05 July 2018

Selain Kopi, 6 Makanan Ini Cocok untuk Teman Nonton Bola

begadang, cemilan sehat untuk begadang, begadang nonton bola, piala dunia 2018

Halodoc, Jakarta – Segelas kopi sepertinya sudah menjadi salah satu “sajian wajib” saat menonton piala dunia 2018. Pasalnya, sebagian besar pertandingan ditayangkan pada malam hari, hingga dini hari. Kopi berperan untuk menahan kantuk dan membuat tubuh tetap terjaga.

Sebenarnya, tidak masalah jika kamu memutuskan untuk minum kopi dan begadang menonton pertandingan piala dunia. Tapi, selain kopi, sebaiknya kamu juga menyediakan camilan sehat lain untuk teman nonton bola. Hal itu akan berguna sebagai “penyeimbang” dan menjaga tubuh tetap bugar meski kurang tidur.

Baca juga: Hindari Mata Tegang saat Nonton Piala Dunia

Lantas, jenis makanan apa saja yang sebaiknya disiapkan? Agar lebih afdol, yuk cek 6 jenis makanan yang cocok untuk teman nonton bola!

1. Kacang-kacangan

Jangan nonton bola kalau enggak ada kacang! Makanan ringan ini bisa kamu manfaatkan untuk teman nonton bola. Selain itu, kacang-kacangan juga dikenal sebagai makanan yang banyak mengandung serat dan mineral yang tinggi.

Selain itu, kandungan protein yang terkandung dalam kacang-kacangan pun tak kalah tinggi, bahkan jika dibandingkan dengan daging. Tentu saja, seluruh manfaat tersebut bisa kamu dapatkan jika kacang yang dikonsumsi diolah dengan benar. Ada beberapa jenis kacang yang baik untuk dikonsumsi, yaitu kacang merah yang dipanggang, kacang tanah, dan kacang almond.

2. Cokelat Hangat

Selain segelas kopi, sesekali kamu juga bisa memilih cokelat hangat sebagai teman nonton bola. Cokelat hitam alias dark chocolate mengandung sejumlah theobromine yang dapat meningkatkan energi tubuh.

Agar lebih sehat, sebaiknya tidak mengonsumsi cokelat yang ditambahkan dengan pemanis. Sebab hal itu malah bisa meningkatkan jumlah kalori dan bisa memberi efek samping bagi kesehatan. Tak hanya itu, sebuah penelitian menyebut bahwa cokelat hitam dapat membantu meningkatkan kemampuan otak dalam memusatkan perhatian. Sehingga, kamu bisa terjaga lebih lama.

3. Popcorn  

Popcorn merupakan jenis makanan yang cocok untuk teman menonton, baik menonton film maupun pertandingan sepak bola. Rasa gurih popcorn dapat membantu membangkitkan semangat menonton. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, pastikan untuk mengonsumsi popcorn yang tidak mengandung pemanis berlebihan.

Sebagai gantinya, cobalah untuk menyajikan popcorn dengan penyedap yang alami. Seperti bubuk kayu manis, merica, atau bubuk cabai.

Baca juga: Makan Popcorn saat Nonton Film Punya Manfaat Ini

 4. Yoghurt Rendah Lemak

Jika sedang bosan dengan kopi atau cokelat hangat, seporsi yoghurt rendah lemak juga bisa menjadi pilihan. Jenis makanan yang satu ini tak hanya enak dan menyenangkan, tapi juga baik untuk kesehatan. Pasalnya, yoghurt kaya akan probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Tak hanya itu, yoghurt juga kaya akan kandungan kalsium, vitamin B2, B12, magnesium, dan potasium. Sebaiknya pilih jenis yoghurt yang rendah lemak dan hindari pemberian tambahan yang tinggi kalori, seperti cokelat, atau gula dan saus manis.

Baca juga:  Begadang Nonton Piala Dunia, Siapkan 4 Hal Ini

 5. Buah-buahan

Jenis makanan sehat yang satu ini juga cocok untuk dijadikan teman nonton bola. Daripada mengonsumsi sembarang makanan, buah adalah pilihan terbaik. Sebab buah-buahan segar banyak mengandung serat, mineral, dan vitamin. Jadi, sambil menonton pertandingan piala dunia, kamu tetap bisa menjaga kebugaran tubuh.

 6. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kafein yang lebih rendah daripada kopi. Mengonsumsi cukup kafein dapat membantu tubuh terjaga namun tidak berlebihan.

Kebiasaan begadang sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan. Sebab hal itu malah bisa mengacaukan jam tubuh dan memicu penyakit. Kalau ada keluhan penyakit, sampaikan pada dokter di aplikasi Halodoc saja. Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!