19 January 2018

5 Tips Agar Tak Mudah Kelelahan Saat Bekerja

5 Tips Agar Tak Mudah Kelelahan Saat Bekerja

Halodoc, Jakarta – Mengatasi lelah saat bekerja tidak sesulit apa yang dibayangkan. Banyaknya aktivitas yang perlu dijalani saat bekerja tidak jarang membuat kamu merasa lelah. Beberapa pekerja bahkan lebih mementingkan untuk menyelesaikan pekerjaannya dibandingkan dengan mementingkan kesehatan tubuh. Padahal, hal tersebut bisa membuatnya cepat lelah saat bekerja dan memengaruhi produktivitasnya.

Karena itu, agar tidak mudah kelelahan saat bekerja, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Yuk, intip lima tips agar tak mudah kelelahan saat bekerja di bawah ini:

Sarapan

Karena terburu-buru, beberapa orang kerap melewatkan sarapan. Padahal, para ahli telah menyebutkan bahwa sarapan bisa membuat seseorang lebih fokus. Jadi, agar tak mudah lelah dan bisa fokus saat bekerja, kamu perlu sarapan sebelum berangkat kerja.

Minum Air Putih yang Cukup

Kurang minum bisa membuat kamu dehidrasi, yang dapat membuat kamu mudah lelah. Para ahli menyebutkan bahwa dehidrasi dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan detak jantung, dan memperlambat aliran darah ke otak yang menyebabkan kamu mudah lelah. Karena itu, kamu perlu minum air putih yang cukup sesuai kebutuhanmu agar tak mudah lelah saat bekerja.

Tidur Cukup

Mudah lelah bisa disebabkan oleh kurang tidur. Karena itu, kamu perlu tidur cukup di malam hari, setidaknya 7 jam per hari. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, kamu bisa melakukan olahraga ringan sebelum tidur seperti jalan santai atau melakukan gerakan-gerakan peregangan otot. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu istirahat di kantor untuk tidur selama 10 menit (power nap) agar kembali bugar saat bekerja.

Aktif Bergerak

Meskipun berat dilakukan, kamu perlu aktif bergerak agar tetap bugar saat bekerja, terlebih jika kamu bekerja sambil duduk. Kamu bisa melakukan rileksasi dengan berjalan di tempat atau meregangkan otot badan. Karena, beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan level energi. Aktivitas fisik, seperti berolahraga dapat meningkatkan semangat, rasa percaya diri, efektivitas dalam bekerja, dan kualitas kesehatan secara menyeluruh.

Kelola Stres

Stres dan kecemasan bisa memengaruhi tidur dan energi tubuh. Akibatnya, stres bisa membuat kamu mudah mengantuk dan lelah saat di kantor. Karena itu, kamu perlu mengelola stres dengan melakukan hal yang kamu sukai. Misalnya bertemu teman dari departemen lain, membaca buku, atau mendengarkan lagu saat waktu istirahat kantor.

Jika kamu punya keluhan dengan kesehatan, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc, lho. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk minta saran kesehatan kapan saja dan dimana saja.

Jika kamu penasaran dengan kadar kolestrol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain, kamu bisa cek melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah! Kamu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui kamu pada waktu yang sudah ditentukan. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Kamu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.