24 July 2018

Selulit Makin Parah Setelah Berolahraga, Kok Bisa?

selulit, olahraga

Halodoc, Jakarta - Munculnya garis-garis halus pada bagian pinggang seperti keriput tentu sangat mengganggu keindahan tubuh. Belum lagi jika kamu juga menemukannya pada area sekitar bokong, paha, dan lengan. Tentu kamu ingin melakukan segala cara agar selulit yang mengganggu penampilan ini segera menghilang. Kabarnya, olahraga menjadi salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan selulit di tubuh. Faktanya, selulit makin parah setelah berolahraga. Mengapa demikian?

Pada dasarnya, asupan nutrisi harian menjadi alternatif lain untuk mengatasi munculnya selulit. Kamu perlu mengurangi asupan lemak jahat dan karbohidrat dalam menu sehari-hari, juga menambah asupan sayur dan buah yang kaya akan vitamin dan mineral. Lalu, imbangi dengan olahraga ringan seperti mengangkat beban atau latihan kardio. Kedua jenis olahraga ini efektif untuk menurunkan berat badan dan melancarkan peredaran darah, sehingga selulit pun bisa diatasi.

Namun, terdapat beberapa jenis latihan atau olahraga yang justru membuat selulit pada tubuh kamu semakin parah, meski telah melakukan olahraga kardio atau angkat beban seperti yang dianjurkan. Ternyata, ini disebabkan karena tubuh mengalami kekurangan cairan alias dehidrasi.

Dehidrasi Membuat Selulit Semakin Buruk

Tertariknya jaringan fibrosa yang menghubungkan kulit dengan otot yang terletak di bagian bawahnya menjadi penyebab utama selulit muncul pada tubuh kamu. Adanya penumpukan sel lemak inilah yang membuat jaringan ikat fibrosa terdorong, sehingga menimbulkan selulit pada permukaan kulit.

Baca juga: Awas, Ini 5 Tanda Tubuh Sudah Dehidrasi

Ketika kamu berolahraga, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat melalui permukaan kulit yang membawa racun di dalam tubuh. Oleh karena itu, kamu harus banyak minum untuk menggantikan cairan tubuh yang terbuang. Jika kamu tidak segera minum selepas berolahraga, maka akan terjadi peningkatan suhu tubuh. Akibatnya, tubuh akan rentan mengalami dehidrasi.

Ketika dehidrasi mulai menyerang, sel-sel lemak yang ada pada kulit akan naik ke permukaan, sehingga menimbulkan kulit bergelombang atau mengkerut. Kondisi ini akan semakin buruk apabila kamu memang sudah memiliki selulit sebelumnya. Ini artinya, kamu harus banyak minum air putih saat berolahraga agar asupan cairan di dalam tubuh tetap terjaga meskipun kamu sedang melakukan aktivitas berat.

Sebaiknya, bawalah selalu air mineral saat kamu berolahraga, terlebih ketika cuaca sedang panas dan terik. Membawa air mineral sendiri akan membuat kamu tidak perlu kerepotan mencari minimarket untuk membeli minum. Kamu juga bisa mengganti asupan cairan dengan banyak mengonsumsi buah-buahan. Bawalah sebuah apel saat kamu berolahraga. Selain bisa mengganti cairan yang hilang, mengonsumsi buah juga membuat kamu tetap bugar dan segar setelah olahraga karena adanya cadangan energi.

Ketahui Ciri Dehidrasi

Sementara itu, kamu juga perlu mengetahui ciri dan gejala yang muncul pada tubuh saat terkena dehidrasi. Apabila tubuh kamu mulai lelah dan lemas, kepala mulai pusing, dan beberapa bagian tubuh terasa kram, ini artinya kamu mengalami gejala dehidrasi. Jangan sampai kamu mengabaikan rasa haus. Segera minum setiap kali rasa haus datang, supaya risiko dehidrasi bisa kamu hindari.

Baca juga: Benarkah Kopi dan Teh Bikin Dehidrasi

Demikian tadi ulasan singkat mengenai selulit yang semakin parah setelah kamu berolahraga. Jadi, jangan sepelekan asupan cairan harian kamu, ya. Apabila kamu mengalami gejala yang tidak biasa pada tubuh kamu, kamu bisa langsung menanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui aplikasi ini, kamu juga bisa membeli obat dan vitamin serta melakukan cek lab, lho. Yuk, download aplikasi Halodoc di ponsel kamu sekarang juga!