22 February 2018

Sibuk Tetap Bisa Olahraga dengan Pilates

Sibuk Tetap Bisa Olahraga dengan Pilates

Halodoc, Jakarta – Merasa akhir-akhir ini sibuk dan enggak sempat olahraga? Kalau itu yang sedang kamu rasakan, sudah saatnya kamu mencoba pilates. Kamu bisa mendapatkan manfaat olahraga pilates supaya tahu perbedaan sebelum dan sesudah melakukannya.

Nah, sebenarnya apa sih pilates itu? Pilates tidak hanya olahraga ataupun senam biasa tetapi juga bisa dibilang sebagai seni memperbaiki dan mengencangkan postur tubuh melalui latihan kelenturan, fleksibilitas serta melatih otot dan kekuatan tulang belakang.

Pilates sangat dianjurkan buat kamu yang terlalu banyak menghabiskan waktu di kantor dengan duduk yang membuat badan membungkuk sehingga postur tulang belakang menjadi tidak tegak. Hanya butuh 15 menit kamu bisa melakukan latihan pilates ringan, apakah di pagi hari atau sepulang dari kantor, senyamannya kamu saja.

Apalagi dengan teknologi yang ada seperti sekarang ini ada banyak gerakan pilates yang bisa kamu contoh di Youtube tanpa perlu harus keluar rumah dan bergabung dengan kelas pilates. Buat kamu yang jarang berolahraga, latihan intens seperti pilates mungkin bisa memberikan otot pegal ataupun perut terasa kram di awal-awal latihan. Kondisi seperti ini adalah situasi yang lazim terjadi.

Baca juga 6 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ketika kamu sudah punya jadwal yang rutin untuk latihan, rasa pegal akan berkurang dan yang tinggal hanyalah benefit-nya. Supaya lebih jelas berikut adalah manfaat olahraga pilates perlu kamu tahu.

  1. Mengencangkan Otot-otot

Sebenarnya gerakan pilates ada yang menyerupai sit up, plank serta kolaborasi kardio dan senam. Sehingga manfaat dari latihan pilates ini dapat mengencangkan otot-otot, terutama perut, paha, lengan dan panggul.

  1. Melatih Kelenturan

Gerakan pilates yang pelan, teratur seperti menari namun berenergi dapat melatih kelenturan yang berguna juga dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari berjalan, berdiri, postur ketika mengambil sesuatu di lantai ataupun tempat yang tinggi.

  1. Mengecilkan Perut

Latihan otot yang dilakukan di pilates dapat membantu mengecilkan perut dan lingkar pinggang. Seperti yang disebutkan, salah sau gerakan pilates menyerupai sit up dengan menggerakkan kaki secara bergantian, jadi sudah pasti sangat dapat mengecilkan perut.

  1. Melatih Keseimbangan

Manfaat olahraga pilates yang bisa dirasakan lainnya adalah melatih keseimbangan motorik. Pernah tidak kamu merasa sistem motorik kamu tidak sinkron dan terkadang ketika mau bangun dari posisi duduk/jongkok rasa pusing dan mendadak kehilangan keseimbangan. Nah, dengan pilates kamu bisa melatih keseimbangan dan mengurangi kepala pusing saat bangun tiba-tiba.

  1. Melatih Fungsi Otak dan Daya Ingat

Penelitian dari Journal of the International Neuropsychological Society menemukan fakta, orang-orang yang rutin pilates memiliki kemampuan memori yang lebih baik, keseimbangan otak kiri dan kanan. Selain itu manfaat pilates bagi otak lainnya adalah dapat membuat lebih fokus dan tenang dalam kondisi tertekan sekalipun.

  1. Menurunkan Berat Badan

Banyak yang tidak percaya kalau pilates bisa menurunkan berat badan karena terkesan latihannya ringan dan tidak kardio banget. Memang, berat badan yang turun tidak begitu berasa tetapi bentuk tubuh akan lebih berlekuk dan bila rutin dilakukan juga bisa menurunkan berat badan. Tentunya harus dibantu dengan diet dan pola makan yang sehat.

Buat kamu yang masih bingung diet seperti apa yang paling pas itu seperti apa, tanyakan saja langsung ke Halodoc. Di Halodoc ada layanan yang memudahkan kamu untuk bertanya apa saja seputar kesehatan dan masalah medis lainnya. Ngobrol dengan dokter Halodoc bisa melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasinya di App Store dan Google Play.