• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sinusitis Sebabkan Bau Mulut, Ini Penjelasannya

Sinusitis Sebabkan Bau Mulut, Ini Penjelasannya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan mulut dan gigi menjadi hal yang cukup penting agar kamu terhindar dari berbagai gangguan yang dapat menyebabkan bau mulut. Tentunya, bau mulut atau yang dikenal juga dengan halitosis menjadi salah satu kondisi yang dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Banyak pengidap bau mulut melakukan cara untuk mencegah bau mulut dengan mengonsumsi permen mint, hingga rajin membersihkan gigi.

Baca juga: 3 Cara Mudah untuk Menghilangkan Bau Mulut

Meskipun berbagai hal dilakukan, tetapi terkadang bau mulut masih tetap dialami pada sebagian orang. Nah, kondisi ini bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan pada tubuh, bukan hanya dari mulut dan gigi. Salah satu penyakit yang dapat menyebabkan seseorang mengalami bau mulut adalah sinusitis. Tidak ada salahnya kenali lebih banyak bau mulut yang disebabkan oleh sinusitis agar kamu dapat melakukan penanganan dengan tepat.

Alasan Sinusitis Sebabkan Bau Mulut

Bau mulut atau yang dikenal juga dengan halitosis merupakan kondisi di mana seseorang memiliki bau napas yang tidak sedap. Kondisi ini umumnya disebabkan akibat adanya gangguan kesehatan pada mulut dan gigi, mengonsumsi makanan yang memiliki aroma kuat, gaya hidup yang kurang sehat, hingga adanya penyakit tertentu dalam tubuh.

Bau mulut memiliki tanda yang sangat khas, seperti timbul rasa tidak nyaman atau asam pada mulut, mulut kering, dan permukaan lidah yang berwarna putih. Biasanya, banyak pengidap halitosis menggunakan beberapa cara sederhana, seperti mengonsumsi air putih, makan permen karet, hingga rajin membersihkan area mulut dan gigi untuk mengurangi bau mulut.

Namun, jangan sepelekan kondisi bau mulut yang tidak hilang, meskipun sudah diatasi. Kondisi ini bisa menandakan adanya gangguan kesehatan, salah satunya adalah sinusitis. Kondisi sinusitis terjadi akibat adanya peradangan atau inflamasi pada dinding sinus. Sinusitis bisa disebabkan oleh virus yang memicu sinus menghasilkan lendir lebih banyak, sehingga mengakibatkan penyumbatan pada hidung.

Baca juga: Tidak Merokok tetapi Bau Mulut, Kenapa?

Penyumbatan yang tidak diatasi dapat membuat bakteri atau kuman berkembang pada rongga sinus, sehingga menimbulkan infeksi. Lalu, mengapa kondisi ini menyebabkan bau mulut? Hal ini disebabkan lendir yang menyumbat telah terpapar oleh bakteri atau kuman. Ketika lendir tersebut turun dari hidung menuju tenggorokan, maka pengidap sinusitis juga akan mengalami bau mulut.

Namun, sebaiknya perhatikan gejala lain yang menyertai bau mulut sebagai tanda penyakit sinusitis. Selain bau mulut, pengidap sinusitis akan mengalami sakit kepala, terasa adanya tekanan pada wajah, pilek, hingga alami kelelahan.

Kenali Penyakit Lain yang Dapat Sebabkan Bau Mulut

Tidak hanya sinusitis, bau mulut juga dapat menandakan adanya gangguan kesehatan lain. Tentunya, gejala yang menyertai bau mulut pun akan berbeda disesuaikan dengan gangguan kesehatan yang dialami.

1.Ketoasidosis

Kondisi ini terjadi ketika kadar insulin pada pengidap diabetes sangat rendah. Hal ini menyebabkan tubuh mulai menggunakan cadangan lemak. Saat lemak digunakan, keton akan diproduksi. Keton dapat menjadi berbahaya untuk tubuh saat diproduksi berlebihan dan menyebabkan nafas yang tidak sedap. 

2.Penyakit Asam Lambung

Penyakit ini dapat menimbulkan bau mulut ketika asam lambung bercampur dengan makanan dan juga bakteri. Bau mulut yang disebabkan kondisi ini biasanya akan disertai dengan gejala lain, seperti sensasi panas pada dada atau tenggorokan, kesulitan menelan, mual, hingga alami masalah pada gigi.

3.Infeksi Paru-Paru

Pengidap infeksi paru-paru berisiko mengalami kondisi bau mulut akibat adanya sekresi hidung yang dapat mengalir menuju mulut.

Baca juga: Benarkah Infused Water Bisa Membantu Hilangkan Bau Mulut?

Itulah beberapa penyebab lain yang dapat menyebabkan kondisi bau mulut selain gangguan kesehatan pada gigi dan mulut maupun sinusitis. Jika bau mulut terasa mengganggu, segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai keluhan kesehatan yang kamu alami. Pemeriksaan lebih dini dapat membuat kondisi bau mulut lebih mudah untuk diatasi.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Six Reasons Your Breath Might Smell Like Poop.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Bad Breath.
Medicine Net. Diakses pada 2020. Bad Breath: Symptoms and Signs.
Healthline. Diakses pada 2020. What’s Causing The Bad Smell in My Nose, and How Do I Cure It?