Si Kecil Terserang Kanker Tulang, Begini Pilihan Pengobatannya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Si Kecil Terserang Kanker Tulang, Begini Pilihan Pengobatannya

Halodoc, Jakarta – Penyakit kanker tulang dapat muncul di bagian tulang mana saja. Meski jarang terjadi, penyakit ini perlu diwaspadai karena rentan menyerang anak-anak pada masa tumbuh kembangnya. Beberapa jenis kanker tulang yang perlu diwaspadai meliputi chondrosarcoma, ewing sarcoma, dan osteosarcoma.

Baca Juga: 4 Jenis Kanker Tulang dan Cara Penyebarannya

Tanda dan Gejala Kanker Tulang

Berikut tanda dan gejala kanker tulang:

  • Sakit tulang.
  • Pembengkakan di area yang terserang sel-sel ganas.
  • Tulang melemah sehingga rentan menyebabkan patah tulang.
  • Kelelahan.
  • Penurunan berat badan secara signifikan.
  • Nyeri yang memburuk pada malam hari atau saat berolahraga.

Diagnosis dan Pengobatan Kanker Tulang

Untuk mendiagnosis kanker tulang, dokter akan bertanya tentang riwayat medis dan melakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan penunjang juga dibutuhkan untuk mencari tahu lokasi kanker (foto rontgen) dan penyebaran kanker (CT scan atau MRI). Diagnosis juga bisa berdasarkan spesiment (PA).

Pilihan pengobatan untuk kanker tulang tergantung pada usia, jenis kanker dan seberapa parah kanker yang dialami anak. Ini karena, tulang juga sering menjadi tempat metastasis kanker lainnya. Apabila Si Kecil mengidap kanker tulang, orangtua perlu berdiskusi dengan dokter untuk menentukan jenis perawatan yang tepat. Berikut pilihan pengobatan kanker tulang pada anak:

  1. Operasi

Operasi bertujuan untuk mengangkat tumor atau sel kanker. Dalam kebanyakan kasus, operasi menggunakan teknik khusus untuk mengangkat tumor dalam satu bagian sekaligus jaringan sehat yang mengelilinginya. Jika terjadi kerusakan tulang, dokter akan menggantinya dengan tulang dari area tubuh lain atau tulang yang terbuat dari logam dan plastik keras.

Amputasi diperlukan bila kanker tulang telah menyebar atau terletak di titik yang rumit. Setelah diamputasi, pengidap biasanya dipasangi anggota tubuh tiruan dan menjalani pelatihan khusus untuk belajar menggunakan anggota tubuh baru.

Baca Juga: Menyerang Tanpa Gejala, Ani Yudhoyono Mendadak Divonis Kanker Darah

  1. Kemoterapi

Kemoterapi bertujuan untuk membunuh sel kanker dengan cara memasukan obat anti kanker yang kuat melalui pembuluh intravena. Jenis perawatan ini hanya bekerja efektif untuk beberapa jenis kanker. Kemoterapi umumnya dilakukan pada kasus kanker tulang jenis osteosarcoma dan ewing sarcoma.

  1. Terapi Radiasi

Terapi radiasi adalah jenis perawatan medis yang menggunakan sinar-X untuk membunuh sel kanker. Selama terapi radiasi, pengidap berbaring di atas meja, kemudian mesin bergerak di sekitar tubuh sambil memancarkan sinar energi pada titik-titik yang tepat. Terapi radiasi sering digunakan sebelum operasi karena berguna mengecilkan tumor dan membuatnya lebih mudah dihilangkan. Perawatan ini juga berguna untuk mengurangi risiko amputasi pada pengidap kanker tulang.

Selain itu, terapi radiasi bekerja pada pengidap kanker tulang yang sulit dihilangkan dengan operasi. Setelah operasi, terapi radiasi dapat digunakan untuk membunuh sel-sel kanker yang tertinggal. Untuk pengidap dengan kanker tulang stadium lanjut, terapi radiasi membantu mengendalikan tanda dan gejala yang muncul.

Baca Juga: Terapi Imun untuk Pengidap Kanker, Efektif atau Tidak?

Itulah sedikit informasi seputar kanker tulang yang perlu diketahui. Jika ada pertanyaan seputar penyakit kanker lainnya, tanyakan saja dengan dokter Halodoc. Gunakan fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!