• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sehat Berkilau, Ini 3 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sehat Berkilau, Ini 3 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Sehat Berkilau, Ini 3 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 06 Desember 2022

“Selain perawatan kulit, minyak zaitun berfungsi untuk kesehatan rambut. Beberapa di antaranya adalah melembapkan dan mengurangi kutu rambut.”

Sehat Berkilau, Ini 3 Manfaat Minyak Zaitun untuk RambutSehat Berkilau, Ini 3 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Halodoc, Jakarta – Minyak zaitun telah lama dikenal sebagai salah satu minyak alami yang bisa digunakan untuk merawat kesehatan kulit. Namun, tahukah kamu bahwa manfaat minyak zaitun untuk rambut juga cukup banyak? 

Namun, perlu kamu ingat, penggunaan minyak zaitun untuk perawatan rambut tidak dapat digunakan untuk semua jenis rambut. Minyak zaitun cocok digunakan pemilik rambut yang kering dan tebal agar manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal.

Yuk, simak berbagai ulasan mengenai manfaat minyak zaitun untuk rambut berikut ini!

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Merawat rambut menjadi hal yang perlu dilakukan agar kesehatan rambut tetap terjaga dengan baik. Ada berbagai permasalahan yang kerap terjadi pada rambut, seperti rambut kering dan kusut, mudah patah, kutu rambut, hingga ketombe.

Tentunya, gangguan pada rambut bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada kulit kepala dan membuat rasa percaya diri menurun. Selain menggunakan perawatan medis, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk merawat rambut menjadi lebih sehat.

Berikut ini manfaat minyak zaitun untuk rambut:

  1. Melembapkan Rambut

Jika kamu memiliki jenis rambut kering yang mudah kusut dan sulit diatur, kamu bisa memilih menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung minyak zaitun. Kandungan dalam minyak zaitun bisa membuat rambut menjadi lebih lembap sehingga rambut terlihat lebih sehat.

  1. Mengurangi Kutu Rambut

Kutu rambut dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala. Selain menggunakan pengobatan medis, kamu juga bisa melakukan perawatan di rumah dengan menggunakan minyak zaitun untuk mengurangi kutu rambut.

Kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai masker rambut. Diamkan beberapa saat, kemudian sisir rambut secara perlahan agar kutu hilang dari rambut. 

Ulangi sisir rambut hingga kutu dan telurnya benar-benar hilang. Setelah itu, keramas hingga rambut kembali bersih.

  1. Mengurangi Ketombe

Jika ketombe muncul akibat kulit kepala yang kering, penggunaan minyak zaitun bisa membantu mengurangi ketombe. Kamu bisa menggunakan pijat kulit kepala agar menjadi lembap. 

Jangan lupa bersihkan secara optimal agar tidak ada minyak yang menumpuk atau tersisa. Penumpukan minyak pada kulit kepala justru dapat menyebabkan ketombe lebih buruk.

Kamu bisa lakukan perawatan rambut secara medis di rumah sakit atau klinik kesehatan pilihan menggunakan Halodoc untuk memastikan kesehatan rambut. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How to Use Olive Oil for Hair Care.