Benarkah Kopi dan Teh Bisa Bikin Dehidrasi

Benarkah Kopi dan Teh Bisa Bikin Dehidrasi
DIET & NUTRISI 18 April 2018

Halodoc, Jakarta – Siapa yang tidak gemar menikmati kopi atau teh di pagi hari? Ya, menikmati kopi dan teh di pagi hari ternyata bisa menyegarkan diri kita setelah beristirahat semalaman. Itu disebabkan karena kopi dan teh mengandung kafein yang bisa memberikan kamu semangat ekstra untuk menjalani aktivitas kamu seharian.

(Baca juga: Penggemar Matcha, Ini Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan)

Kopi dan Teh Mengandung Kafein

Namun, dibalik khasiat kafein untuk tubuh kamu, kafein adalah senyawa alkaloid xantina yang berbentuk kristal dan memiliki rasa pahit dan berguna sebagai obat perangsang psikoaktif dan bersifat diuretik ringan. Diuretik adalah zat yang dapat meningkatkan aliran darah ke ginjal dan juga dapat meningkatan produksi urine.

Seperti dilansir ABC, ahli diet sekaligus juru bicara Dietitians Association of Australia, Lisa Renn, mengatakan bahwa kamu tidak akan merasakan efek dehidrasi jika kamu hanya menikmati secangkir kopi atau teh per hari.

Jumlah Kandungan Kafein pada Kopi dan Teh

Nah, itulah sebabnya kamu perlu tahu jumlah kafein yang terkandung pada setiap kopi atau teh yang kamu nikmati. Berdasarkan saran Food Standard Agency, dalam satu hari kamu hanya boleh mengonsumsi kafein sebanyak 200 miligram. Kafein sebanyak 200 miligram, biasanya setara dengan 2 cangkir kopi. Jadi, jika kamu hanya mengonsumsi segelas kopi atau teh per harinya, kamu tidak akan merasakan efek dehidrasi. Namun, jika kamu mengonsumsi lebih dari 500 miligram kafein atau setara dengan 5 cangkir kopi per hari, efek diuretik bisa saja kamu rasakan tergantung banyaknya kandungan kafein pada kopi yang kamu nikmati.

Biasanya, kopi maupun teh instan memiliki kandungan kafein yang rendah. Namun, meskipun kopi dan teh instan memiliki kadar kafein rendah, sebaiknya kamu jangan terlalu sering mengonsumsi minuman tersebut. Karena, dikhawatirkan akan menimbulkan penyakit baru bagi tubuh kamu karena kandungan gulanya yang sangat tinggi.

Seimbangkan Kopi dan Teh dengan Air Putih

Menikmati beberapa cangkir kopi dan teh tentu boleh saja, tapi jangan lupa untuk tetap mengonsumsi air putih secukupnya. Kopi dan teh pun sebenarnya mengandung air yang dapat menghidrasi tubuh kamu, tapi kandungan airnya tidak sebanyak ketika kamu mengonsumsi beberapa gelas air putih setiap harinya.  Jadi, meskipun kamu telah menghitung jumlah kafein yang terkandung dalam setiap kopi atau teh yang kamu konsumsi, sebaiknya tetap perbanyak minum air putih, agar tubuh kamu tetap sehat dan bisa selalu semangat di waktu yang bersamaan.

Selain mengonsumsi kopi dan teh, masih ada beberapa cara lain agar kamu tetap bisa bersemangat di pagi hari. Menikmati segelas air putih setelah bangun tidur adalah salah satu cara untuk membakar semangat kamu pada pagi hari, lho. Nah, bagaimana? Apakah sudah menikmati kopi atau teh sesuai dengan takarannya? Jika kamu ingin tahu lebih banyak lagi mengenai manfaat kopi atau teh, kamu bisa bertanya langsung pada dokter. Langsung saja download aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui fitur Contact Doctor, di sini kamu bisa melakukan Video Call atau Voice Call dengan dokter. Kamu bisa menemukan aplikasi Halodoc pada App Store atau Google Play.


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

13 July 2018

Cuaca ‘ekstrem’ di Rusia bisa memengaruhi performa pemain di lapangan. Lalu, bagaimana cara pemain menyesuaik...

Selengkapnya

KECANTIKAN

13 July 2018

pertolongan pertama luka bakar yang banyak dikenal ternyata tidak semuanya benar. Bahkan, ada beberapa yang sa...

Selengkapnya

SEKS

13 July 2018

Kutil kelamin adalah kemunculan benjolan daging kecil di area genital dan dubur yang diakibatkan oleh infeksi ...

Selengkapnya