut menyebar dan bertambah parah.

Namun, apakah seseorang yang mengidap sinusitis benar-benar harus mendapat operasi sebagai jalan satu-satunya sembuh dari gangguan tersebut? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah tidak. Tidak selamanya sinusitis yang terjadi harus diselesaikan dengan operasi.

Salah satu pengobatan yang dapat dilakukan agar gangguan sinusitis tidak mudah kambuh adalah dengan melakukan terapi selama beberapa kali. Hal ini dilakukan terutama jika peradangan yang terjadi masih dalam tahap ringan. Maka dari itu, penting untuk menentukan seberapa parah gangguan yang terjadi dan melakukan beberapa pengobatan. Jika memang tidak ampuh, jalan terakhir adalah dengan operasi.

Sinusitis memang penyakit yang sangat mengganggu dan kerap kambuh. Maka dari itu, jika kamu mempunyai pertanyaan terkait gangguan ini, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah sekali, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu miliki!

Baca juga: Ketahui 3 Jenis Sinusitis dan Gejalanya

Kapan Sinusitis Harus Mendapatkan Operasi?

Banyak orang yang bertanya kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan operasi sinusitis. Umumnya, tindakan operasi dapat direkomendasikan apabila gangguan sinus yang terjadi tidak memperlihatkan perbaikan setelah melakukan pengobatan dan terapi. Terlebih lagi jika gejalanya tidak membaik setelah lebih dari tiga bulan secara berturut-turut.

Tujuan utama dari operasi sinus adalah untuk meringankan gejala dan mengurangi infeksi yang terjadi. Jika gangguan tersebut terus kembali, kemungkinan ada sesuatu di rongga hidung yang hanya bisa diperbaiki dengan operasi. Maka dari itu, pemeriksaan kondisi terkini sangat disarankan, sehingga pengambilan keputusan operasi dapat segera dilakukan.

Kondisi sinusitis juga biasanya terjadi karena peradangan, sehingga penanganan yang dilakukan adalah dengan mengontrol risiko terhadap peradangan. Pun, operasi sinusitis dilakukan dengan tujuan utama membuat drainase sinus menjadi lebih baik. Setelah melakukan hal tersebut, lendir dari rongga sinus akan lebih mudah untuk keluar ke rongga hidung dan udara dapat masuk ke rongga sinus.

Setelah melakukan operasi sinusitis, penting untuk menghindari masalah yang mungkin terjadi. Biasanya setelah operasi, pengidap sinusitis akan diberi obat berupa semprot hidung. Hal yang dapat dipastikan adalah zat-zat pengobatan ini akan lebih mudah mencapai rongga sinus dibanding sebelumnya.

Baca juga: Bingung Mengatasi Sinusitis di Rumah? Coba 8 Tips Ini

Poin lainnya yang harus diperhatikan adalah mencegah faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya sinusitis. Risiko operasi pada sinusitis nyatanya dapat dicegah dengan menjauhi asap rokok, terutama seseorang yang aktif merokok. Cara lainnya adalah dengan banyak mengonsumsi air putih sehingga lendir dapat lebih encer dan mudah keluar.

 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Do I Need Surgery for Sinusitis?
Everyday Health. Diakses pada 2020. When You Need Sinus Surgery.