• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Dianggap Mudah Menyebar, Ini 4 Penyakit Tidak Menular

Sering Dianggap Mudah Menyebar, Ini 4 Penyakit Tidak Menular

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Sering Dianggap Mudah Menyebar, Ini 4 Penyakit Tidak Menular

“Penyakit tidak menular (PTM) tidak boleh disepelekan. Meskipun tidak mudah menyebar dari satu orang ke orang lain, tetapi jenis penyakit ini tetap berbahaya. Beberapa jenis penyakit ini bahkan bisa memicu komplikasi parah hingga berujung kematian. Ada beberapa jenis PTM yang sering terjadi di Indonesia, seperti penyakit kardiovaskular dan penyakit liver.

Halodoc, Jakarta – Tidak semua penyakit bisa menular dari satu orang ke orang lainnya. Nyatanya, ada jenis penyakit tidak menular yang bisa menyerang siapa saja. Malahan, beberapa jenis penyakit tidak menular bisa berdampak lebih fatal dibandingkan penyakit yang mudah menyebar. Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa saja jenis penyakit tidak menular. 

Dengan mengetahui jenis penyakit dan penyebabnya, kewaspadaan bisa ditingkatkan. Faktanya, beberapa jenis penyakit tidak menular sering disalahartikan sebagai penyakit yang mudah menyebar. Padahal, jenis penyakit ini tidaklah menyebar, tetapi komplikasi yang dimunculkan tidak main-main. Beberapa di antaranya bahkan bisa memicu kematian. 

Baca juga: Olahraga Kardiovaskular yang Baik untuk Jantung

Beragam Jenis Penyakit Tidak Menular yang Perlu Diketahui 

Ada sangat banyak jenis penyakit di dunia. Penyakit-penyakit ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu penyakit menular dan penyakit tidak menular. Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis penyakit tidak menular yang bisa terjadi, beberapa di antaranya bahkan menjadi penyebab kematian tertinggi. Berikut ini beberapa jenis penyakit yang perlu diwaspadai meskipun tidak menular: 

  1. Penyakit Kardiovaskular 

Gangguan kardiovaskular menjadi salah satu penyebab kematian tersering di dunia. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kondisi ini, salah satunya gaya hidup yang tidak sehat. Kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat serta kurangnya aktivitas fisik sering menjadi penyebab utama seseorang mengalami penyakit kardiovaskular. Meskipun penyakit ini tidak ditularkan melalui kontak langsung dengan pengidap, tetapi meniru Kebiasaan buruk dan pola hidup yang tidak sehat bisa saja terjadi. Hal ini nantinya akan memicu peningkatan tekanan darah, gula darah, serta menyebabkan obesitas alias kelebihan berat badan. 

  1. Penyakit Lupus 

Ada yang percaya bahwa lupus adalah jenis penyakit yang bisa menular. Namun, perlu diketahui bahwa lupus merupakan penyakit tidak menular. Lupus adalah penyakit jangka Panjang yang menyebabkan pengidapnya mengalami nyeri dan peradangan di tubuh. Nyeri dan peradangan bisa terjadi di bagian tubuh mana saja.

Baca juga: Penyakit Lupus Bisa Menyerang Anak, Ini Penyebabnya

  1. Penyakit Liver 

Gangguan liver memang termasuk dalam jenis penyakit tidak menular. Namun hati-hati, hepatitis yang merupakan salah satu penyebab penyakit ini bisa menular. Penularan hepatitis bisa terjadi melalui kontak seksual, darah, serta kontaminasi feses dari orang yang sebelumnya sudah terkontaminasi. 

  1. Penyakit Pernapasan Kronis 

Hampir semua penyakit yang berkaitan dengan saluran pernapasan selalu dianggap sebagai penyakit yang menular. Namun, faktanya tidak demikian. Ada beberapa jenis penyakit pernapasan yang termasuk dalam daftar penyakit tidak menular, salah satunya penyakit pernapasan kronis. Secara umum, kondisi ini terjadi karena aliran udara terhalangi dari paru-paru. 

Kondisi ini menyebabkan pengidapnya mengalami gejala batuk, kesulitan bernapas, mengi, serta keluar lendir atau dahak. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kondisi ini, salah satunya paparan jangka panjang dari zat tertentu, seperti gas dan asap rokok. Selain itu, penyakit paru-paru juga memiliki kaitan erat dengan genetik, sehingga beberapa di antaranya sulit untuk dihindari. 

Itulah beberapa jenis penyakit tidak menular yang perlu diketahui. Jika mengalami gejala atau tanda dari salah satu penyakit di atas, sebaiknya segera pergi ke rumah sakit. Hal ini penting dilakukan untuk mendapatkan pertolongan medis segera. Dengan begitu, risiko komplikasi parah bisa dihindari. 

Baca juga: Ini Jenis-Jenis Lupus yang Perlu Diketahui

Biar lebih mudah, pakai aplikasi Halodoc untuk menemukan daftar rumah sakit yang bisa dikunjungi. Atur jadwal dan temukan rumah sakit terdekat yang sesuai dengan kebutuhan. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
WHO. Diakses pada 2021. Noncommunicable diseases.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What to know about cardiovascular disease
Lupus Foundation of America. Diakses pada 2021. Is lupus contagious?
Share Care. Diakses pada 2021. Is liver disease contagious?