• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Obat, Ini 4 Cara Menurunkan Asam Urat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Obat, Ini 4 Cara Menurunkan Asam Urat

Selain Obat, Ini 4 Cara Menurunkan Asam Urat

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 Mei 2022

“Selain menggunakan obat, asam urat bisa diatasi dengan beberapa cara. Seperti misalnya dengan memperbanyak air putih dan istirahat.”

Selain Obat, Ini 4 Cara Menurunkan Asam Urat

Halodoc, Jakarta – Asam urat adalah kondisi peradangan yang terjadi pada bagian sendi akibat kadar asam urat dalam tubuh sangat tinggi. Hal ini membuat pengidapnya merasa tidak nyaman, nyeri, hingga bengkak pada bagian persendian yang mengalami asam urat.

Penggunaan obat-obatan biasanya digunakan untuk meredakan gejala yang dirasakan. Selain obat, kamu bisa menurunkan asam urat dengan melakukan berbagai cara yang alami. Nah, berikut ini cara menurunkan asam urat yang bisa dilakukan:

1. Memperbanyak Asupan Air Putih

Asam urat menyebabkan nyeri dan pembengkakan pada bagian persendian. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi gejala tersebut dengan memperbanyak asupan air putih.

Pastikan kamu mengonsumsi air putih lebih dari delapan gelas selama satu hari. Selain itu, hindari mengonsumsi alkohol atau soda saat asam urat kambuh. Pasalnya, kedua jenis minuman ini dapat memperburuk gejala asam urat.

2. Air Lemon Bisa Jadi Cara Menurunkan Asam Urat

Selain air putih, kamu juga bisa mengonsumsi perasan air lemon untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Melansir Pro Quest, pada tahun 2015 terdapat sebuah penelitian dengan mengonsumsi dua liter air yang dicampurkan dengan perasan air lemon mampu mengurangi asam urat. Hal ini disebabkan air lemon membantu menetralkan asam lambung dalam tubuh.

3. Mengonsumsi Berbagai Buah Sehat

Selain menggunakan obat, kamu juga bisa mengonsumsi beberapa buah untuk membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Kamu bisa pilih berbagai buah yang memiliki kandungan vitamin C di dalamnya untuk meredakan gejala asam urat, seperti jeruk, stroberi, hingga nanas.

Kamu juga bisa mengonsumsi alpukat. Buah ini memiliki kandungan vitamin E dan lemak sehat yang bisa memenuhi kebutuhan antioksidan. Dengan begitu, peradangan akibat asam urat bisa diredakan dengan baik.

4. Batasi Aktivitas dan Perbanyak Istirahat

Saat asam urat kembali muncul, sebaiknya batasi aktivitas dan perbanyak kebutuhan istirahat agar gejala yang kamu rasakan semakin membaik. Hindari melakukan olahraga berat dan menggunakan persendian secara berlebihan untuk mencegah gejala semakin memburuk. Semua ini bisa menjadi cara menurunkan asam urat di tubuh yang mudah untuk dilakukan.

Itulah cara menurunkan asam urat tanpa menggunakan obat. Jika membutuhkan obat asam urat, dapatkan keperluan obat yang dibutuhkan melalui aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Medical News Today. Diakses pada 2022. 10 Home Remedies for Gout.
ProQuest. Diakses pada 2022. SAT0318 Lemon Juice Reduces Serum Uric Acid Level Via Alkalization of Urine in Gouty and Hyperuremic Patients- A Pilot Study.
Healthline. Diakses pada 2022. Natural Home Remedies for Gout.
Web MD. Diakses pada 2022. Best (and Worst) Foods for Gout.