6 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan di Rumah

6 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan di Rumah
OLAHRAGA 13 February 2018

Halodoc, Jakarta – Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berlatih yoga setiap hari. Dari segi kesehatan, yoga bisa mengurangi stres, mencegah risiko penyakit kronis, dan meredakan nyeri tubuh. Sedangkan dari segi kecantikan, yoga bisa membantu kamu untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Enggak hanya bisa dilakukan di pusat kebugaran, beberapa gerakan yoga pun bisa kamu lakukan di rumah, kok. Jadi, buat kamu yang enggak sempat mampir ke pusat kebugaran, kamu bisa berlatih gerakan-gerakan ini di rumah, ya.

  1. Seated Yoga Pose

Bukan sembarangan duduk, tapi pose duduk yang benar dalam yoga adalah duduk bersila dengan posisi tubuh tegak, dada membusung ke depan, kepala diangkat ke atas dan rileks. Pose seated yoga ini bertujuan untuk menguatkan otot dan merilekskan tubuh.

  1. Mountain

Gerakan ini pada dasarnya hanya berdiri tegak. Walaupun kelihatannya sederhana, tapi pose mountain bisa memperbaiki postur tubuh dan melatih keseimbangan. Caranya, berdiri tegak dengan ujung ibu jari kaki menempel, sementara bagian tumit direnggangkan dan tangan berada di samping tubuh. Busungkan dada sampai membentuk postur tubuh ideal, kepala dalam posisi tegak, sedangkan punggung dan panggul tetap rileks. Tahan sekitar 30 detik sampai satu menit.

  1. Tree Pose

Gerakan berdiri dengan satu kaki ini bermanfaat untuk melatih keseimbangan dan meningkatkan kelenturan tubuh. Caranya, mulailah dari berdiri tegak, kemudian satukan kedua tangan seperti posisi berdoa. Kemudian pelan-pelan angkat kaki kanan dan tempatkan telapak kaki kanan di bagian paha dalam. Tahan selama 30 detik dan jaga keseimbangan. Setelah selesai, ganti lakukan tree pose dengan kaki kiri.

  1. Standing Yoga Pose

Standing yoga pose bermanfaat untuk melatih keseimbangan dan membantu meregangkan bagian tubuh seperti bahu, perut, dada, dan pinggul. Gerakan ini dimulai dari posisi berdiri tegak, kemudian angkat kaki kanan dengan menggunakan tangan kanan ke belakang hingga membentuk sudut 45 derajat. Jagalah keseimbanganmu dengan bertumpu pada kaki kiri, lalu pelan-pelan luruskan tangan kiri ke depan. Tahan selama 30 detik dan ganti dengan kaki kiri.

  1. Warrior

Merupakan salah satu pose yang terkenal di yoga, warrior bermanfaat untuk memperkuat otot tubuh bagian bawah, sekaligus membangun stamina dan keseimbangan. Ada dua jenis posisi warrior pose warrior yang pertama adalah berdirilah tegak, kemudian rentangkan kaki. Putar pundak menghadap ke salah satu sisi, kiri atau kanan, kemudian sesuaikan arah telapak kaki ke sisi tersebut. Tekuk lutut di kaki depan sejauh 90 derajat, sedangkan kaki belakang ikut dimiringkan membentuk posisi 45 derajat. Jaga posisi dada tetap tegak dan tahan sekitar 30 detik, kemudian ganti sisi yang lainnya.

Posisi warrior yang kedua, posisi kakinya sama dengan gaya warrior pertama. Tapi, pada warrior ini, kedua tangan direntangkan lurus ke samping dengan telapak tangan menghadap ke bawah.

  1. Child Pose

Gerakan yoga ini sangat mudah dilakukan dan bermanfaat untuk meregangkan pinggul, paha depan dan punggung. Pertama-tama, duduklah bersimpuh, lalu condongkan badan ke depan hingga bagian dada menyentuh paha dan dahi menyentuh lantai. Luruskan kedua tangan ke depan dan tahan selama 30 detik. Tutuplah mata dan tarik napas dalam-dalam selama melakukan pose ini.

Sebenarnya masih ada banyak gerakan yoga yang bisa kamu lakukan di rumah. Kamu bisa bertanya kepada pelatih yoga mengenai gerakan-gerakan yang sederhana bagi pemula dan lakukan secara rutin di rumah untuk mendapatkan manfaatnya. Jika kamu mengalami masalah kesehatan tertentu, segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc.

Kamu juga bisa meminta saran kesehatan kepada dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga memudahkanmu untuk mendapatkan produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Tinggal order melalui aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Ingin melakukan tes kesehatan? Halodoc kini memiliki fitur Lab Service yang memudahkan kamu melakukan berbagai macam tes kesehatan. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.  


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

14 August 2018

Agar konsumsi jeroan tak menimbulkan masalah kesehatan, sebaiknya kamu perlu memperhatikan porsi mengonsumsiny...

Selengkapnya

SEKS

14 August 2018

Penyakit sifilis atau raja singa, sebenarnya sudah menjadi problem kesehatan global sejak berabad-abad lamanya...

Selengkapnya

KEHAMILAN

14 August 2018

USG (ultrasonography) adalah pemeriksaan yang wajib dilakukan saat hamil. Tapi, kenapa ya? Cari tahu manfaat p...

Selengkapnya